Sponsors Link

18 Fungsi Minyak Ikan Pada Burung Dara yang Sangat Bermanfaat

Sponsors Link

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, namun juga penting untuk hewan peliharaan seperti burung dara.

ads

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung, minyak ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin D dan vitamin E ini juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan otak, mengurangi berbagai jenis penyakit jantung, masalah pencernaan, penyakit kulit dan masih banyak lagi.

Minyak ikan juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung dara yang juga baik untuk mata. Untuk lebih lengkap tentang apa saja fungsi minyak ikan pada burung dara, anda bisa melihat ulasan dalam artikel berikut ini.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Minyak ikan yang mengandung omega 3, vitamin A dan vitamin D ini sangat baik diberikan pada burung dara supaya nafsu makan bisa bertambah khususnya saat burung darah baru sembuh dari sakit dan juga cara mengobati burung dara flu. Minyak ikan yang dibuat dalam bentuk kapsul ini bisa diteteskan langsung dalam mulut burung dara atau dicampur bersama pakan atau minuman burung yang bisa dibeli di potik.

  1. Regenerasi Bulu Burung

Kandungan gizi tinggi dalam minyak ikan ini bisa juga digunakan untuk regenerasi bulu burung dara saat proses ganti bulu, mabung atau moulting sekaligus mengatasi penyebab bulu rontok pada burung nuri. Memberikan minyak ikan untuk bulu burung juga bisa membuat bulu terlihat lebih mulus, lebih mengkilap dan juga lebih rapi. Sedangkan untuk pemberiannya bisa dikeluarkan minyak dalam kapsul dan oleskan pada pakan lalu diberikan pada burung.

  1. Mempercantik Bulu

Minyak ikan juga bisa digunakan untuk mempercantik bulu burung. Terapi minyak ikan ini bisa dilakukan satu kali sehari seperti pagi hari saja. Namun tetap harus dilakukan setiap hari supaya bulu bisa tumbuh dengan sempurna, lebih bersih dan juga lebih tertata rapi.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Bulu

Minyak ikan memang memiliki banyak kegunaan khususnya untuk bulu burung dara dan juga berbagai jenis burung lain seperti burung kicau yang membutuhkan tampilan bulu sempurna. Agar bulu burung dara bisa lebih cepat tumbuh, maka juga bisa menggunakan minyak ikan dari kapsul bening atau juga bisa menggunakan minyak ikan botolan. Perbandingan yang digunakan antara pakan dengan minyak ikan adalah 2:3.

  1. Mengandung Antioksidan

Minyak ikan juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik karena tingginya vitamin E dalam minyak ikan. Vitamin E dalam minyak ikan merupakan vitamin yang mudah larut dalam lemak sehingga memiliki banyak kegunaan khususnya dalam menjodohkan burung dara, Minyak ikan ini akan melindungi vitamin lainnya sehingga sistem pernafasan dan juga jaringan otot pada burung yang juga baik diberikan untuk menyembuhkan penyakit pada burung nuri.

  1. Mencegah Bulu Botak

Bulu burung dara yang botak dan tidak bisa tumbuh bisa disebabkan karena berbagai hal seperti salah satunya serangan kutu baik itu mite atau flea. Serangan kutu ini akan menghambat pertumbuhan bulu pada burung dan kegunaan dari minyak ikan ini adalah untuk membantu dalam pembentukan metionin dan sistin yang penting dalam proses pertumbuhan bulu burung dara.

Sponsors Link

  1. Menguatkan Sistem Saraf

Kegunaan lainnya dari minyak ikan untuk burung dara dan beberapa jenis burung lainnya adalah untuk mencegah kekurangan vitamin E yang bisa menyebabkan burung dara terlihat kurang aktif dan bahkan menjadi sangat rentan terhadap masalah saraf sekaligus cara mengatasi burung hilang suara.

  1. Mencegah Ventrikel Aritmia

Ventrikel aritmia tidak hanya bisa terjadi pada manusia, namun juga bisa terjadi pada segala jenis burung seperti salah satunya penyakit pada burung dara. Ventrikel artimia ini menyebabkan detak jantung pada burung dara menjadi tidak beraturan. Ventrikel aritmia ini menjadi salah satu jenis penyakit burung yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa dan untuk mencegah penyakit ini terjadi, maka kebutuhan vitamin E pada burung dara harus terpenuhi yakni dengan memberikan minyak ikan secara teratur pada burung.

  1. Mencegah Alergi

Burung dara yang kekurangan vitamin E akan lebih rentan terhadap alergi khususnya yang disebabkan karena kutu. Kutu akan membuat tubuh burung dara semakin lemah dan lebih mudah terkena penyakit. Selain itu, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari alergi juga membuat nafsu makan burung menjadi turun dan tidak bisa tidur karena gelisah. Untuk itu, pemberian minyak ikan sangat disarankan untuk memelihara burung dara agar bisa mencegah alergi tersebut.

  1. Menambah Kepintaran Anakan Burung

Anakan burung dara yang diberikan minyak ikan juga akan tumbuh jauh lebih pintar dan gesit karena kandungan DHA dalam minyak ikan jika dibandingkan dengan anakan burung dara yang tidak diberikan minyak ikan.

ads

Dengan ini, saat besar anakan burung dara akan semakin mudah untuk dilatih.

  1. Membantu Proses Mabung

Saat proses mabung sebenarnya sudah harus terjadi namun burung dara yang anda pelihara juga belum mengalami proses mabung tersebut, maka hal ini bisa terjadi karena burung kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses moulting tersebut.

Agar bisa membantu proses moulting sekaligus cara mengatasi burung ganti bulu, minyak ikan yang mengandung vitamin A, vitamin D dan vitamin E ini juga bisa diberikan sehingga pori pori kulit yang ada di sekitar pangkal bulu bisa lebih cepat terbuka dan bulu lebih mudah terlepas.

  1. Mengatasi Gangguan Reproduksi

Gangguan reproduksi yang terjadi pada burung termasuk burung dara sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Namun, gangguan reproduksi ini bisa menghambat kesehatan burung sehingga meskipun sudah dijodohkan.

Burung dara tidak akan bertelur atau sudah terjadi perkawinan namun tidak menghasilkan telur. Ini bisa terjadi karena burung dara kekurangan hormon reproduksi yang bisa diperbaiki dengan cara memberikan minyak ikan secara teratur pada burung.

  1. Mengatasi Burung Tidak Gacor

Burung dara yang tidak gacor bisa terjadi karena berbagai hal namun penyebab utamanya adalah karena asupan pakan yang tidak mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin. Untuk mengatasi burung yang tidak gacor juga bisa dilakukan dengan memberikan minyak ikan yang berfungsi sebagai penurun stres, sumber energi, meningkatkan pertumbuhan dan juga memperbaiki mental burung dara sekaligus juga bisa digunakan untuk cara mengobati batuk pada burung dara.

  1. Mengatasi Infeksi Pernapasan

Ada banyak penyakit yang bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan pada burung seperti serangan parasit, mikroba dan beberapa hal lain yang nantinya bisa membuat suara burung serak bahkan hilang dan bahkan untuk cara mengobati snot pada lovebird.

Masalah pernafasan ini bisa diatasi dengan memberikan minyak ikan secara teratur pada pakan burung setiap hari dengan dosis yang tepat.

  1. Mencegah Tumor

Untuk mencegah tumor juga bisa dilakukan dengan memberikan minyak ikan secara teratur pada burung. Tumor yang bisa berupa benjolan pada mulut atau kulit bisa disebabkan karena infeksi jamur candida albicans yang juga bisa mempengaruhi saluran pencernaan sampai ke dubur.

  1. Mencegah Makan Bulu Sendiri

Perilaku burung dara yang sering memakan bulunya sendiri sebagian bisa dikatakan normal, namun sebagian lainnya tidak. Dalam keadaan normal, burung akan mematuki bulunya sendiri untuk membuang bulu yang tidak sehat dan patah yang memang merupakan naluri alami burung dara sehingga ia akan mencabuti bulunya. Namun untuk perilaku mencabuti bulu sendiri yang tidak normal akan membuat bulu burung semakin botak karena terus dicabuti tanpa alasan yang jelas.

Sponsors Link

Salah satu penyebab burung sering mematuki bulu sendiri tanpa sebab adalah karena tubuh burung kekurangan vitamin, mineral dan mineral oil yang semuanya bisa didapatkan dengan cara memberikan minyak ikan pada burung dara secara teratur.

  1. Mencegah Kaki Berkerak dan Bengkak

Benjolan menyerupai daging tumbuh dengan ukuran besar atau kecil sering dijumpai pada kaki burung dara. Namun tidak hanya bisa terjadi pada kaki, hal ini juga bisa terjadi pada beberapa area terbuka tubuh burung dara lain seperti ruas kaki, muka dekat paruh dan beberapa bagian tubuh lainnya. Untuk mencegah masalah kaki berkerak dan bengkak ini juga bisa dilakukan dengan memberikan minyak ikan secara rutin yang dicampur dalam pakan burung.

  1. Mencegah Anemia

Untuk mencegah anemia pada burung dara yang bisa membuat burung terlihat lemas dan tidak bertenaga dapat dilakukan dengan memberikan minyak ikan secara teratur untuk mencukupi kebutuhan mineral pada burung sekaligus sebagai cara menghilangkan stress pada burung dara. Selain itu, berikan juga asupan makanan yang mencukupi untuk burung supaya energi bisa bertambah dan terhindar dari penyakit anemia.

Ada begitu banyak fungsi minyak ikan pada burung dara sehingga disarankan untuk memberikan minyak ikan secara teratur satu kali sehari. Minyak ikan ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik dalam bentuk kapsul atau juga bisa menggunakan minyak ikan khusus untuk burung yang banyak dijual di toko hewan ternak.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 07:44 Oleh :
Kategori : Burung