Sponsors Link

8 Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird

Sponsors Link

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Pemilik burung ini umumnya di dominasi oleh orang dewasa dan atau orang tua serta lebih sering sebagai burung hias saja suaranya yang khas membuat burung ini kian di gemari. Merawat burung perkutut terbilang cukup mudah dan tidak memperlukan biaya yang banyak atau mahal, sekitar hanya butuh perawatan harian saja seperti pemberian makanan atau vitamin serta perawatan tambahan lain yakni seperti proses penjemuran dan juga penangkaran.

ads

Seringkali pecinta burung perkutut ini ingin mempunyai perkututnya yang gacor maupun rajin bunyi. Nah, salah satu faktor utama untuk menjadikan perkutut milik anda gacor yaitu anda harus memberikan makanan yang berkualitas. Namun di samping itu semua, pakan perkutut ternyata mempunyai peran penting bagi lovebird.

Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird akan di sampaikan pada artikel ini. Beberapa jenis dari pakan perkutut yang harus anda berikan dan ternyata bermanfaat bagi burung lovebird bisa di simak di bawah ini. Tetapi sebelumnya, apa yang di maksud dengan lovebird yakni merupakan burung cinta satu dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gestang Pada Burung Lovebird)

Lovebird adalah burung yang mempunyai ukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 sampai dengan 60 gram, dan bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, dan untuk spesies “burung cinta kepala abu-abu” berasal dari negara Madagaskar.

8 Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird

1.Millet untuk Perbaikan Suara

Manfaat Pakan Burung Perkutut yang diberikan kepada Lovebird pertama ini adalah millet, mengandung banyak khasiat yang bagus untuk burung cinta. Apabila anda pecinta burung yang sudah lama tentunya mampu mengenal makanan jenis ini, karena millet adalah sejenis biji-bijian yang mempunyai warna putih dan kekuning-kuningan.

Jenis makanan ini sangatlah cocok untuk burung lovebird yang bermanfaat untuk mudahnya berkicau. Namun memberikan millet dalam jumlah berlebih juga mampu membuat lovebird malah malas untuk berkicau. Jadi, manfaat pakan perkutut jenis millet untuk lovebird ini adalah sebagai perbaikan suara. (Baca Juga: Manfaat Bayam Pada Burung Lovebird)

2.Jemawut untuk Proses Pertumbuhan

Jenis makanan perkutut selanjutnya yang mempunyai manfaat banyak untuk lovebird adalah Jemawut. Memang sedikit asing untuk pemulanya, jemawut adalah satu makanan utama untuk burung perkutut dan masuk ke dalam jenis biji-bijian mirip seperti milet. Namun ada sedikit perbedaan dari millet yaitu untuk warna jewawut sendiri adalah orange.

Untuk kandungannya sendiri, jemawut kaya akan protein sangat tinggi sehingga jenis makanan ini kerap di rekomendasikan untuk lovebird juga. Manfaat jemawut untuk lovebird sendiri adalah sebagai proses pertumbuhan agar lebih cepat.

3.Ketan Hitam untuk Menghangatkan

Ketan hitam merupakan pakan perkutut yang bisa di rekomendasikan untuk lovebird dan banyak manfaatnya. Ketan hitam akan membantu burung lovebird menghangatkan tubuhnya, sehingga bagus sekali di berikan pada cuaca yang dingin atau ketika dalam kondisi yang kurang sehat. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird)

4.Kacang Hijau untuk Pembentukan Kecerdasan

Makanan utama perkutut yang selanjutnya adalah kacang hijau, bisa anda berikan pada Lovebird yang bisa di berikan secara rutin karena dapat membantu burung cinta tumbuh dengan cepat. Selain itu manfaat kacang hijau yang lainnya yakni sebagai pembentuk otak makin cerdas sehingga burung kian pandai.

Sponsors Link

Pemberian kacang hijau ini bisa dengan cara di loloh secara langsung. Untuk aturan perendamannya sendiri bisa dengan antara waktu 6 sampai dengan 8 jam, tunggu sampai kacang hijau benar-benar berkembang dan sedikit empuk.

5. Beras Merah untuk Perkembangan Reproduksi

Makanan utama untuk perkutut yang lainnya adalah beras merah, di dalamnya mengandung beberapa yang bermanfaat bagi lovebird. Beras merah bagus sekali untuk perkembangan bagi lovebird. Kandungan zat yang ada pada beras merah yakni berupa vitamin E adapun fungsinya berguna untuk membantu perkembangan reproduksi burung perkutut. (Baca Juga: Ramuan Untuk Lovebird agar Ngekek Panjang)

6.Gabah untuk Menambah Berat Badan

Manfaat yang didapatkan Burung Lovebird ketika mengkonsumsi pakan perkutut lainnya adalah gabah, yang berguna sekali untuk menambah berat badan lovebird.

7.Sorgum untuk Menambah Tenaga

Bagi sebagian orang mungkin sedikit asing mendengar pakan yang satu ini. Sorgum menjadi pakan perkutut yang bermanfaat bagi lovebird. Adapun manfaat dari sorgum sendiri untuk burung cinta atau lovebird adalah menambah tenaga.

8.Enceng-Enceng untuk Melancarkan Pernapasan

Tahukah anda bahwa enceng-enceng merupakan tanaman yang bisa di berikan pada perkutut dan manfaatnya luar biasa bagi lovebird. Adapun manfaat dari enceng-enceng untuk lovebird di antaranya dapat melancarkan pernapasan serta menghangatkan tubuh burung. (Baca Juga: Cara Burung Lovebird Cepat Bertelur)

Lantaran begitu banyak jenis pakan perkutut, anda bisa memberikan pada burung lovebird juga karena manfaatnya berlimpah. Merawat burung memang gampang-gampang susah, tetapi tidak ada salahnya untuk di coba. Demikianlah Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird, terdapat 8 jenis pakan yang bisa anda coba untuk di berikan pada burung cinta. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, January 2019 / 00:18 Oleh :
Kategori : Burung