Sponsors Link

Jenis Ikan Louhan Lokal Yang Indah Dan Cantik

Sponsors Link

Menurut wikipedia, ikan louhan merupakan jenis ikan hias yang terkenal dan populer untuk dipelihara dalam akuarium karena warna sisiknya yang menarik serta benjolan kepala yang berbentuk khas dan sering disebut sebagai benjolan kelam. Jenis ikan hias ini aslinya hanya berhabitat di taiwan dan malaysia namun sudah banyak dikembangbiakan dengan berbagai jenis ikan louhan secara lokal di Indonesia. Sebagai pecinta ikan, mengetahui jenis ikan louhan merupakan hal yang perlu untuk dipahami. Berikut beberapa jenis ikan louhan lokal dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Ikan louhan kamfa

Jenis ikan louhan lokal yang pertama bernama louhan kamfa yang sebenarnya berasal dari malaysia dan sejak dulu sudah ada di indonesia sebagai salah satu louhan jenis lokal. Ciri khas dan ikan louhan kamfa tersebut dapat diketahui dari warna coraknya dimana bagian kepala berwarna merah dan dominan silver pada bagian seluruh tubuhnya. Ikan louhan kamfa di pusat pasar ikan dijual dengan harga 850 rb per ekornya tergangung dari kondisi ikan. ( Baca juga : cara agar ikan louhan tidak penakut)

  1. Ikan louhan cencu

Ikan louhan cencu juga merupakan salah satu jenis ikan louhan lokal yang mungkin tidak banyak diketahui oleh awam namun famliar bagi pecinta burung di pulau bali. Ikan louhan cencu seringkali disamakan dengan louhan kamfa karena warna merahnya. Perbedaan antara ikan louhan cencu dan louhan kamfa terletak pada dominasi silver yang tidak terdapat pada ikan cencu dengan warna dominan merah berbintik. Budidaya ikan louhan cencu sangat berkembang mengingat setiap pecinta burung tidak perlu merogoh kocak lebih dalam dibandingkan dengan ikan louhan kamfa. ( Baca juga : cara menghilangkan stres pada ikan louhan)

  1. Ikan louhan Bonsai

Kata kata bonsai mungkin dikaitkan kondisi cebol atau ukuran tubuh yang tidak normal. Dan memang benar bahwa ikan louhan bonsai memiliki ukuran yang tidak lazim, lebih rentan penyakit, dan lain sebagainya. Ikan louhan bonsai merupakan salah satu jenis ikan louhan yang dapat melaju lebih cepat. Ikan louhan bonsai biasanya memiliki ciri jenong besar, ukuran tubuh yang tidak lazim, warna yang cukup dominan, dan lain sebagainya. ( Baca juga : manfaat ulat hongkong untuk ikan louhan)

  1. Ikan louhan SRD

Jenis ikan louhan lokal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah ikan louhan SRD. Ikan louhan SRD merupakan salah satu jenis ikan yang dapat memilici munculnya ciri khas jenong yang paling besar diantara jenis ikan lainnya dan memiliki dua bagian warna yang berbeda. Jenong dan kepala ikan louhan SRD akan berwarna merah tua, sedangkan bagian tubuhnya berwarna merah mudah dan cenderung ke warna silver. ( Baca juga : cara mengobati ambeien pada ikan louhan)

  1. Ikan louhan kemalau

Jenis ikan louhan kemalau merupakan ikan louhan lokal selanjutnya yang sama dengan ikan louhan SRD dengan ciri khas adanya dua warna pada tubuhnya. Ikan louhan kemalau memiliki warna merah pada bagian jenong dan  warna lain di bagian tubuh. Louhan kemalau memiliki nilai jual sebesar 600 rb untuk ikan dewasa. ( Baca juga : cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong)

Itulah beberapa jenis ikan louhan lokal yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik dan pecinta ikan agar dapat menjadi bahan pertimbangan. Setiap jenis ikan louhan yang ada tentu memiliki nilai jual yang tinggi.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Monday 18th, March 2019 / 00:41 Oleh :
Kategori : Ikan