Sponsors Link

5 Manfaat Pupuk Urea Untuk Ikan Lele Dalam Proses Budidayanya

Sponsors Link

Pupuk urea menjadi salah satu jenis pupuk yang digunakan dalam pertanian. Pupuk urea ternyata memiliki banyak manfaat bagi ikan lele yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak lele. Penggunaan pupuk urea dapat menentukan hasil dari panen lele yang bisa diperoleh sehingga perannya sangat penting bagi proses perawatan lele ternak tersebut. Berikut ini beberapa manfaat pupuk urea untuk ikan lele yang dapat diketahui oleh peternak agar bisa digunakan dengan baik dan benar dalam ulasan dibawah ini.

ads
  1. Sebagai unsur pembentuk protein

Pupuk urea menjadi salah satu jenis pupuk yang sudah sering digunakan dalam proses budidaya ikan lele. Penggunaan pupuk tersebut memiliki beberapa manfaat yang salah satunya adalah membantu proses pembentukan protein. Unsur N yang terdapat di dalam pupuk urea tersebut merupakan unsur pembentuk protein bagi ikan lele di dalam kolam. Unsur N tersebut menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi dalam proses ternak lele agar hasilnya maksimal. (Baca juga : budidaya ikan gurame di kolam tembok)

  1. Membantu memenuhi nutrisi ikan

Unsur N sebagai pembentuk protein yang banyak di dalam kolam ikan lele tentu akan membantu proses pembentukan protein dan energi yang dibutuhkan oleh ikan lele seperti dalam penjelasan sebelumnya. Dengan banyaknya protein tersebut akan membantu ikan lele dalam memenuhi kebutuhan proteinnya untuk dapat berkembang dengan baik. Protein bagi ikan lebih baik dibandingkan karbohidrat untuk kebutuhan proses pertumbuhannya. (Baca juga : budidaya udang vaname traditional)

  1. Membantu menyiapkan air kolam

Kolam untuk proses budidaya ikan lele harus memiliki persyaratan yang bebas dari kadar zat besi dan mangan. Untuk menghindari kedua zat tersebut maka dibutuhkan mikro-alga. Adanya mikro – alga pada kolam ikan lele tersebut dapat di pancing dengan pemberian pupuk urea beberapa kali hingga kolam memiliki warna hijau di permukaannya yang merupakan ciri adanya mikro-alba padak kolam. (Baca juga : cara menumbuhkan plankton pada tambak udang)

  1. Menstimulus perkembangan alga

Seperti dalam penjelasan sebelumnya, manfaat pupuk urea untuk ikan lele adalah membantu menghijaukan kolam. Penghijauan kolam tersebut terjadi karena adanya stimulus perkembangan alga di dalam kolam yakni alga Chlorella dan juga alga Scenedesmus. Alga alga tersebut dibutuhkan dalam proses budidaya ikan lele yang bisa menghasilkan panen yang melimpah. Alga akan membantu menjaga kondisi air kolam dalam keadaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang diperlukan oleh ikan lele. (Baca juga : cara budidaya nila di tambak)

  1.  Berperan dalam proses pembuatan kultur pakan alami

Pupuk urea juga banyak digunakan dalam proses pembuatan kultur pakan alami yang diperlukan dan diberikan kepada lele untuk proses budidaya yang baik. Baik kultur yang digunakan untuk kolam tanah maupun untuk jenis kolam lainnya penggunaan pupuk urea sangat penting dan tidak boleh terlewatkan diantara bahan bahan kultur pakan alami lainya. (Baca juga : cara budidaya mujair agar cepat besar)

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat pupuk urea untuk ikan lele yang dapat membantu menghasilkan panen budidaya yang baik dan lele memiliki perkembangan yang sesuai. Jumlah pupuk urea yang digunakan dalam proses ternak atau budidaya ikan lele tentu bervariasi tergantung dari berbagai macam kondisi yang perlu dipelajari oleh peternak pemula pada mereka yang memang sudah cukup paham dengan proses ternak ikan yang paling banyak dikonsumsi di masyarakat tersebut. 

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 16:04 Oleh :
Kategori : Ikan