Sponsors Link

8 Manfaat Kacang Ijo untuk Perkutut

Sponsors Link

Memelihara burung menjadi aktivitas cukup menarik, menolong anda di sela-sela waktu luang karena harus di sibukkan dengan perawatannya. Ada banyak burung yang bisa di pelihara, seperti perkutut. Tidak berbeda dengan burung yang lainnya, perawatannya juga harus tepat agar tetap sehat. Perkutut merupakan salah satu jenis burung dengan spesifikasi penggemar tersendiri. Tidak banyak orang yang memelihara burung jenis ini sebagai burung kicau lantaran suaranya yang bisa di bilang monoton. Kendati demikian, burung perkutut dipercaya bisa memberikan kesuksesan, kedamaian serta ketenangan hidup bagi pemiliknya. Hal inilah yang membuat burung perkutut tetap mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung.

ads

Perkutut mempunyai lama latin Geopelia sriata, dan burung perkutut terdiri dari beragam jenis spesies. Akan tetapi, di kalangan para pencinta burung sendiri ada dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal adalah pilihan yang banyak diminati karena dipercaya memiliki kekuatan lebih bagi pemiliknya. Sementara burung perkutut bangkok lebih disukai lantaran kicauannya.

Burung yang mudah gacor akan membawa keberuntungan pada waktu di lombakan. Tetapi anda harus melatihnya terlebih dahulu agar tidak sekedar gacor namun bersuara indah. Untuk itu pemilihan pakan juga harus benar dan tepat, anda bisa memberikan kacang ijo sebagai pakan perkutut. (Baca Juga: Ternak Perkutut Bangkok)

Kacang hijau mempunyai nama latin Vigna radiata, dan termasuk ke dalam jenis Fabaceae. Kacang hijau juga masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong serta kacang kedelai. Di Indonesia sendiri, kacang hijau biasa dikonsumsi dan juga diolah menjadi bubur serta makanan olahan lainnya. Tetapi kacang ijo juga bisa di jadikan sebagai pakan burung, dan untuk yang masih mentah.

Ada banyak Manfaat Kacang Ijo untuk Perkutut, karena kandungan di dalam kacang ijo cukup berlimpah. Adapun yang harus di ketahui, kandungan di dalam kacang ijo seperti nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal sebagai makanannya para tentara agar kebutuhan nutrisinya tetap terjaga baik dan terpenuhi, fisiknya kuat, otak makin cerdas.

8 Manfaat Kacang Ijo untuk Perkutut

1.Membantu Fungsi Metabolisme

Salah satu manfaat dari kacang ijo untuk burung perkutut yakni membantu memperbaiki fungsi metabolisme perkutut. Jadi, tidak hanya manusia saja yang perlu perbaikan metabolisme namun burung juga. Hal ini karena kacang ijo mempunyai kandungan folat sebesar 159 µg/100 gr dan juga vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. (Baca Juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Perkutut)

2.Membantu Pembentukan Sel Otot

Manfaat Kacang Ijo yang diberikan kepada Perkutut lainnya yakni membantu dalam pembentukan sel-sel otot agar kuat. Kacang ijo kaya akan protein untuk setiap gramnya, jadi mampu menjadi sumber tenaga bagi burung perkutut.

3.Mencegah Jantung Bagi Perkutut

Kacang ijo juga mempunyai manfaat untuk mencegah dari penyakit jantung. Dalam suatu studi mengungkapkan bahwa kacang ijo bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh perkutut. Hal ini karena kacang ijo mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, serta mengurangi pembengkakan. (Baca Juga: Cara Ternak Perkutut Agar Cepat Bertelur)

4.Meningkatkan Kekebalan

Kacang ijo bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien yang terkandung didalamnya akan bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu untuk meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan masih banyak lagi.

Sponsors Link

5.Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada saatnya pemilik perkutut saking sayangnya sampai lupa mengontrol takaran pakan sehari-hari yang pas untuk burung. Sehingga yang terjadi malah berlebihan dalam memberikan pakan dan efeknya burung perkutut memang berkembang baik namun kelebihan berat badan. Hal ini akan membuat anda kesulitan nantinya karena kondisi bobot yang berlebih akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu anda bisa mengatasinya dengan memberikan kacang ijo, karena jenis kacang satu ini bisa membantu menurunkan berat tubuh perkutut atau bobot.

6.Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain kacang ijo masih cukup banyak, seperti untuk melancarkan pencernaan. Sehingga anda perlu memberikan kacang ijo agar pencernaan burung lancar dan aman. Hal ini memudahkan perkutut untuk makan serta mengeluarkan kotoran. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok)

7.Membunuh Racun

Khasiat kacang ijo adalah membantu menguras racun di dalam tubuh perkutut. Sehingga kacang ijo bagus di berikan pada saat burung perkutut anda tengah sakit, racun-racun di dalamnya akan di basmi oleh kacang ijo tersebut.

8.Membantu Cepat Gacor

Nah, sedangkan untuk khasiat yang paling di cari dari kacang ijo untuk perkutut adalah untuk membantu burung cepat gacor. Ini adalah hal baik bagi anda yang telah menunggu-nunggu sang kesayangan memunculkan suara. Semakin rajin anda memberikannya serta melatih setiap hari dengan tlaten akan cepat bagi perkutut mempunyai kicauan indah melengking. (Baca Juga: Tips Merawat Perkutut di Musim Hujan)

Butuh ketlatenan untuk merawat burung, selain memberikan perawatan baik agar berkembang sehat juga harus membantu mengatasi segala kondisi pada burung yang akan terjadi nantinya misalnya seperti sakit. Demikian 8 Manfaat Kacang Ijo untuk Perkutut, semoga anda memahami dan informasi ini membantu pembaca semua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 01st, January 2019 / 16:55 Oleh :
Kategori : Burung