Sponsors Link

Cara Mengatasi Suara Kucing Yang Hilang Secara Efektif

Sponsors Link

Kucing sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak disukai dan digemari di masyarakat karena sifatnya yang lucu serta mengemaskan. Suara yang keluar dari kucing sangat khas dan tentunya menjadi salah satu daya tarik kelucuan kucing peliharaan. Suara pada kucing biasa jadi hilang dan menjadi salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang perlu diperhatikan dan diatasi dengan baik. Berikut beberapa cara mengatasi suara kucing yang hilang dalam penjelasan di bawah ini yang perlu diperhatikan setiap pemilik kucing.

ads

Penyebab Kucing Kehilangan Suaranya

Hal yang perlu dipahami sebelum lebih jauh membahas mengenai cara mengatasi suara kucing yang hilang adalah dengan mengerti apa saja penyebab dari munculnya kondisi permasalahan tersebut. Suara kucing yang hilang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya dijelaskan sebagai berikut.

  • Radang tenggorokan, hampir sama dengan manusia, kucing yang mengalami radang pada tenggorokannya akan menjadiikan suara kucing menjadi hilang atau setidaknya diawali dengan kondisi serak. Trachea yang mengalami peradangan dan pembengkakan tersebut disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi. (Baca juga : cara mengatasi sesak pada kucing)
  • Pertumbuhan larynx, hilangnya suara pada kucing ternyata bisa juga merupakan keadaan yang normal akibat adanya pertumbuhan larynx. Larynx atau pita suara yang tumbuh pada anakan kucing dapat menyebabkan kemampuan kucing untuk mengeluarkan suara menjadi tidak optimal.
  • Laryngeal paralys, penyebab selanjunya yang menjadikan kucing kehilangan suara adalah karena kondisi yang disebut laryngeal paralys. Laryngeal paralys merupakan kondisi kerusakan saraf yang berhubungan dengan pita suara sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal. (Baca juga : ciri ciri kucing akan melahirkan)
  • Penyebab lainnya, selain kondisi yang disebutkan diatas, ada penyebab lain yang juga dapat memicu kondisi suara kucing yang hilang diantaranya seperti  adanya benda asing yang masuk dalam tenggorokan kucing dan luka pada tenggorokan yang kemudian memicu terjadinya radang maupun infeksi. (Baca juga : tanda tanda kucing akan mati)

Cara Mengatasi Suara Kucing Yang Hilang

Setelah mengetahui dan memahami apa saja penyebab dari munculnya kondisi dimana kucing akan kehilangan suara maka langkah pengatasannya dapat dilakukan sesuai dengan penyebab yang ada. Berikut ini beberapa cara mengatasi suara kucing yang hilang dalam penjelasan di bawah ini.

  • Kenali gejala yang muncul, hilangnya suara pada kucing bisa jadi normal dan bisa jadi tidak seperti dalam penjelasan penyebabnya diatas. Kondisi yang tidak normal terjadi pada kucing ketika suara yang tidak keluar disebabkan oleh adanya penyakit tertentu. (Baca juga : tanda birahi pada kucing)
  • Beri asupan nutrisi pada kucing, jika kondisi kucing yang kehilangan suara hanya disebabkan oleh adanya pertumbuhan larynx maka berikan asupan nutrisi melalui makanan sehat untuk mempercepat pertumbuhannya.
  • Membawa kucing ke dokter, langkah yang tepat dalam mengatasi suara yang hilang pada kucing adalah dengan membawanya segera ke dokter hewan untuk memastikan diagnosis dan tindakan medis yang dibutuhkan. (Baca juga : tanda kucing depresi)
  • Melalui obat obatan, penggunaan obat obatan seperti anti bakteri, anti radang, dan lainnya pada kucing perlu rekomendasi dari dokter hewan terlebih dahulu.
  • Operasi. tindakan pembedahan dan operasi dapat dilakukan oleh dokter hewan terutama ketika permasalahan hilangnya suara tersebut disebabkan oleh kondisi Laryngeal paralys.
  • Istirahatkan kucing dan bersihkan kandang, mengistirahatkan kucing mungkin sulit untuk dikontrol namun tetap harus dicoba. Selain mengistirahatkannya, pembersihan kandang juga perlu dilakukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi suara kucing yang hilang. Suara kucing yang hilang lebih banyak disebabkan oleh kondisi permasalahan tertentu pada kucing sehingga harus segera dikonsultasikan dengan dokter hewan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 15th, March 2019 / 08:46 Oleh :
Kategori : Kucing