Sponsors Link

5 Manfaat Ekor Cicak Untuk Burung Kacer Yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang mulai banyak dipelihara baik menjadi sebuah hobi semata ataupun menjadi burung yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba secara serius. Sebagai burung kicauan, suara yang dihasilkan menjadi titik poin penting yang harus dicapai dengan baik dalam proses perawatan yang benar. Diantara berbagai macam cara perawatan tersebut maka makanan atau ramuan yang diberikan kepada burung kacer menjadi salah satu hal yang memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah ekor cicak. Berikut ini beberapa manfaat ekor cicak untuk burung kacer yang dijelaskan dibawah ini.

ads

Pemanfaatan ekor cicak yang diberikan kepada burung mungkin merupakan kondisi yang seakan akan tidak logis bahkan untuk mencari ekor cicakpun mungkin juga akan menemukan kesulitan mengingat populasi cicak yang belum tentu banyak di daerah lingkungan burung hidup. Berdasarkan pengalaman beberapa pemiliki burung yang sudah lama memiliki hobi memelihara burung, ekor cicak ternyata memiliki beberapa manfaat tertentu yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pengganti Cacing 

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari penggunaan ekor cicak bagi burung kacer adalah secara nutrisi dapat berperan sebagai pengganti cacing yang sudah sering diberikan kepada burung. Penggantian cacing tersebut diperlukan agar burung tidak mudah merasa bosan dan menjadi alternatif jika memang sedang tidak ada cacing. Bentuknya yang mirip dengan cacing lebih memudahkan pemberian ekor cicak tersebut. (Baca juga : manfaat pisang pada burung kacer)

  1. Sebagai Ektra food

Manfaat ekor cicak untuk burung kacer selanjutnya adalah bertindak sebagai extra food yang diberikan untuk mengimbangi kebutuhan makanan yang cukup tinggi pada burung kacer. Pemberian ekstra food menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan burung kacer tersebut. (Baca juga : manfaat mandi malam pada burung kacer)

  1. Cocok digunakan saat burung mabung

Mabung merupakan proses pergantian bulu pada burung yang akan terjadi secara rutin dalam beberapa waktu tertentu. Mabung menjadikan burung akan sangat lemah mengingat seluruh bulunya akan mengalami kerontokan. Untuk membantu agar proses mabung tersebut dapat berjalan dengan baik dan tentunya bentuk bulu yang lebih halus bisa di dapatkan maka perlu pemberian ektra food seperti ekor cicak. (Baca juga : penyakit kaki pada burung kacer)

  1. Membuat burung lebih gacor

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati karena suaranya dan termasuk ke dalam burung kicauan. Untuk mendapatkan suara yang gacor pada burung kacer tersebut maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan yang salah satunya adalah dengan memberikan ekor tersebut secara langsung. (Baca juga : manfaat jangkrik pada burung kacer)

  1. Memberikan efek hangat pada burung

Ekor cicak ternyata memiliki manfaat yang cukup penting pada saat musim penghujan. Manfaat dari adanya pemberian ekor cicak tersebut dalam mengatasi kondisi dingin adalah dengan memberikan burung kacer makanan tambahan yakni ekor cicak agar memiliki efek menghangatkan tubuh burung agar tidak mudah sakit. (Baca juga : cara melatih mental kacer petarung)

Itulah beberapa manfaat ekor cicak untuk burung kacer yang dapat dipahami oleh setiap pemilik burung agar bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pemanfaatan ekor cicak bagi burung tersebut merupakan sebuah temuan yang sebenarnya belum dapat dijelaskan secara pasti dan hanya berdasarkan pengalaman saja.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, January 2019 / 04:23 Oleh :
Kategori : Burung