Sponsors Link

13 Cara Mengobati Perut Sapi yang Kembung

Meski terlihat biasa, namun sapi yang mengalami kembung sebenarnya merupakan masalah yang serius.

Sapi yang kembung bisa terlihat dari perutnya yang buncit, sapi terlihat tidak nyaman sehingga sering menendang area perutnya sendiri dengan kaki belakang atau berbaring dan sering bangun, kesulitan bernafas sehingga lebih banyak bernafas lewat mulut, terlihat kelebihan air liur dan lidah yang dikeluarkan untuk mendapatkan udara lebih banyak ke paru paru.

Kembung pada sapi bisa menyebabkan kematian dengan cepat sekitar 2 hingga 4 jam sesudah terkena masalah kembung tersebut yang diakibatkan karena rumen terdesak mendorong melawan diafragma sapi. Untuk itulah, masalah ini harus ditangani secepat mungkin yang bisa dilakukan dengan beberapa cara mengobati perut sapi yang kembung berikut ini.

  1. Pakai Tabung Perut

Penggunaan tabung perut sama seperti memberikan obat obatan oral. Tabung lambung ini bisa digunakan untuk mengurangi tekanan gas dalam rumen yang biasanya paling banyak digunakan dan direkomendasikan oleh mayoritas peternak baik untuk budidaya sapi potong atau sapi perah. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan ketika ingin menggunakan tabung perut, seperti:

  • Masukkan ke mulut sapi: Masukkan alat ini dengan mendorong ke sudut mulut supaya sapi bisa membuka mulutnya namun jangan terlalu dipaksa dan biarkan masuk sampai tersisa sekitar 6 cm di bagian luar dan jangan lepaskan tabung tersebut.
  • Tabung ini harus melewati spekulum frick ke esofagus yang bisa terlihat dari bau yang berasal dari tabung.
  • Sesudah selang masuk ke rumen, maka kemungkinan juga harus ditiup untuk membersihkan buih pada bagian ujungnya.
  1. Pakai Trocar dan Cannula

Ketika sapi mengalami kembung dan tubing perut tidak mencukupi, maka trocar dan juga cannula bisa digunakan. Nantinya, sayatan kecil akan di buat di kulit kemudian trocar akan dimasukkan lewat otot perut ke dalam rumen lewat lubang tersebut.

Hal ini biasanya dilakukan oleh para peternak profesional, sedangkan untuk pemula atau untuk cara ternak sapi skala rumahan sebaiknya harus didampingi dengan dokter hewan atau peternak yang sudah berpengalaman.

  1. Rumenotomi

Jika dalam keadaan darurat dan trocar serta cannula tidak tersedia, maka rumenotomi darurat bisa dilakukan untuk mengatasi kembung pada sapi.

Rumenotomi ini dilakukan untuk mengurangi tekanan dan tentunya menyelamatkan sapi yang sedang kembung.

Meski membutuhkan sayatan dengan menggunakan pisau, akan tetapi prosedur tidak menimbulkan rasa sakit pada sapi sebab rasa sakit akibat perut kembung sudah lebih mendominasi dibandingkan dengan luka sayatan.

  1. Posisikan Kaki

Untuk mengatasi kembung pada sapi juga bisa dilakukan dengan menempatkan kaki sapi pada posisi yang lebih tinggi dan bagian mulut dibuka dengan sepotong kayu melintang yang kemudian dililitkan ke samping kepala hingga belakang agar tidak terlepas.

Cara ini bisa dilakukan untuk membantu mengeluarkan gas yang ada di perut sapi sehingga masalah kembung bisa teratasi namun bukan untuk cara mengatasi sapi susah buang air besar.

  1. Obat Anti Bloat

Beberapa obat obatan seperti anti bloat berbahan aktif dimethicone juga bisa digunakan untuk mengatasi kembung pada sapi. Untuk dosis sapi atau kerbau bisa digunakan sebanyak 100 ml yang dicampur dengan 500 ml air.

Sedangkan untuk kambing atau domba bisa diberikan sebanyak 25 ml yang sudah diencerkan dengan 250 ml air kemudian diminumkan.

Selain itu, ada obat lain yang bisa digunakan yakni wonder athympanicum dengan dosis 20 hingga 50 gram untuk sapi dan kerbau, sedangkan untuk kambing atau domba bisa diberikan sebanyak 5 hingga 20 gram yang dicampur dengan air secukupnya kemudian diminumkan pada hewan ternak.

  1. Tambahkan Probiotik atau Yogurt

Probiotik atau yogurt tanpa lemak yang mengandung bakteri baik bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk mengatasi kembung pada sapi sekaligus juga menambah bakteri baik pada usus sapi dan juga baik diberikan untuk cara mengobati luka pada sapi.

Probiotik ini bisa dibeli dalam bentuk cair yang biasanya dibekukan, bubuk, tablet dan juga kapsul. Suplemen ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada sapi namun juga baik diberikan untuk mengurangi diare pada sapi.

  1. Menggunakan Trokar

Metode yang disebut dengan trokarinasi menggunakan alat untuk mengatasi perut kembung pada sapi memakai alat bernama trokar yang juga bisa digunakan untuk cara mengatasi kuda sakit perut.

Trokarisasi ini dilakukan pada bagian perut yang mengalami tingkat destensi paling tinggi yakni sebelah kanan atau kiri yang sebelumnya juga harus dilakukan desinfeksi.

Gas nantinya akan dikeluarkan dengan cara menusuk cannula pada perut sapi bagian kiri langsung ke rumen. Agar bisa tepat, maka pada perut sapi diberi tanda gambar segitiga untuk menghubungkan titik tulang pinggul, titik rusuk akhir dan juga titik transverssus processus.

Cannula tersebut nantinya akan ditusukkan tepat pada titik tengah segitiga ke dalam rumen melewati peritoneum dan pengeluaran gas dilakukan sedikit demi sedikit dengan cara menarik trocar secara perlahan supaya isi dari rumen tidak ikut terhisap keluar dan menyumbat pipa trocar.

Sesudah gas bisa dikeluarkan, maka obat obatan antizymotik seperti chloroform sebanyak 30 l akan dimasukkan dan juga 15 hingga 30 ml minyak terpenting serta menyediakan yodium atau obat merah. Obat obatan ini berguna untuk menurunkan proses fermentasi mikroba sehingga jumlah gas akan secara perlahan bisa berkurang.

  1. Stomach Tube

Cara berikutnya untuk mengatasi kembung pada sapi bisa dilakukan dengan memakai stomach tube yang juga bisa digunakan untuk cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengeluarkan gas berlebih di perut sapi karena kembung kronis.

Stomach tube adalah metode yang sudah banyak dipakai untuk mengeluarkan gas serta tekanan dari rumen yang aman dan trauma yang dihasilkan juga terbilang lebih kecil. Stomach tube ini memiliki ukuran standar diameter antara 15 sampai 20 cm yang akan dimasukkan lewat mulut dengan bantuan spekulum logam untuk mencegah sapi mengunyah tube dan prosesnya sendiri hanya butuh 1 menit saja.

  1. Berikan Obat Tympanol SB

Tympanol SB merupakan obat yang mengandung dimethicone dalam bentuk cair yang bisa digunakan untuk mengatasi kembung akut pada rumen ruminansia seperti sapi yang disebabkan karena pembentukan gas terlalu berlebih atau frothy bloat. Selain bisa digunakan untuk mengatasi kembung akut pada sapi, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kembung pada sapi, kambing, budidaya kambing biri biri dan juga domba.

Sedangkan untuk dosis yang dibutuhkan berbeda beda pada hewan ternak. Untuk ruminansia besar seperti sapi, kuda dan kerbau dengan berat antara 200 hingga 400 kg bisa diberikan 10 ml tympanol sb yang dilarutkan dengan 500 ml air minum dan diminumkan.

Sedangkan untuk ruminansia kecil seperti kambing dan domba dengan berat antara 30 hingga 60 kg, maka bisa diberikan 25 ml tympanol sb yang dilarutkan dengan 250 ml air minum kemudian diminumkan pada kambing atau domba.

  1. Minyak Kayu Putih

Selain dengan cara oral, mengatasi kembung pada sapi juga bisa dilakukan dengan topikal atau pengobatan luar seperti salah satunya memakai minyak kayu putih yang juga bisa digunakan untuk cara mengatasi gangguan pencernaan pada kucing.

Minyak kayu putih hanya perlu diaplikasikan pada perut sapi atau jenis ternak lain berukuran besar seperti kerbau atau kuda. Sedangkan untuk cempek atau anak domba dan anak kambing lebih disarankan untuk memakai minyak telon dibandingkan minyak kayu putih agar tidak terlalu panas.

  1. Minyak Goreng

Untuk mengatasi perut kembung pada sapi, domba, kambing atau kerbau juga bisa memakai minyak goreng. Pemberian minyak goreng dilakukan dengan takaran 100 hingga 200 ml yang diminumkan langsung ke mulut sapi.

Sedangkan pilihan minyak goreng yang bisa diberikan diantaranya adalah minyak kedelai, minyak kelapa atau minyak sawit.

Sedangkan jika ingin memakai virgin coconut oil atau VCO, maka takarannya bisa dikurangi dari takaran minyak goreng.

Untuk sapi atau domba bisa diberikan sebanyak 60 ml, sedangkan untuk sapi bisa diberikan sebanyak 250 ml.

  1. Ramuan Asam Jawa, Gula Merah dan Kunyit

Kombinasi ramuan alami yang terbuat dari asam jawa, gula merah dan juga kunyit bisa dipakai untuk mengatasi kembung pada sapi atau hewan ternak lain seperti cara ternak domba jantan dengan biaya lebih murah sekaligus lebih alami sehingga aman untuk digunakan.

Semua bahan dicampur bersama air hangat yang sudah dicampur dengan asam jawa kemudian disaring dan berikan langsung pada mulut sapi. Sedangkan untuk domba atau kambing hanya cukup diberikan air hangat yang dicampur dengan gula merah.

  1. Ganti Pakan Rumput

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi perut sapi yang kembung adalah dengan mengganti rumput segar yang biasa diberikan dengan rumput kering yang sudah dilayukan.

Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi kasus kembung ringan pada sapi atau hewan ternak lainnya. Selain itu, gembalakan juga sapi untuk membantu mengeluarkan gas berlebih dari dalam lambung dan tempatkan juga ternak dengan posisi kaki depan yang lebih tinggi dibandingkan kaki belakang untuk membantu mengeluarkan gas dari rumen sapi.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, October 2018 / 02:56 Oleh :
Kategori : Sapi