Sponsors Link

5 Manfaat Beras Merah Untuk Perkutut Sebagai Alternatif Pengganti Pakan Burung

Sponsors Link

Perkutut merupakan salah satu jenis burung yang sudah cukup lama dijadikan hobi untuk dipelihara terutama pada masyarakat pedesaan. Dalam prosesnya memilihara burung perkutut, tentu perlu ada cara cara yang harus diperhatikan agar apa yang diinginkan oleh pemilik burung tersebut dapat terjadi dengan baik dan kondisi burung selalu terjaga kesehatannya. Pemilihan jenis makanan untuk burung perlu dilakukan dengan benar dan salah satu jenisnya adalah beras merah yang terkadang juga diberikan kepada burung perkutut tersebut karena manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaa beras medah untuk perkutut dalam penjelasan di bawah ini.

ads

Mengenal Beras Merah Dan Kandungannya

Beras merah merupakan jenis beras yang hanya mengalami pengelupasan pada lapisan terluar dan tidak melalui proses penggilingan. Disebut sebagai beras merah karena memang warna dari beras tersebut juga merah karena tidak seluruh lapisan kulit terkelupas. Lapisan kulit yang hilang pada beras putih tersebutlah yang memiliki banyak kandungan serat, mineral, dan vitamin. (Baca juga : cara memelihara perkutut)

Beras merah yang tidak terkelupas kulitnya hingga dalam tersebut tentu memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih biasa. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam beras merah tersebut diantaranya seperti  vitamin B3, B1, B6, mangan, fosfat, zat besi, serat, dan asam lemak. Kandungan nutrisi tersebut tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika diberikan kepada burung perkutut.

Manfaat Beras Merah Untuk Perkutut

Kandungan nutrisi yang terdapat pada beras merah seperti disebutkan diatas, tentu ada manfaat yang bisa diperoleh ketika dijadikan pakan burung perkutut yang diantaranya sebagai berikut ini. (Baca juga : cara memandikan perkutut)

  1.  Perkembangan reproduksi perkutut

Kandungan vitamin E yang terdapat banyak di dalam beras merah tentu memiliki manfaat yang baik bagi perkutut. Salah satu manfat baik dari vitamin E tersebut adalah membantu meningkatkan perkembagan reproduksi dari burung sehingga dapat memberikan peluang besar bagi perkutut untuk berkembang biak.

  1.  Memenuhi kebutuhan nutrisi perkutut

Tingginya nutrisi yang dimiliki oleh beras merah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkutut yang diperlukan dalam setiap aktivitasnya. (Baca juga : ternak perkutut bangkok)

  1. Menjaga kesehatan burung

Kandungan nutrisi yang tinggi seperti dijelaskan diatas akan mampu meningkatkan kesehatan burung sehingga dapat lebih terhindar dari berbagai macam dampak penyakit yang ada dilingkungan hidupnya. Nutrisi yang terjaga dapat membantu burung memiliki daya tahan yang cukup.

  1. Menjaga proses metabolisme

Vitamin B menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup baik dalam proses metabolisme tubuh. Kondisi manfaat vitamin B yang terkandung pada beras merah tersebut tentu juga dapat dirasakan oleh burung perkutut ketika diberikan. (Baca juga : cara memelihara burung perkutut)

  1. Pengganti jenis pakan burung sebelumnnya

Kandungan nutrisi yang baik dari beras merah dibandingkan beras lainnya tentu dapat menjadi alternatif penganti makanan utama pada burung perkutut yang lebih baik dan lebih dapat memberikan manfaat beras merah untuk perkutut yang banyak dibandingkan jenis makanan lainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kandungan berat merah dan manfaat beras merah untuk perkutut yang dapat diketahui dan dipahami oleh setiap pemilik burung sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam proses perawatan salah satu burung kicauan tersebut. (Baca juga : tips burung perkutut rajin bunyi)

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, January 2019 / 04:13 Oleh :
Kategori : Burung