Sponsors Link

5 Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer Dalam Proses Perawatannya

Sponsors Link

Burung kacer menjadi salah satu jenis burung hias ataupun burung kicauan yang memiliki banyak pengemar dimasyarakat saat ini. Bagi pemilik burung kacer untuk menghasilkan burung dengan kualitas yang baik tentu ada beberapa proses perawatan yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar yang salah satunya adalah aktivitas memandikan burung kacer dengan air garam. Berikut ini beberapa manfaat mandi air garam untuk kacer yang perlu dipahami agar dapat digunakan dengan baik dan benar oleh pemilik burung tersebut.

ads
  1. Membersihkan tubuh lebih baik

Penggunaan ramuan air garam dalam proses memandikan burung kacer dapat membantu memberikan efek bersih yang lebih baik dibandingkan hanya dengan menggunakan air biasa. Mandi menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh para pemilik burung dalam proses perawatannya untuk selalu menjaga kondisi kebersihan yang berkolerasi dengan kesehatan dari burung tersebut. Mandi dengan air garam tentu dapat lebih meluluhkan kotoran dibandingkan dengan air biasa karena sifat air garam yang mampu menyerap cairan di sekitarnya.(Baca juga : manfaat garam untuk burung lovebird)

  1.  Menjaga kesehatan bulu burung

Mandi dengan air garam dapat membantu lebih menjaga kondisi kesehatan bulu burung agar tetap terjaga dan kebersihannya mampu lebih baik dibandingkan dengan air biasa. Kesehatan bulu burung menjadi salah satu hal yang perlu diperlukan terutama pada burung hias sekaligus burung kicauan seperti burung kacer tersebut. Dengan kesehatan bulu burung yang terjaga maka kondisi penampilan burung tentu juga akan lebih baik. (Baca juga : cara mengobati kucing sakit lemas)

  1. Memberikan kenyamanan pada burung kacer

Manfaat mandi air garam untuk kacer lainnya selain menghadirkan kebersihan yang lebih baik juga dapat memberikan kenyamanan pada burung kacer terutama yang sedang dalam proses pertumbuhan bulunya. Kondisi rasa nyaman yang diberikan dalam proses mandi akan menjadikan burung tidak mudah mengalami keadaan stres yang menjadi salah satu permasalahan serius pada beberapa jenis burung termasuk burung kacer. (Baca juga : cara memelihara burung kakatua)

  1.  Mengatasi rasa gatal

Penggunaan air garam sebagai antiseptik memang sudah banyak dipahami dan hal tersebut juga berlaku untuk burung kacer. Manfaat mandi air garam untuk kacer lainnya adalah membantu mengatasi rasa gatal pada bagian kulit dan bulu burung tersebut. Rasa gatal yang muncul dapat hilang dan menjadikan burung akan lebih nyaman selama berada dikandang. Penggunaan air garam juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri maupun jamur sebagai salah satu penyebab kondisi sarang burung atau bulu burung yang gatal. (Baca juga : cara mengatasi ikan koi yang stress)

  1. Manfaat air garam untuk burung lainnya

Selain beberapa manfaat air garam yang disebutkan diatas tersebut, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari penggunaan air garam untuk memandikan burung. Manfaat manfaat tersebut diantaranya seperti menambah citarasa pada pakan burung, menjaga fungsi kerja otot dan tulang selalu dalam keadaan yang baik, mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengatur tingkat kelembapan pada sarang burung, serta dapat membuat bulu lebih kuat dan kesegaran serta berbagai nutrisinya terjaga. (Baca juga : manfaat pakan perkutut untuk lovebird)

Itulah beberapa manfaat mandi air garam untuk kacer yang perlu dipahami dan diketahui oleh setiap pemilik burung sehingga dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 17:39 Oleh :
Kategori : Burung