Sponsors Link

5 Vitamin Untuk Burung Di Musim Hujan Untuk Menjaga Kesehatannya

Sponsors Link

Sama halnya dengan manusia, burung pun selama musim hujan tentu akan mengalami kondisi yang lebih rentan terkait kondisi kesehatannya. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada burung maka setiap pemiliki burung harus peka dan melakukan upaya perawatan khusus agar dapat melalui musim hujan tersebut dengan baik tanpa melihat kondisi burung yang bermasalah. Salah satu cara yang dapat ditempuh pemilik burung adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis vitamin untuk burung di musim hujan yang membantu menjaga kesehatannya dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Vitamin C

Jenis vitamin pertama yang sangat penting untuk diberikan kepada burung saat musim hujan adalah vitamin C. Vitamin C dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh burung secara alami. Peningkatan daya tahan tubuh tersebut sangat penting mengingat selama musim hujan, kondisi udara dan cuaca yang buruk dapat menyebabkan burung mudah terserang berbagai macam jenis penyakit tertentu. Penggunaan vitamin C sudah menjadi kondisi yang umum diberikan dalam proses perawatan burung terutama di musim penghujan yang memiliki tingkat resiko burung mengalami sakit cukup tinggi. (Baca juga : obat untuk burung murai stress)

  1. Probiotik

Probiotik sebenarnya tidak termasuk dalam jenis vitamin namun dapat diberikan kepada burung sebagai salah satu suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh burung selama menghadapi musim hujan dengan kondisi cuaca dan keadaan lingkungan yang tidak menentu.  Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cocok menjadi salah satu jenis vitamin untuk burung di musim hujan. (Baca juga : fungsi minyak ikan pada burung dara)

  1. Ekor Cicak

Ekor cicak ternyata memiliki manfaat yang cukup penting pada saat musim penghujan bagi burung yang mungkin belum banyak diketahui. Manfaat dari adanya pemberian ekor cicak tersebut dalam mengatasi kondisi dingin yang terjadi pada saat musim hujan.  Memberikan burung dalam beberapa jenis tertentu dengan makanan tambahan ekor cicak dapat memunculkan efek menghangatkan tubuh burung agar tidak mudah sakit ketika kondisi disekelilingnya dingin pada saat musim hujan. (Baca juga : manfaat ekor cicak untuk burung kacer)

  1. Vitamin B kompleks

Jenis vitamin untuk burung di musim hujan selanjutnya adalah B kompleks. B kompleks sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme dan proses proses kimiawi di dalam tubuh sehingga kondisi kesehatannya dapat terjaga dengan baik meskipun pada saat musim hujang, penyakit burung amat sangat mudah terjadi. Vitamin C dan vitamin B kompleks dapat diberikan ke burung dalam satu sediaan yang saat ini banyak beredar di toko khusus peternakan atau toko burung. (Baca juga : kegunaan madu bagi burung)

  1. Buah buahan

Jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin tinggi adalah buah buahan. Buah buahan tersebut dapat menjadi salah satu makanan tambahan yang akan mendukung kondisi daya tahan pada tubuh burung ketika menghadapi musim hujan. Selain buah buahan, burung juga dapat diberikan beberapa jenis ramuan herbal ataupun sayuran yang memang efeknya menghangatkan seperti kencur dan jahe. (Baca juga : obat untuk burung lovebird sakit)

Itulah beberapa jenis vitamin untuk burung di musim hujan yang dapat membantu menjaga kesehatan burung dan proses perawatannya. Menghadapi musim hujan memang perlu dipersiapkan dengan baik mengingat udara dan lingkungannya yang lebih banyak mendukung penyakit berkembang dan menyerang burung dalam jenis apapun.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 15:20 Oleh :
Kategori : Burung