Sponsors Link

5 Manfaat Probiotik Untuk Ikan Lele Yang Penting

Sponsors Link

Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak pengemarnya dimasyarakan sehingga sekarang ini dapat ditemukan peternak ikan lele dengan mudah. Dalam proses perawatan dan ternak ikan lele tersebut, ada beberapa ramuan atau makanan khusus dengan manfaatnya yang pasti akan diberikan dan salah satunya adalah probiotik yang merupakan bakteri baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat probiotik untuk ikan lele yang dapat dipahami dan digunakan sesuai kebutuhan pada peternak dalam penjelasan di bawah ini.

ads

Mengenal Probiotik 

Sebelum lebih jauh membahas mengenai manfaat probiotik untuk ikan lele maka pembahasan awal ini akan lebih mengenalkan apa itu ptobiotik terutama yang masih awam mendengarnya. Probiotik menurut wikipedia merupakan istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain sebagai inang atau induknya. Bakteri yang memiliki konotasi buruk berbeda dengan bakteri probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan. (Baca juga : cara membuat probiotik untuk ayam petelur)

Jenis bakteri probiotik saat ini banyak berkembang termasuk juga jenis sediaan yang ada di pasaran mulai dari cair, serbuk, tablet, dalam minuman kesehatan, dan lain sebagainya. Bagi hewan ternak, pemberian probiotik ternyata juga dapat memberikan manfaat yang baik dan tentunya dapat dipahami dan digunakan sesuai kebutuhan berbagai macam jenis hewan ternak termasuk ikan lele. (Baca juga : cara budidaya lele bioflok probiotik)

Manfaat Probiotik Untuk Ikan Lele

Seperti dalam penjelasan diatas, probiotik merupakan kumpulan bakteri baik yang bisa memberikan manfaat positif bagi inangnya termasuk jika diberikan kepada ikan lele. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari proses pemberian ikan lele dengan probiotik dalam penjelasan di bawah ini. 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh, probiotik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh inangnya sehingga menciptakan kondisi kesehatan yang terjaga. Peningkatan daya tahan tubuh dari probiotik tersebut tentu perlu diperhatikan dosis dan cara pemberian yang tepat dalam proses perawatan ikan lele.  (Baca juga : cara membuat probiotik untuk udang vaname)
  2. Meningkatkan metabolisme ikan, probiotik yang diberikan kepada ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna sehingga memicu kondisi peningkatan proses metabolisme padai ikan. Metabolisme yang baik dapat meningkatkan perkembangan ikan semakin lebih besar dari biasanya. (Baca juga : cara budidaya ikan dengan probiotik)
  3. Merangsang nafsu makan, pemberian probiotik  pada ikan lele dapat membantu meningkatkan nafsu makan ikan sehingga akan lebih banyak mengkonsumsi pakan. Konsumsi pakan yang lahap dan banyak tersebut dapat mendukung kondisi perkembangan ikan semakin lebih baik sesuai dengan besar dan ukuran yang diharapkan. 
  4. Membantu dalam proses pembenihan, probiotik sudah lama banyak digunakan oleh peternak ikan lele untuk diberikan sebagai salah satu hal yang dapat menjaga proses pembenihan dapat berlangsung dengan baik. (Baca juga : cara membuat probiotik alami untuk pakan ternak)
  5. Makanan tambahan untuk ikan, dengan banyaknya manfaat secara langsung dari probiotik yang dapat dirasakan seringkali probiotik tersebut digunakan sebagai makanan tambahan untuk ikan lele yang mampu mendukung kebutuhan nutrisi pertumbuhan ikan.

Itulah beberapa manfaat probiotik untuk ikan lele yang sebenarnya sudah sering sekali dilakukan oleh para peternak ikan lele. Secara umum, probiotik digunakan untuk membantu proses pertumbuhan dari ikan mulai dari pembinihan hingga pembesaran serta menjaga kondisi kesehatan dari ikan agar tidak mudah terserang penyakit.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 15:34 Oleh :
Kategori : Ikan