Sponsors Link

6 Manfaat Ulat Hongkong Untuk Ikan Louhan

Sponsors Link

Seperti halnya dalam proses perawatan hewan peliharaan lainnya termasuk ikan, makanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar mengingat makanan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ikan. Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikann yang banyak dipelihara dan dalam perawatannya seperti disebutkan diatas ada beberapa makanan yang tentunya memiliki manfaat lebih salah satunya ulat hongkong. Berikut ini beberapa manfaat ulat hongkong untuk ikan louhan dalam penjelasan di bawah ini.

ads

Mengenal Tentang Ulat Hongkong

Sebelum memahami lebih jauh apa manfaat ulat hongkong untuk ikan laohan diperlukan penjelasan mengenai apa itu ulat hongkang agar ulasan yang diberikan lebih detail dan dapat diterima dengan baik. Ulat hongkong yang juga dikenal dengan nama yellow meal worm merupakan larva dari serangga yang bernama Tenebrio miitor atau yang dikenal dengan kumbang petarung. Larva dari serangga tersebut akan terbentuk saat proses perubahan ulat menjadi kumbang. Ulat hongkong sudah familiar dan populer digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak baik burung maupun ikan. (Baca juga : cara ternak ulat hongkong)

Manfaat Ulat Hongkong Untuk Ikan Louhan

Ulat hongkong menjadi salah satu jenis pakan ternak yang memang cukup populer digunakan terutama bagi ikan louhan. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan ulat hongkong tersebut untuk ikan louhan yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh ikan, ulat hongkong dapat membantu menjaga kondisi daya tahan tubuh ikan sehingga tidak mudah mengalami gangguan penyakit dan tetap menjadikan kesehatan ikan louhan terjaga dengan baik. (Baca juga : cara memelihara ulat hongkong)
  2. Mempercantik warna kulit ikan hias, fungsi utama dari penggunaan ulat hongkong pada ikan louhan adalah untuk membantu mempercantik warna kulit salah satu ikan hias yang dulu cukup populer tersebut. (Baca juga : budidaya ulat hongkong)
  3. Sumber nutrisi ikan louhan, manfaat ulat hongkong untuk ikan louhan lainnya adalah sebagai sumber nutrisi bagi ikan tersebut. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ulat hongkong diantaranya protein kasar, abu, lemak kasar, serat, dan kandungan ekstra non nitrogen. (Baca juga : manfaat ulat hongkong pada burung cucak hijau)
  4. Mempertebal tubuh ikan hias, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ulat hongkong dapat dijadikan sebagai salah satu jenis pakan ikan hias termasuk ikan louhan yang dipercaya dapat membantu mempertebal tubuh ikan sehingga tampak lebih cantik. Manfaat tersebut juga berlaku untuk ikan jenis lain seperti arwana.
  5. Membantu proses pertumbuhan ikan, kandungan protein yang tinggi pada ulat hongkong sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ikan dalam proses pertumbuhannya. Dengan adanya protein dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan yang masih kecil. (Baca juga : cara cepat ternak ulat kandang)
  6. Manfaat lain dari ulat hongkong, selain bermanfaat untuk ikan, ulat hongkong juga dapat memberikan manfaat jika dijadikan pakan bagi hewan ternak lain seperti burung, landak, lobster, udang, reptil, hewan amfibi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat ulat hongkong untuk ikan louhan yang dapat dipahami dan diketahui oleh para pemilik ikan louhan. Ulat hongkong dapat menjadi pakan ikan yang cukup ekslusif dengan kandungan nutrisinya yang melimpah dan beberapa bentuk manfaat yang disebutkan diatas sehingga ikan akan memiliki kondisi kesehatan yang terjaga dan kecantikannya dapat muncul.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 16:32 Oleh :
Kategori : Ikan