Sponsors Link

7 Penyebab Berat Badan Sapi Menurun dan Cara Mengatasinya

Sapi merupakan hewan ternak yang banyak di temui, khususnya kawasan pedesaan. Hal itu karena pada di daerah pedesaan menyukai ternak, baik sapi, ayam ataupun kambing. Namun yang banyak menjadi pilihan adalah sapi karena hasilnya benar-benar menjanjikan meskipun harga beli juga tidak semurah kambing atau ayam.

Selain sekedar memberi pakan dan minum, dalam proses pemeliharaan sapi anda tentu harus tahu tahapan-tahapan yang perlu di lakukan guna mendukung tumbuh kembangnya. Sapi yang sehat dan gemuk bisa terjual dengan untung lebih besar. Nah, adapun yang harus anda lakukan selain memberi pakan dan minum yakni sebagai berikut:

  • Pemberian Nutrisi atau Multivitamin
  • Pemberian Pakan Tambahan
  • Perlakuan yang Baik
  • Lingkungan yang Nyaman dan Bersih
  • Pemberian Probiotik Alami

Namun kadangkala banyak yang mengeluhkan tentang berat badan si sapi yang semakin menurun. Lalu apa penyebab berat badan Sapi menurun dan cara mengatasinya? Mengenai kasus seperti itu tentu anda sebagai peternak merasa resah, dan bimbang harus bagaimana. Nah, berikut ini yang bisa anda simak mengenai penyebab dari berat badan si sapi yang kian menurun, demikian pula cara mengatasinya. (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Sapi yang Baik)

Penyebab Berat Badan Sapi Menurun dan Cara Mengatasinya

1. Stres

Faktor yang membuat berat badan sapi menurun adalah stres. Hal ini tak beda jauh seperti manusia yang di landa stres menjadikan tingkat pikir lebih besar dan nafsu makan menurun. Jika di biarkan hal ini akan menghambat perkembangan sapi. Adapun yang menyebabkan stres kemungkinan seperti tempat yang sangat kumuh, pakan dan minum yang jarang di ganti atau faktor lain.

Cara mengatasinya yakni berikan pakan dan minum secukupnya saja namun rutin di ganti setiap hari. Selain itu bersihkan kandang dari kotoran sapi yang telah menumpuk.

2. Minta Jodoh

Sapi bisa mempunyai berat badan yang menurun jika mulai mengenal jodoh. Dalam hal ini artinya sapi sudah ingin atau siap di kawinkan. Fikirannya mulai tertuju pada sapi betina sehingga hal ini akan menghambat pola makan.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkawinkan sapi tersebut, setidaknya sampai sapi sudah merasa puas. Bisa di ketahui dari tingkahnya. Apabila sudah di kawinkan merasa tenang maka hal itu sudah selesai. Namun jika sapi masih klabakan artinya anda perlu mengkawinkan lagi besoknya. (Baca Juga: Cara Ternak Sapi Sukses)

3. Pengaruh Suhu

Suhu bisa mempengaruhi kondisi sapi dari segi nafsu makannya. Jika kondisi terlalu panas bisa saja sapi tidak mau makan dan hal itu akan membuat berat badan menurun. Cara mengatasinya adalah dengan menyediakan air pada wadah yang besar. Tetapi jangan lupa untuk memindahkan sapi pada tempat lebih sejuk, misalnya di bawah pepohonan dengan tetap memberikan penutup kandang.

4. Cacingan

Penyebab berat badan Sapi menurun terus selanjutnya yakni terkena penyakit cacingan, dan untuk mengatasinya anda harus melihat seperti apa tingkat kasus ini terjadi. Terkadang ada sapi yang mengalami cacingan tidak parah dan ada yang parah. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan suntikan pada sapi. (Baca Juga: Cara Mengobati Perut Sapi yang Kembung)

5. Rusak Hati

Parahnya lagi untuk kasus penyebab berat badan sapi menurun adalah rusaknya hati di dalam tubuh. Artinya kondisi dalam sapi sudah mengalami kerusakan, sehingga dalam kondisi sakit seperti ini sapi tidak lagi memikirkan pakan dan berat badan menurun. Tidak jauh kasus ini sering terjadi hingga parahnya membuat sapi mati. Cara mengatasinya adalah dengan memanggilkan dokter hewan dan melakukan penyuntikan atau pembedahan jika masih bisa di tangani.

6. Sakit

Sakit adalah kata yang umum untuk mewakili kondisi yang kurang baik. Seharusnya sama seperti kondisi hati yang rusak. Namun sayangnya, sakit yang di maksud ini adalah si sapi mengalami ketidakstabilan pada perutnya sehingga di katakan sakit karena tidak parah. Selain itu bisa saja badan sapi mengalami demam atau panas. Jadi sangat wajar jika berat badan menurun. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan vitamin atau probiotik, berikan salah satu jangan sampai bersamaan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sapi Susah Buang Air Besar)

7. Tidak Suka dengan Jenis Pakan

Nah, penyebab berat badan sapi menurun lainnya adalah kurangnya makan. Hal ini di latarbelakangi oleh faktor jenis pakan yang tidak disukai atau memang sudah bosan dengan pakan yang anda berikan. Cara mengatasinya adalah dengan mencoba untuk memberikan pakan selingan untuk sapi. Jika hari ini anda memberi pakan sapi berupa rumput maka besoknya harus di ganti jerami dan lakukan setiap hari jika ingin sapi anda membaik berat badannya.

Itulah beberapa poin tentang penyebab berat badan Sapi menurun dan cara mengatasinya yang harus Anda ketahui secara jelas agar mampu menjadi salah satu peternak Sapi sukses karena mampu mengenali kondisi Sapi miliknya dengan baik, terutama masalah berat badan yang selalu menjadi bahan pertimbangan ketika menjualnya di pasar, semakin berat tubuh Sapi maka harga jualnya otomatis akan tinggi. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

, , , , ,
Post Date: Thursday 07th, March 2019 / 15:58 Oleh :
Kategori : Sapi