Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Stres Pada Burung Hantu

Sponsors Link

Burung hantu merupakan spesies unggas yang jarang di temui secara langsung. Berbeda dengan jenis burung lainnya, banyak di pelihara dan di temui. Burung hantu atau owl ini mempunyai fisik chubby, terutama pada wajahnya. Matanya yang bulat melotot seringkali membuat orang ketakutan. Tak jarang orang mengenalnya dengan nama burung hantu di sebagian nusantara ini. Akan tetapi tidak berarti semua wilayah mengenalnya dengan sebutan itu.

ads

Banyak orang mengkaitkan burung ini dengan mistis atau hantu, oleh karena itu nama burung hantu beberapa di gunakan. Sejatinya burung ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan setan, hanya saja pembawaan rautnya yang seram menjadi orang menilai hal demikian. Selain mata yang melotot, leher burung hantu dapat berputar hingga 180 derajat. Memang jarang sekali orang memelihara owl.

Bukan berarti tidak boleh di pelihara, tetapi pada umumnya burung ini tak selincah burung gacor lain. Sedangkan alasan utama seseorang memelihara burung yakni melatih kicauannya agar bisa diikutkan lomba dan memenangkan kontes. Adapun beberapa jenis burung yang sering di pelihara adalah seperti burung perkutut, jalak, pentet, cucak ijo, kenari dan masih banyak lagi. Jadi sangat boleh sekali bagi anda yang ingin memelihara owl, dan tetapi anda pun juga harus mengerti karakteristik setiap jenisnya. (Baca Juga: Cara Mengobati Frounce Pada Burung Hantu)

Tak terkecuali burung hantu yang bisa saja mengalami stres, karena terbiasa lepas di alam bebas. Cara menghilangkan Stres pada Burung Hantu akan di sampaikan pada halaman ini. Sehingga sedikit atau banyak anda akan terpandu oleh artikel ini, seperti berikut:

7 Cara Menghilangkan Stres Pada Burung Hantu

1.Berikan Kandang Luas

Burung hantu yang pertama kali di pelihara memang harus beradaptasi, salah satu yang harus anda lakukan agar tidak stres adalah dengan memberikan kandang dengan ukuran cukup besar. Jika umumnya anda menaruh burung peliharaan lain di sangkar, maka sebaiknya owl di buatkan kandang sendiri dengan ukuran lebih besar. Cara ini untuk membantu owl beradaptasi bagi yang baru saja di pelihara sampai benar-benar bisa mengenal lingkungan baru. Ukuran kandang yang luas membuatnya leluasa beterbangan kesana kemari. (Baca Juga: Cara Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu)

2. Suplai Vitamin

Berikan vitamin tambahan untuk burung hantu, tujuannya memberikan nutrisi di dalam tubuh agar tidak mudah lelah dan stres. Vitamin ini bisa anda beli di kios pakan burung, biasanya jenisnya sama untuk semua burung.

3. Mandikan Setiap Hari

Memandikan burung setiap hari sudah menjadi bagian dari memelihara. Tetapi untuk cara memandikan burung satu ini maksudnya yakni memandikan lebih sering dari umumnya atau biasanya. Semisal dalam sehari burung akan di mandikan dua kali, maka ketika menghadapi owl tengah stres mandikan pula satu kali lagi di siang hari sebagai tambahannya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Baru Pada Burung Hantu)

4. Menjemur

Vitamin D sangat baik untuk perkembangan burung hantu. Nutrisi dari vitamin D murni sendiri bisa di dapatkan dari pencahayaan langsung sinar matahari. Lakukan penjemuran di pagi hari saat matahari mulai muncul yakni sekitar jam 8 pagi. Jangan terlalu lama, cukup 15 menit saja. Saat penjemuran jangan lupa sediakan pakan dan air di dalam sangkar, dan setelah melakukan penjemuran anda bisa memindahkan lagi owl pada kandang aslinya yang di buat lebih luas.

Sponsors Link

5.Ajak Bersiul

Entah bagaimana cara owl bersiul, bisa atau tidaknya sejauh ini burung hantu di kenal diam. Burung pemakan daging ini tidak pernah menunjukkan suara gacorannya. Tapi anda tidak perlu khawatir, ajaklah berkenalan supaya lebih akrab dengan lingkungan baru dengan bersiul di dekatnya. Cara ini memberikan variasi pada fikirannya yang merasa gundah di dalam kandang, sehingga mampu mengobati stres. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Burung Hantu)

6. Dekatkan dengan yang Lain

Apabila burung hantu anda stres, maka usahakan mencarikan pasangan. Jika yang anda miliki betina maka carikan yang jantan dan sebaliknya. Cara ini yang cukup ampuh mengobati stres burung hantu itu sendiri. Biasanya burung yang stres lantaran ingin kawin, nah caranya dengan mendekatkan dengan jenis kelamin berbeda tetapi tetap pada kandang masing-masing.

7. Pijahkan

Masa pemijahan ini adalah waktu di mana owl di kawinkan atau di jodohkan. Setelah mengalami masa perkenalan dengan lawannya, maka burung yang stres akan menampakkan jati dirinya. Jika stres karena ingin kawin maka akan klabakan tak karuan. Saat-saat ini lah ketika terjadi maka yang harus anda lakukan adalah dengan memasukkan keduanya dalam satu kandang. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Hantu di Rumah)

Itulah ketujuh cara menghilangkan Stres pada Burung Hantu, memang sedikit susah memelihara jenis burung satu ini sebab memang Ia menjadi salah satu spesies burung pemakan daging, meski begitu ada rasa kebanggaan tersendiri kalau bisa menaklukkan burung ini. Dikarenakan ini merupakan hewan Karnivora, maka otomatis entah sedikit atau banyak anda harus sesekali memberikan daging atau minimal dua hari sekali meskipun burung hantu milik Anda benar-benar sudah bisa memakan biji-bijian dan buah-buahan. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 30th, December 2018 / 17:22 Oleh :
Kategori : Burung