Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Sapi yang Susah Makan

Mengurusi hewan ternak seperti sapi tentu tidak semudah yang dibayangkan karena dalam prosesnya tentu ada berbagai macam permasalahan yang harus diselesaikan.

Salah satu permasalahan yang perlu penyelesaian cepat adalah kondisi dimana sapi kehilangan nafsu makannya atau susah untuk makan.

Kondisi ini perlu segera diatasi karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan fisiknya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sapi yang susah makan agar mau mengkonsumsi makanan yang diberikan kembali. (Baca juga : cara membuat pakan ternak sapi fermentasi )

Penyebab Sapi Tidak Mau Makan

Sebelum memahami cara mengatasi sapi yang susah makan maka peternak baik pemula maupun yang sudah menjalani aktivitas ternak cukup lama perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam penyebab yang dapat menjadi sapi mengalami kondisi susah makan. Mengetahui kondisi penyebab sapi susah makan tersebut penting karena langkah pengatasan yang tepat harus disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa penyebab sapi susah makan tersebut diantaranya akibat gangguan penyakit tertentu, stres, demam, dan akibat pemberian ransum baru. (Baca juga : cara penggemukan sapi limosin )

Cara Mengatasi Sapi Yang Susah Makan

Dari penjelasan penyebab sapi tidak mau makan tersebut dapat diketahui ada beberapa hal yang memicu hilangnya selera makan sapi. Untuk mengatasi kondisi sapi yang tidak mau makan maka langkah dan caranya harus disesuaikan dengan penyebab dari sapi tidak mau makan itu sendiri. Berikut ini beberapa cara mengatasi sapi yang susah makan sesuai dengan penyebabnya tersebut dalam uraian dibawah ini.

  1. Berikan obat obatan, sapi yang mengalami masalah susah makan karena kondisi demam dan stres dapat dibantu pengatasannya dengan mengobati keadaan demam maupun menurunkan tingkat stres sapi terlebih dahulu. Untuk mengatasi demam dan stres yang terjadi pada sapi tersebut maka dapat dengan mengunakan obat obatan seperti cortisone atau dexamethasone. (Baca juga : budidaya sapi potong )
  2. Pemberian vitamin sapi, selain obat obatan tertentu, pemberian vitamin kepada sapi juga dapat dilakukan ketika penyebab sapi susah makan adalah karena hilangnya nafsu makan dari sapi tersebut. Dengan pemberian vitamin penambah nafsu makan maka setidaknya sapi akan terangsang untuk mengkonsumsi pakan yang diberikan oleh peternak. (Baca juga : cara ternak sapi skala rumahan )
  3. Berikan pakan hijauan, secara alamiah sapi akan mengkonsumsi makan berupa tumbuhan dan rerumputan hijau. Untuk mengembalikan selera makan sapi maka sebaiknya berikan pakan hijauan terlebih dahulu tanpa adanya campuran dalam pakan yang diberikan kepada sapi tersebut. (Baca juga : cara menggemukan sapi )
  4. Lemofit, lemofit merupakan salah satu penemuan baru dari LIPI yogyakarta yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk mengembalikan selera makan sapi. Pemberian lemofit pada sapi tersebut sudah terbukti melalui berbagai macam penelitian dapat mengatasi sapi yang susah makan.
  5. Proses perubahan ransum, beberapa sapi dapat kehilangan nafsu makan akibat adanya perubahan ransum dalam pakannya tersebut. Untuk mengatasinya maka terlebih dahulu kembalikan ransum lama pakan sapi dan baru lakukan pengantian secara bertahap dengan jarak persentase yang tidak terlalu tinggi.
  6. Membuat pakan komboran, cara mengatasi sapi yang susah makan lainya adalah dengan mengunakan pakan komboran yang sudah banyak digunakan oleh para peternak berpengalaman.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sapi yang susah makan sehingga kembali dapat lahap dalam mengkonsumsi makanan. Memperhatikan berbagai macam cara tersebut sangat penting untuk dilakukan agar dapat menghindari kondisi berbahaya yang muncul ketika sapi mengalami keadaan susah makan.

, , , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 02:30 Oleh :
Kategori : Sapi