Sponsors Link

15 Kegunaan Madu Bagi Burung yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Madu memang memiliki banyak khasiat yang tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan manusia namun juga penting untuk burung khususnya burung ocehan sebagai pakan tambahan.

ads

Ada banyak kandungan vitamin dan mineral dalam madu seperti serat, karbohidrat, protein, air, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, fosfor, folat, kalsium, magnesium, besi, potasium, zinc dan juga sodium sehingga tidak heran jika madu ini seringkali digunakan oleh para pencinta burung untuk menambah stamina pada burung peliharaan. Semua kandungan ini sangat penting untuk manusia begitu juga untuk burung.

Untuk ulasan mengenai kegunaan madu bagi burung selengkapnya bisa anda simak pada ulasan berikut.

  1. Menjaga Stamina Burung

Burung kicau yang diberikan madu sebagai pakan tambahan sangat baik untuk menjaga stamina burung agar tidak mudah lemas khususnya pada hari menjelang perlombaan. Hal ini bisa terjadi karena dalam madu mengandung tiga jenis gula yakni fluktosa, glukosa dan sukrosa yang semuanya dibutuhkan burung untuk menambah stamina dan kekuatan agar bisa berkicau lebih baik. Sifat fruktosa yang sangat mudah diserap tubuh akan mengembalikan stamina tubuh burung lebih cepat khususnya sesudah sembuh dari sakit seperti mengatasi penyakit pada burung nuri. Untuk itu, pemberian madu sangat disarankan tidak hanya pada saat burung sedang sakit, namun juga bisa diberikan selama burung masih dalam keadaan sehat.

  1. Menyembuhkan Masalah Pernapasan

Burung yang sedang mengalami masalah pada pernapasan seperti sesak karena cuaca dan sirkulasi buruk dalam sangkar, tidak mau berkicau, suara serak dan penyakit pernapasan lainnya juga bisa diatasi dengan madu. Hindari memberikan madu pada burung yang sedang sesak napas dengan cara mendekap bagian dada burung sebab bisa memperparah sesak napas yang dialami. Untuk takaran maksimal yang bisa diberikan pada burung adalah 1/4 sendok makan saja dan tidak boleh terlalu berlebihan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Burung

Madu sangat baik diberikan untuk meningkatkan daya tahan burung khususnya saat terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrem karena mengandung banyak nutrisi penting serta antioksidan yang penting untuk meningkatkan imun tubuh burung sehingga tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan karena virus, kuman atau bakteri seperti cara mengobati snot pada lovebird. Selain itu, kandungan nutrisi dalam madu juga bisa meningkatkan suhu tubuh burung saat cuaca sedang dingin.

  1. Memperindah Kicauan Burung

Burung kicau atau ocehan juga membutuhkan makanan yang mengandung gula dan salah satunya bisa didapatkan dari madu seperti untuk cara merawat lovebird agar ngekek panjang. Kegunaan madu ini adalah untuk memperindah kicauan suara sebab gula yang terdapat dalam madu akan membuat burung lebih aktif berkicau dibandingkan dengan burung yang tidak mengkonsumsi gula dan suaranya juga terdengar lebih nyaring dan kencang. Sedangkan untuk beberapa jenis kolibri bisa diberikan satu cepuk kecil madu untuk menjaga stamina burung pemakan madu tersebut.

  1. Meredakan Depresi

Burung adalah satu jenis hewan yang sangat mudah stres apabila perawatan yang diberikan tidak baik. Stres yang terjadi terlalu lama pada burung akan menyebabkan burung malas berkicau dan akhirnya lemas tidak bertenaga serta menimbulkan berbagai masalah penyakit.

Sponsors Link

Untuk mengembalikan kesehatan mental dan menurunkan stres pada burung maka bisa diberikan madu khususnya bagi burung pemakan buah. Madu ini bisa dioleskan pada buah yang digunakan sebagai pakan burung seperti pisang, pepaya atau apel dan beberapa jenis buah lainnya.

  1. Menyembuhkan Luka

Semua jenis burung membutuhkan madu karena juga mengandung vitamin C cukup didalamnya. Vitamin ini memang sebenarnya bisa di produksi sendiri dalam tubuh burung, namun penambahan madu sebagai pakan tambahan juga sangat disarankan untuk memulihkan kerusakan pada jaringan seperti luka terbuka pada kaki atau bagian tubuh lainnya, cara mengobati burung dara flu, mengatasi stres berlebihan pada burung dan juga meningkatkan daya tahan tubuh burung semakin baik.

  1. Pertumbuhan Anak Burung

Pemberian madu untuk anak burung juga disarankan untuk anak burung karena dalam madu mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang sangat untuk pertumbuhan anak burung khususnya membantu proses ngurak atau mabung dan juga memelihara kesehatan tubuh burung secara menyeluruh. Selain itu, madu juga sangat berguna untuk memperbaiki produksi telur pada burung dewasa sehingga daya tetas dan pertumbuhan embrio bisa semakin maksimal.

  1. Mencegah Penyakit Kulit

Dalam madu juga mengandung asam panthotthenate yang juga dibutuhkan burung untuk mengatasi dermatitis atau radang kulit sekaligus mencegah gejala perosis seperti penyakit pada burung dara yang sering terjadi.

ads

Selain untuk mencegah penyakit kulit, kandungan ini juga ampuh untuk mencegah bulu yang kasar dan mudah patah sekaligus mengurangi angka kematian pada anak burung dan juga burung yang masih muda.

Untuk pemberian madu dalam mencegah berbagai penyakit kulit bisa dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan madu ini pada jangkrik yang sudah dibuang bagian kepala, kaki dan juga sayap. Untuk dosisnya sendiri bisa diberkan satu kali sehari secara teratur.

  1. Mengatasi Penyakit Tulang

Kegunaan madu berikutnya untuk burung adalah mencegah berbagai penyakit tulang seperti sendi bengkak, kaki bengkok, kaki pincang dan juga lumpuh karena dalam madu mengandung niasin dalam cara memelihara burung kenari dan jenis lainnya. Selain itu, kandungan niasin dalam madu juga berguna untuk mengatasi radang mulut dan menyembuhkan burung yang sering mencret dan diare. Untuk pemberian madu bisa dilakukan dengan mencelupkan pakan seperti jangkrik atau ulat hongkong pada madu lalu tusuk dengan lidi dan berikan pada burung.

  1. Meningkatkan Produksi Telur

Madu sangat baik diberikan pada proses menjodohkan burung supaya produksi telur bisa bertambah dan mencegah burung mogok bertelur. Selain itu, kandungan fosfor dalam madu juga dibutuhkan burung untuk mencegah kulit telur yang tipis sehingga lebih mudah retak pecah, kasar, gembur dan juga daya tetas yang rendah serta menurunkan angka kematian pada burung dan mencegah bulu mengkerut atau pertumbuhan bulu yang lambat.

  1. Menurunkan Angka Kematian Piyik

Dalam madu juga mengandung magnesium yang sangat baik diberikan untuk piyik burung untuk mencegah angka kematian karena berbagai penyakit yang sering dialami anak burung seperti pertumbuhan tulang, otot dan saraf yang terganggu seperti dalam cara memelihara burung kakaktua. Selain itu, madu juga bisa mencegah cara jalan burung yang tidak sempurna atau sempoyongan, kejang pada leher, koma dan akhirnya berujung pada kematian piyik burung. Semua kandungan dalam madu ini akan meningkatkan pertumbuhan piyik atau anakan burung semakin sehat dan terhindar dari banyak penyakit karena daya tahan piyik sudah ditingkatkan dengan cara pemberian madu sebagai vitamin tambahan pada burung.

  1. Sumber Energi

Madu juga sangat baik diberikan untuk burung karena merupakan sumber energi sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh burung bisa semakin baik sekaligus memperkecil oksidasi protein menjadi energi sehingga cocok diberikan menjelang perlombaan supaya semakin ngotot. Selain itu, madu juga berguna untuk menjaga fungsi normal dari alat pencernaan burung untuk mencegah penyakit seperti diare dan berak putih.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Memberikan madu sebagai suplemen tambahan pada burung juga sangat baik untuk mengatur suhu tubuh burung dan juga melindungi tubuh termasuk dalam cara merawat burung flamboyan. Dengan pengaturan suhu tubuh burung yang baik, maka berbagai penyakit yang biasa menyerang burung juga bisa dihindari sekaligus melindungi tubuh burung dari suhu yang ekstrim yang lebih dingin.

Sponsors Link

  1. Membantu Pembentukan Jaringan Epitel

Madu juga berguna untuk membantu pembentukan dan memelihara sel sel jaringan epitel pada burung dan melancarkan metabolisme sekaligus membentuk jaringan pengikat. Selain itu, madu yang mengandung asam amino ini juga berguna untuk meningkatkan proses pembentukan darah sehingga burung bisa terhindar dari anemia yang bisa menyebabkan tubuh burung semakin lemas dan tidak lincah.

  1. Mencegah Abnormalitas Pertumbuhan

Dalam madu ini juga baik dikonsumsi burung untuk mencegah abnormalitas pertumbuhan seperti pertumbuhan tubuh piyik yang tidak seimbang khususnya dalam pembentukan tulang dan juga cara mengatasi burung ganti bulu. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan kulit pada burung seperti kerusakan kulit, mempercepat pertumbuhan sel kulit dan mencegah berbagai gangguan pada pertumbuhan bulu sekaligus memperbaiki bulu yang rusak.

Selain banyak kegunaan madu bagi burung berkicau atau jenis burung lainnya, madu bisa membuat tubuh burung semakin vit yang khususnya baik diberikan untuk meningkatkan stamina burung menjelang lomba dan menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim. Namun pemberian madu tidak boleh terlalu berlebihan dan maksimal hanya boleh satu kali diberikan dalam satu hari sebab bisa menimbulkan masalah pada tubuh burung.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang manfaat madu sebagai suplemen tambahan untuk burung yang semoga bisa menambah informasi anda dalam merawat burung.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 08:06 Oleh :
Kategori : Burung