Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan

Sponsors Link

Banyak orang menyimpan kegemaran masing-masing, dan sebagian mungkin di dunia kicau. Ternak atau sekedar memelihara burung memang aktivitas pas, baik secara waktu atau kesenangan. Banyak jenis burung yang bisa di pelihara, jadi tidak harus mahal. Dengan memelihara burung, waktu luang anda pun juga akan terisi oleh aktivitas ini, mulai dari memberikan pakan minum sampai dengan masalah perawatan yang lainnya.

ads

Beberapa jenis burung yang bisa di pelihara seperti burung murai batu, burung cucak ijo, burung cucak rowo, burung pentet, dan beberapa jenis burung lainnya termasuk burung kutilang atau trucukan. Burung Trucukan merupakan salah satu jenis burung yang cukup diremehkan dan kurang dipedulikan oleh sebagian penghobi burung kicau. Akan tetapi banyak juga dari mereka yang masih saja menyukainya sehingga di pasaran burung trucukan sering tersedia dalam jumlah yang besar dan dengan harga yang diberikan cukup murah.

Lantaran burung trucukan merupakan salah satu jenis burung yang serumpun dan mempunyai suara ropelan yang mirip dengan burung cucak rowo, maka banyak orang lebih memilih burung ini untuk di jadikan sebagai pemancing agar burung cucak rowo yang di milikinya mau mengeluarkan ropela. Tentu cukup menguntungkan bukan? Namun disisi lain dari itu, beberapa orang juga mencari bagaimana cara menghilangkan Suara Kutilang pada Burung Trucukan. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Kutilang)

Oleh karena itu anda bisa menyimaknya pada artikel kali ini. Beberapa hal akan di sampaikan mengenai Cara untuk Hilangkan Suara Kutilang Pada Trucukan. Memang untuk kualitas volume suara, burung trucukan masih jauh di bawah burung cucak rowo yang memiliki volume suara keras, tebal mampu terdengar sampai radius 50meter. Tetapi dengan harga yang  jauh lebih murah, trucukan yang paling tepat.

Sedangkan soal bagaimana cara untuk menghilangkan suara Kutilang yang terjadi pada Burung Trucukan, tidak sesulit yang di bayangkan namun juga tidak sangat mudah. Trucukan mempunyai karakter yang mudah jinak dan cepat dalam beradaptasi, untuk itu anda tak perlu kuatir burung ini stress atau mengalami masalah psikis lainnya. Berbeda dengan kebanyakan burung lainnya, apabila baru kenal dengan lingkungan baru butuh waktu untuk beradaptasi, tak jarang banyak yang stres dan mati. Tetapi tidak untuk trucukan semudah itu, dan yang perlu anda ketahui, harga burung trucukan mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 100.000 tergantung dari setiap wilayah atau daerah. Berikut ini adalah beberapa cara yang harus anda coba.

7 Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan

1.Pilihlah Trucukan Lolohan

Untuk mempermudah jalan anda menghilangkan suara kutilang, yang pertama tips untuk anda dan sangat tepat adalah dengan memperhatikan pemilihan. Pilihlah burung trucukan yang masih piyik atau lolohan. Disaat usianya yang masih kecil, otomatis lebih mudah bagi anda melatih agar tidak bersuara kutilang. Karena berbeda dengan jenis yang lebih dewasa sudah terbiasa dengan suara aslinya jadi sedikit sulit. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Kutilang)

2.Jauhkan dengan Indukan

Sebisa mungkin jauhkan dari indukan. Hal ini bertujuan agar anakan tidak mendengar suara sang induk dengan suara aslinya. Apabila tetap di dekatkan, maka sulit untuk merubah suara kutilang dari burung ini.

3.Dekatkan dengan Burung Lain

Nah, tips yang ketiga atau Cara Menghilangkan Suara Kutilang Pada Burung Trucukan adalah dengan mendekatkannya dengan burung yang lain. Karena cara ini mudah mengadaptasikan trucukan dengan suara burung lain yang gacor. Perlahan akan mengikuti suara burung lain dan suara kutilang akan hilang. (Baca Juga: Cara Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu)

Sponsors Link

4.Ajak Bersiul

Anda harus bisa bersiul, menghibur burung trucukan sekaligus membiasakan dengan suara lain (bukan suara kutilang seperti pada burung yang dewasa). Langkah bersiul membantu burung untuk mempunyai suara berbeda dan lain lagi. Jadi anda bisa memulai dari mengajaknya bersiul setiap paginya.

5.Berikan Voer

Berikan pakan berupa voer untuk membantu mempercepat suaranya. Sehingga anda akan bisa melihat apakah suara trucukan masih terikat kutilang atau telah berbeda. Selain voer anda bisa memberikan tambahan pakan lain seperti milet. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Burung Kepodang)

6.Berikan Vitamin

Bantu anakan trucukan atau yang masih lolohan dengan vitamin. Anda bisa membelinya pada kios burung dengan harga terjangkau, ada yang di campurkan ke dalam minumannya atau pada makanannya. Tetapi lebih banyak di campur pada minumannya. Vitamin mampu membantu memperbaiki kualitas suara burung. Termasuk pada burung trucukan yang bermaksud untuk hilangkan suara kutilangnya, jadi vitamin ini membantu memperkuat suaranya.

7.Dekatkan Sangkar dengan Burung Lain

Dengan mendekatkan sangkar trucuhan lolohan dengan sangkar burung peliharaan lain, maka anakan burung trucukan akan merasa bagian dari spesies mereka. Ini akan membantu menghilangkan suara kutilangnya. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor)

Itulah 7 cara Menghilangkan Suara Kutilang pada Burung Trucukan yang bisa Anda terapkan sendiri pada masing-masing burung Trucukan kesayangan sesegera mungkin, hal ini dikarenakan kalau memang suara sebenarnya dari burung itu Indah, maka rasanya kurang pas kalau burung tersebut memiliki suara lain. Anda perlu mencobanya, dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 30th, December 2018 / 17:48 Oleh :
Kategori : Burung