Sponsors Link

8 Tips Burung Perkutut Rajin Bunyi

Sponsors Link

Burung perkutut merupakan jenis burung peliharaan yang dulunya banyak diminati oleh masyarakat namun belakangan ini lebih memudah pamornya tertutup oleh burung kicauan baru.

ads

Sejak dulu burung yang dipercaya dapat mengalirkan rejeki dan memberikan ketentraman bagi keluarga tersebut dikenal memiliki suara yang khas dan tidak dimiliki oleh jenis burung kicauan lainnya.

Suara burung perkutut yang khas dan tidak dapat ditiru oleh burung lainnya masih menjadi idola bagi para kaum orang tua. Untuk dapat menjadikan burung perkutut mampu mengeluarkan suara khasnya maka dibutuhkan beberapa cara perawatannya.

Berikut ini beberapa tips burung perkutut rajin bunyi yang dapat menjadi bahan pembelajaran untuk pemula maupun mereka yang sudah memilik pengalaman.

  1. Perhatikan kebersihan kandang

Burung perkutut membutuhkan suasana yang nyaman agar mampu berbunyi secara rutin. Untuk menghasilkan suasana yang nyaman bagi burung perkutut tersebut salah satunya adalah memperhatikan kebersihan kandangnya.

Agar kandang selalu dalam keadaan bersih maka setiap pemilik burung perlu melakukan pembersihan kandang setidaknya sehari sekali dan letakkan kandang pada tempat yang nyaman serta tenang. Kebersihan kandang termasuk salah satu cara memelihara burung perkutut yang umum dan harus dilakukan.

  1. Pemberian makanan yang rutin

Untuk berbunyi tentu burung perkutut membutuhkan tenaga atau energi sehingga jika menginginka burung tersebut berbunyi terus atau rajin berbunyi maka pemberian makanan dalam jumlah yang cukup perlu selalu diperhatikan.

Burung perkutut merupakan jenis burung yang makanan utamanya berupa biji bijian seperti kacang, jagung, beras merah, dll. Selain makanan, air untuk minum burung juga harus tersedia setiap saat dan setidaknya diganti setiap tiga jam sekali pada saat memberikan makanan pada burung.

  1. Mastering

Tips burung perkutut rajin bunyi selanjutnya adalah dengan melakukan mastering seperti pada burung kicauan lainya. Mastering dapat dilakukan dengan memberikan suara atau mendengarkan perkutut pada suara burung lainnya agar terpancing untuk bersuara juga.

Adanya beberapa orang yang memiliki burung perkutut biasanya memudahnya perkutut untuk lebih rajin berbunyi. Matering harus dilakukan sebagai salah satu cara memelihara perkutut agar dapat bunyi gacor.

  1. Memberikan pasangan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menjadikan burung perkutut menjadi rajin bersuara adalah dengan memberikannya pasangan. Burung perkutut yang memiliki pasangan dan sedang dalam masa birahi tentu akan lebih rajin bersuara. Penjodohan burung perkutut dapat dilakukan dengan meletakkan jantan maupun betina pada kandang yang sama.

  1. Jemur burung

Memandikan dan menjemur burung merupakan aktivitas wajib bagi para pemilik burung terutama perkutut. Melalui aktivitas mandi dan penjemuran tersebut maka perkutut dapat memiliki tubuh yang bersih serta menghindarkan penyakit yang dapat muncul akibat kotoran di sekitar tubuhnya. Penjemuran perkutut dapat dilakukan pada pagi hari selama beberapa jam dan perhatikan cara memandikan perkutut dengan benar.

  1. Jinakkan burung 

Burung perkutut yang tidak rajin bunyi biasanya disebabkan juga karena belum jinak sehingga agar dapat rajin berbunyi maka burung perkutut harus melalui tahan penjinakan. Penjinakan burung dapat dilakukan dengan menaruhnya pada tempat dimana banyak orang lewat serta dengan menyempatkan waktu setidaknya 30 menit setiap harinya untuk dipegang dengan tangan.

  1. Berikan ramuan traditional

Cara lainya yang dapat digunakan untuk membuat burung Perkutut rajin bunyi adalah dengan memberikannya ramuan traditional berupa kencur. Kencur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan burung, dan mampu membantu menghilangkan dahak pada tenggorokannya serta menguatkan pita suara. Dengan manfaat tersebut maka tidak ada lagi masalah yang dapat menghambat perkutut untuk rajin berbunyi. Ramuan traditional sering digunakan sebagai salah satu cara mengobati burung hilang suara.

  1. Pemberian extra food

Extra food atau makanan tambahan merupakan beberapa jenis makanan sampingan yang diberikan sebagai pelengkap makanan utama dengan efek atau manfaat khusus. Extra food yang diberikan kepada burung Perkutut dapat berupa ulat hongkong, kroto, jangkrik, dan lain lain. Pemberian extra food ini sudah biasa dilakukan bagi burung aduan sebelum pelaksanaan lomba. Pemberian extra food merupakan langkah umum dalam cara merawat burung agar rajin berkicau.

Itulah beberapa cara yang merupakan tips burung Perkutut rajin bunyi bagi pada pemula maupun penghobi burung berpengalaman. Dengan ada cara cara yang disebutkan tersebut maka pemilik atau penghobi dan pengemar perkutut dapat setiap saat mendengarkan gacoran suara burungnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 25th, July 2018 / 02:22 Oleh :
Kategori : Burung