Sponsors Link

6 Cara Mengobati Sapi yang Tidak Bisa Berdiri

Sponsors Link

Berbagai macam permasalahan dalam proses ternak sapi dapat berasal dari kondisi sapi itu sendiri ataupun dari lingkungan sekitar peternakan yang tidak mendukung. Kondisi kesehatan sapi yang menurun dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yang tentu harus dihindari para peternak.

ads

Salah satu keadaan yang mungkin dapat terjadi dan menjadi bermasalah pada sapi ternak adalah kondisi dimana sapi sulit atau tidak bisa untuk berdiri. Berikut ini beberapa cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri tersebut. (Baca juga : cara menggemukan sapi )

Penyebab sapi ambruk dan tidak bisa berdiri

Hal pertama yang perlu diperhatikan terlebih dahulu dalam proses atau cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri adalah mencari tahu dan mengetahui penyebab dari keadaan tersebut. Kondisi sapi yang tidak bisa berdiri dapat disebabkan oleh keadaan kurang nutrisi pada sapi terutama kalsium pada saat sapi tersebut hamil.

Penyebab lainnya seperti sapi yang terserang penyakit tertentu contohnya cacingan ataupun infeksi, cuaca sekitar lingkungan kandang sapi yang sangat panas, usia sapi yang terlalu tua, dan karena keracunan makanan tertentu. Mengetahui penyebab dari sapi ambruk dan tidak bisa berdiri tersebut perlu dilakukan untuk menetapkan cara pengatasan yang benar. (Baca juga : cara ternak sapi skala rumahan )

Cara Mengobati Sapi Yang Tidak Bisa Berdiri

Seperti dalam penjelasan diatas, kondisi sapi yang ambruk dan tidak bisa berdiri tentu perlu untuk diatasi sesuai dengan penyebabnya. Mengatasi kondisi sapi tersebut sangat penting agar sapi tidak mengalami keadaan yang lebih buruk lagi. Beberapa cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri seusuai dengan penyebabnya tersebut diantaranya seperti :

  1. Pindahkan ke lokasi yang nyaman, jika sapi ambruk dan tidak bisa berdiri akibat kepanasan langkah yang tepat untuk menangani atau mengobatinya adalah dengan jalan menghindarkan dan mengusahakan agar kondisi lingkungan yang panas tersebut dapat teratasi dengan memindahkan sapi ke tempat yang lebih teduh.
  2. Beri cairan elektrolit, kondisi sapi yang ambruk akibat kepanasan seringkali disebabkan oleh keadaan dehidrasi yang dialaminya. Untuk mengatasi kondisi tersebut dan menjadikan kesegaran tubuh sapi kembali normal lagi maka peternak dapat memberikan cairan elektrolit dengan jumlah tertentu. (Baca juga : budidaya sapi potong )
  3. Cairan rumen dan pencahar, pemberian cairan rumen dan pencahar dapat dilakukan ketika sapi ambruk dan tidak bisa berdiri lagi disebabkan oleh keracunan pakan. Selain tidak memberikan pakan yang sama, pada saat muncul tanda keracunan tersebut maka sapi harus diberi minum air sebanyak banyaknya dan bila perlu diberikan cairan rumen serta pencahar.
  4. Atasi penyakit sapi, cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri selanjutnya adalah dengan mengatasi penyakit yang menjadi penyebab keadaan tersebut. Kondisi sapi yang tidak bisa berdiri akibat penyakit tersebut akan teratasi ketika penyakitnya dapat hilang dan terobati dengan baik. (Baca juga : cara penggemukan sapi limosin )
  5. Pisahkan sapi dari lainya, jika sapi tidak bisa berdiri akibat tarung dengan sapi lainya maka sebaiknya pisahkan sapi dengan sapi lawan tarungnya tersebut. Perhatikan dan obat setiap luka yang muncul pada sapi tersebut.
  6. Pemberian kalsium, kondisi sapi yang ambruk dan tidak bisa berdiri terutama karena kurangnya asupan kalsium pada saat hamil dan melahrikan maka dapat diatasi dengan memberikan kalsium tambahan pada pakan yang dikonsumsi oleh sapi. (Baca juga : cara membuat pakan ternak sapi fermentasi )

Itulah beberapa kondisi penyebab dan cara mengobati sapi yang tidak bisa berdiri. Cara tersebut dapat dilakukan bagi para peternak dan perlu diperhatikan secara serius agar kondisi sapi yang tidak bisa berdiri dapat segera teratasi dan keadaan buruk lainya dapat dihindari.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 03:20 Oleh :
Kategori : Sapi