Sponsors Link

7 Cara Ternak Domba Jantan Mudah Bagi Pemula

Sponsors Link

Beternak sudah bukan menjadi rahasia lagi untuk siapapun, karena telah banyak yang melakukan langkah ini untuk menambah penghasilan mereka.

ads

Bahkan bukan hanya mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetap saja, namun orang-orang yang mempunyai penghasilan tetap melakukan ternak sebagai aktivitas sampingan. Kadang mereka yang melakukan ini di latar belakangi oleh hobi, dan kebanyakan memang untuk mencari penghasilan tambahan.

Karena beternak memang menjanjikan sekali, jika anda melakukan dengan langkah yang benar. Banyak sekali binatang atau hewan yang bisa di budidayakan mulai dari serangga seperti jangkrik sampai dengan hewan besar seperti sapi, domba, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi tidak semua orang memilih sapi lantaran keterbatasan biaya, sehingga memilih domba yang relatif lebih terjangkau. Tetapi bagi mereka yang mempunyai hasil banyak lebih memilih sapi.

Nah, bagi anda para pemula yang ingin merintis beternak bisa memilih domba. Karena domba lebih mudah dan simple serta harga lebih murah untuk pertama kali memulai beternak. Jika kebanyakan para peternak akan memilih domba betina lantaran bisa menghasilkan, namun untuk pemula mencobalah dengan beternak domba jantan dan memahami terlebih dahulu perawatannya. Cara ternak Domba jantan adalah sebagai berikut:

7 Cara Ternak Domba Jantan

  1. Menyiapkan Kandang

Untuk cara yang pertama adalah dengan mempersiapkan kandangnya. Membuat serapih mungkin dan nyaman bagi sang kambing. Jangan lupa serta menyediakan tempat untuk wadah makannya. Kandang dibuat dari bambu dan di bentuk sebuah gubukan yang di beri peneduh. (Baca Juga: Cara Ternak Domba Modern)

  1. Pemberian Pakan

Sebenarnya cara ternak semua domba itu hampir sama, semua teknik di perankan untuk menghasilkan kualitas terbaik. Begitu juga dengan domba jantan yang membutuhkan perawatan serupa. Pemberian pakan adalah salah satu komponen dalam perawatan domba. Pakan adalah sumber nutrisi semua hewan ternak, sehingga anda harus memberikan pakan sesuai kebutuhan gizinya.

Umumnya sama seperti jenis kambing yang lain, domba juga menyukai pakan hijau-hijauan seperti rumput gajah, daun singkong, daun lamtoro dan masih banyak lagi. Sebelum diberikan kepada domba, dedaunan harus mengalami penjemuran untuk mendapatkan hasil pakan yang sedikit layu.

  1. Pemberian Nutrisi

Selain pakan, domba juga membutuhkan asupan lainnya seperti nutrisi dari jamu herbal atau obat tertentu untuk menjaga kestabilan kesehatannya. Jamu herbal sangat baik untuk menambah nafsu makan si domba seperti temulawak yang bisa di beli dari penjual jamu keliling atau dengan jamu lempuyang.

Namun, alangkah baiknya anda membuatkan sendiri yang lebih terjamin semua kualitasnya. Bahan-bahan yang bisa di gunakan untuk membuat jamu herbal adalah temu lawak, temu ireng, lempuyang yang di tumbuk menjadi satu. Tambahkan sedikit air dan peras, setelah itu tambah dengan sedikit air lagi untuk di minumkan kepada domba jantan anda.

Sponsors Link

Jamu ini akan membuat nafsu makan domba meningkat, sehingga cepat untuk menambah berat badannya. Mengingat penjualan domba jantan di pasaran tentu lebih mahal dibandingkan dengan domba betina. Jamu herbal ini diberikan seminggu sekali untuk sang domba. (Baca Juga: Cara Membuat Pakan Ternak Domba Fermentasi)

  1. Vaksinasi

Vaksinasi juga dibutuhkan untuk domba dalam menjaga kesehatan dan kekebalannya dari berbagai macam serangan penyakit yang mengancam. Umumnya vaksinasi dilakukan dua kali dalam seminggu, mengundang dokter hewan untuk datang ke tempat anda. Jika cara ini Anda terapkan secara rutin, maka kesehatan dari Domba Anda akan lebih terjamin dan terjaga hingga waktunya tiba untuk penjualan.

  1. Rajin Mencukur Bulu

Domba adalah kambing yang berbulu tebal seperti animasi yang pernah anda lihat di “Shaun the Sheep”. Semakin hari, pertumbuhan bulu domba akan semakin cepat, sehingga peternak harus rajin-rajin dan telaten untuk memangkasnya setiap saat. Lakukan perawatan dengan selalu rajin mencukur bulu domba ketika sudah menebal. Karena bulu yang tebal biasanya semakin geli jika tidak di cukur. (Baca Juga: Ternak Domba dengan Pakan Fermentasi)

Sponsors Link

  1. Rajin Memandikan

Selain mencukur bulu, anda juga harus rajin memandikan domba. Biasanya memandikan domba dilakukan satu minggu dua kali sembari membersihkan bulunya. Dengan rajin memandikan domba, tentu setiap hewan peliharaan Anda akan merasa lebih senang dan terlihat lebih segar. Selain itu, keadaan domba yang bersih akan memudahkan jalan anda dalam memasarkan nantinya. Kebanyakan para konsumen di luar bukan sekedar asal membeli, namun juga memperhitungkan sisi kebersihannya.

  1. Menggembalakan

Berbeda dengan kambing umumnya, domba biasanya lebih sering di gembalakan oleh sang pemilik. Dalam hal ini semua domba akan di giring menjadi satu untuk di arahkan ke sebuah tempat seperti lapangan, atau lahan luas lain. Disana para domba di biarkan untuk mencari makan seperti rerumputan dan mencari aktifitas sendiri agar sedikit lebih lega, tidak mudah stres. Hal ini sangat bagus sekali bagi kondisi psikis sang domba. (Baca Juga: Budidaya Kambing Biri-biri)

Nah, demikianlah 7 cara ternak Domba Jantan yang bisa anda terapkan. Siapa saja bisa melakukan ternak ini asal mempunyai niat dan tujuan yang pasti. Selain bisa mengambil keuntungan besar, anda bisa memanfaatkan aktifitas ini untuk mengisi waktu luang. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, July 2018 / 04:06 Oleh :
Kategori : Kambing