Sponsors Link

Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan Berdasarkan Penyebabnya

Landak mini merupakan salah satu jenis hewan eksotis yang belakangan ini memiliki banyak peminat untuk menjadikannya hewan peliharaan. Berbeda dengan landak pada umumnya yang memiliki duri tajam sehingga dapat membahayakan jika dipelihara, landak mini juga memiliki duri namun tidak terlalu tanjam dan bahkan terlihat sangat lucu. Sebagai hewan peliharaan, landak mini tentu harus mendapatkan perlakuan khusus dalam proses perawatannya yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik hewan unik tersebut. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik dalam proses perawatan tersebut adalah ketika muncul kondisi landak tidak mau makan. Berikut beberapa cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan dalam penjelasan di bawah ini.

Memahami penyebabnya

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan adalah dengan memperhatikan dan mencari tau penyebab dari munculnya kondisi tersebut. Dengan memperhatikan penyebabnya maka upaya pengatasan kondisi landak mini yang tidak mau makan akan berangsung lebih efektif. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan landak mini tidak mau makanan diantaranya seperti :

  1. Bosan dengan makanannya, hal pertama yang menjadikan landak mini tidak mau makanan adalah karena adanya kebosanan yang dirasakan landak terhadap menu makanan yang diberikan. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika pemilik landak selalu memberikan makanan yang sama dan tidak memperhatikan keinginan dari hewan peliharaannya. (Baca juga : cara merawat landak mini yang baru lahir)
  2. Landak sedang sakit, penyebab selanjutnya yang menjadikan landak sulit untuk makan adalah karena kondisi tubuhnya yang mengalami keadaan sakit. Pemilik landak mini harus memperhatikan ketika landak mulai menujukan sikap menolak makanan.
  3. Landak mini stres, kondisi lain yang juga dapat menjadikan landak mengalami ketidakinginan untuk makan adalah karena stres yang dapat dipicu berbagai hal mulai dari kandang yang sempit, kebersihannya yang tidak terjaga, dan lain sebagainya. (Baca juga : cara merawat bayi landak mini tanpa induk)
  4. Sedang hamil atau pasca melahirkan, landak yang sedang hamil dan atau mau melahrikan juga dapat menjadi penyebab tutunnya nafsu makan pada hewan tersebut. Kondisi nafsu makan yang turun karena hamil dan atau akan pasca melahirkan tersebut merupakan keadaan yang normal terjadi. Kelelahan yang dihadapi pasca melahirkan menjadikan dasar kenapa landak kehilangan nafsu makannya. (Baca juga : cara menjinakkan landak mini)

Cara Mengatasi Landak Mini Yang Tidak Mau Makan

Setelah pemilik hewan lucu nan eksotis tersebut memahami setiap penyebab dari munculnya keadaan landak tidak mau makan maka langkah selanjutnya adalah memiliki cara terbaik untuk mengatasi dan menstimulus landak agar mau makan sesuai dengan penyebabnya.

  1. Menjaga kesehatan landak, langkah pertama yang dapat ditempuh adalah dengan menyembuhkan sakit pada landak dan menjaga kesehatannya. (Baca juga : cara mengatasi musang yang tidak mau makan)
  2. Memberikan ulat hongkong atau ulat jerman, ulat hongkong dan ulat jerman dapat dikonsumsi dengan mudah oleh landak dan meskipun landak kehilangan nafsu makan tetutama pasca melahirkan harus tetap dipaksa untuk makan.
  3. Ganti menu makanan, langkah selanjutnya adalah dengan menganti menu atau jenis pakan yang dapat diberikan kepada landak dan tidak lagi memberikan pakan yang sama dalam waktu terlampau lama.
  4. Mengatasi stres pada landak. Stres dapat diatasi dengan cara menganti pola makan, mencarikan landak teman, membersihikan kandang dan menjaga kebersihannya. (Baca juga : cara mengatasi anjing susah makan)
  5. Membawanya ke dokter, jika langkah yang disebutkan diatas tidak memberikan hasil yang efektif maka perlu untuk membawa landak mini ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan sesuai dengan penyebab yang mendasari munculnya keadaan tersebut dalam penjelasan di atas.

, , ,




Post Date: Monday 18th, March 2019 / 00:18 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan