Sponsors Link

8 Cara Membuat Probiotik Alami untuk Pakan Ternak

Sponsors Link

Beternak sudah menjadi kegiatan sampingan yang di lakukan oleh beberapa orang. Cara ini mereka percaya sebagai sampingan mendapatkan penghasilan.

ads

Pasalnya beternak memang tidak bisa di perkirakan berapa keuntungan dan tidak bisa menjadi patokan kapan menghasilkan uang dan berapa jumlahnya.

Akan tetapi pada masa panen, keberhasilan dari beternak memang sangat menjanjikan. Anda juga tidak sepenuhnya bisa mengabaikan kegiatan ini.

Tidak semua orang bisa melakukan kegiatan ternak tanpa belajar. Oleh sebab itu pentingnya membaca beberapa panduan sangat penting sekali. Beternak tanpa belajar akan mempengaruhi hasilnya nanti.

Pasalnya mereka yang asal-asalan beternak tentu akan sembarangan dalam memberikan pemenuhan gizi bagi ternakan mereka. Padahal tanpa nutrisi tambahan ternakan bisa saja lemah dan tidak maksimal. Salah satu yang bisa di berikan pada hewan ternakan adalah probiotik.

Mendengar nama probiotik tentu anda sudah tahu, karena nutrisi ini sering di berikan pada ayam atau kambing. Namun probiotik dapat di berikan kepada semua hewan ternakan. Lalu apa yang di sebut dengan probiotik itu sendiri? (Baca Juga: Cara Budidaya Lele Bioflok Probiotik)

Probiotik merupakan suplemen buatan yang bisa di buat oleh para peternak sebagai tambahan nutrisi untuk hewan ternakan mereka. Adapun manfaat probiotik itu sendiri sangat penting untuk kesehatan serta asupan tambahan bagi ternakan. Manfaat probiotik untuk hewan ternak adalah meningkatkan daya cerna dalam rumen ternak yang di campurkan ke dalam ransum.

Probiotik sendiri merupakan mikroba atau mikroorganisme yang hidup dan berkembang pada media tertentu, untuk selanjutnya digunakan pada ternak melalui pakan yang di berikan, untuk membuat keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

Probiotik yang telah ditambahkan atau di campurkan dalam pakan ransum, dari berbagai hasil penelitian akan dapat menambah berat badan ternak. Karena probitik tersebut memang mampu membuat mikroorganisme postif bekerja pada keadaan yang lebih optimal, jadi pakan yang di berikan pada hewan ternak akan lebih gampang dicerna dan diserap. Jenis probiotik yang lebih alami memang lebih menyehatkan bagi ternakan. Cara membuat Probiotik alami untuk Pakan Ternak akan di sampaikan pada artikel kali ini.

Oleh sebab itu pentingnya kebiasaan membaca akan mempengaruhi pengetahuan anda, termasuk mengetahui bagaimana cara membuat Probiotik alami untuk Pakan Ternak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda perhatikan:

  1. Persiapan

Langkah yang pertama adalah persiapan, baik dari niat atau beberapa keperluannya seperti bak dan beberapa yang lainnya. (Baca Juga: Cara Membuat Probiotik untuk Ayam Petelur)

  1. Persiapan Bahan

Untuk membuat probiotik alami bahan yang di gunakan adalah pisang. Siapkan satu buah pisang yang sudah masak. Jenis pisangnya bebas, semua pisang bisa anda gunakan.

  1. Menyediakan Ares

Ares adalah bagian dalam tubuh dari pohon pisang. Selain pisang matang anda juga harus menyiapkan ares tersebut. Tidak usah terlalu banyak, cukup dengan ukuran 20 cm saja.

  1. Air Cucian Beras

Manfaatkan air cucian beras, karena air tersebut juga penting karena menjadi salah satu komponen pembuatan probiotik alami. Air cucian beras ini dalam takaran umum hanya satu liter saja, tidak kurang dan tidak lebih. (Baca Juga: Cara Membuat Probiotik untuk Udang Vaname)

  1. Gula Pasir

Siapkan gula pasir juga sebanyak 4 sendok. Untuk jenis gulanya juga bebas, bisa menggunakan gula merah atau juga dengan gula molases. Ini bertujuan untuk menarik daya nafsu makan dari hewan ternak itu sendiri.

  1. Pemotongan

Potong semua bahan yang ada yakni pisang matang dan juga ares sampai lembut. Sebelum di olah memang kedua bahan tersebut harus di cincang sampai kecil.

Sponsors Link

  1. Pencampuran

Setelah mengalami masa pemotongan, kedua bahan tersebut yakni ares dan pisang matang di campurkan dengan air leri. Air leri yaitu air sisa pencucian beras seperti yang sudah di sebutkan di atas. Kemudian aduk sampai rata, pastikan benar-benar menyatu semuanya. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan dengan Probiotik)

  1. Penutupan

Jika sudah di aduk merata menjadi satu, simpan pada wadah yang tertutup rapat. Pastikan tidak ada lubang sedikitpun, karena semua bahan tersebut akan di fermentasikan. Kurang lebih masa yang di butuhkan untuk masa fermentasi adalah tiga hari. Setelah tiga hari berjalan dan selesai, anda bisa membukanya. Aroma fermentasi akan tercium jika sudah mengalami masa fermentasi.

Cara membuat Probiotik alami untuk Pakan Ternak di atas memang tidaklah rumit. Anda bisa membuatnya di rumah untuk pakan ternak. Probiotik ini nantinya akan memberikan jaminan lebih untuk kesehatan ternakan anda, dan kesehatan ternak tentu memengaruhi kualitas panenan nanti.

Sehingga anda tidak melulu membeli probiotik di kios-kios ternak, karena dengan membuatnya sendiri anda sudah memberikan nutrisi alami untuk perkembangan ternakan menjadi lebih sehat secara alami. (Baca Juga: Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4)

Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa probiotik akan membantu ternakan bisa mempunyai nafsu makan bertambah. Sehingga dengan nafsu makan yang tinggi maka makin mudah bagi hewan ternak untuk berkembang dan mencapai berat badan lebih seperti yang di harapkan pembudidaya. Demikian langkah-langkah dari pembuatan probiotik alami yang telah di sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 16th, August 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak