Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bau Pada Burung Hantu

Sponsors Link

Burung hantu merupakan spesies burung yang banyak di takuti, terutama anak kecil. Jenis burung ini memakan daging, jadi memang cukup berbeda dengan burung peliharaan lain seperti kenari, perkutut, beo, pentet, dan beberapa jenis yang lainnya. Selain itu memang pada kenyataannya burung hantu atau owl ini jarang di pelihara rumahan. Namun untuk sebagian orang yang menyukai dunia burung, tidak akan menjadi masalah jika memelihara owl tersebut. Jika di amati memang menakutkan, burung hantu mempunyai bola mata lebar dan bulat sekali. Ketika memandang atau menatap sangat tajam sekali. Apalagi lehernya yang sangat lentur membuatnya mampu memutar sampai 180 derajat semakin membuat banyak orang merinding.

ads

Sebenarnya bukan secara umum nama “burung hantu” ini. Di beberapa wilayah, owl mempunyai nama lain. Namun untuk sebagian besar di satu sisi nusantara ini menyebutnya dengan nama burung hantu lantaran wajahnya dinilai cukup menyeramkan. Nah, bagi anda sendiri yang ingin memeliharanya tentu harus tahu betul apa-apa yang harus di lakukan. Salah satunya yakni tidak lupa memberikan perhatian lebih, memberikan pakan tepat waktu dan gizi yang seimbang. Sebagai pecinta burung tentunya anda sudah mengerti tahapan-tahapan yang di butuhkan untuk owl bisa tumbuh sehat. Tetapi jangan lupa untuk membersihkan kotorannya pula, biar bagaimanapun burung mempunyai aroma khas.

Bagaimana cara menghilangkan Bau pada Burung Hantu? Bukan hal mudah dan bukan pula suatu hal yang sulit. Memelihara burung hantu bisa di katakan gampang-gampang-susah. Jika di nikmati, kesenangan ini menjadi hobi cukup menarik. Untuk cara menghilangkan baunya, akan di sampaikan di bawah berikut solusi yang tepat. (Baca Juga: Cara Mengobati Frounce Pada Burung Hantu)

8 Cara Menghilangkan Bau Pada Burung Hantu

1. Rajin Memandikan

Salah satu hal umum untuk membersihkan badan burung adalah dengan memandikannya. Dengan beginilah maka kotoran seperti debu atau polusi yang di bawa oleh udara dan menempel pada tubuhnya akan hilang atau luntur. Nah, cara untuk memandikan burung hantu itu sendiri tidak jauh-jauh seperti anda memandikan burung rumahan pada umumnya yakni dengan menyemprot air dalam botol semprot. Dengan menggunakan botol sprai ini, memandikan burung tidak dengan mengguyurkan air banyak sebab malah bisa menimbulkan kedinginan berlebih padanya dan lama kelamaan akan mati.

2. Membersihkan Kandang

Selain memandikan, jangan lupa pula untuk membersihkan kandang atau sangkar. Perlu di ketahui bahwa kotoran burung hantu yang tidak segera di buang akan menyebarkan bau tak sedap dan makin lama akan menempel pada tubuh burung hantu tersebut. Lagipula aromanya tentu akan menempel dan pekat sekali. Sehingga hal ini akan menyebabkan penciuman terasa sakit. (Baca Juga: Cara Mencegah Tetelo Pada Burung Hantu)

3. Cuci Sangkar

Bila burung hantu anda berada dalam sangkar, jangan hanya membuang kotorannya dari kandang saja. Akan tetapi anda juga harus rajin mencuci kandangnya, yakni memindahkan terlebih dahulu burung hantu pada tempat lain lalu guyur sangkar dengan air dan gosoklah menggunakan sabun. Setelah itu bilas sampai bersih dari sisa sabun.

4. Jemur Kandang

Untuk menghilangkan bau pada Burung Hantu adalah Anda harus menjemur kandang yang telah di cuci. Terkadang ada yang hanya memberikan lap setelah di cuci, namun yang terbaik adalah di jemur untuk terpapar sinar matahari agar benar-benar kering dan hasilnya higinis. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Burung Hantu)

Sponsors Link

5. Rutin Mengganti Pakan dan Minum

Bukan hanya kandang dan burung yang perlu di cuci, tetapi pakan serta minumnya juga harus sering di ganti karena ini menjadi salah satu cara yang harus diterapkan. Oleh sebab itulah sebaiknya anda memberikan pakan secukupnya dalam sehari dan juga minumnya. Dengan begitu setiap hari air juga makanannya bisa rutin di ganti.

6. Bersihkan Tempat Pakan dan Minum

Cara lainnya untuk menghilangkan bau pada burung hantu adalah dengan mencuci tempat pakan dan minumnya. Setiap pergantian pakan dan minum, bersihkan pula wadahnya sampai benar-benar tidak ada kotoran yang menempel. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Hantu di Rumah)

7. Semprot dengan Parfum

Dengan jarak yang tidak terlalu dekat, semprotlah kandang beserta burung dengan parfum. Ini adalah cara yang akan menekan bau tak sedap muncul. Minimal akan memberikan aroma sedikit wangi.

8. Letakkan Pengharum di Kandang

Selain parfum, letakkan pula pengharum di kandang. Berbeda dengan parfum, pengharum yang di letakkan di kandang akan lebih tahan lama. Anda bisa menggunakan aroma buah citrus seperti jeruk, lemon atau stroberi untuk menguras bau tak sedap yang akan datang lagi. (Baca Juga: Jenis Penyakit Pada Burung Walet)

Dengan menerapkan 8 cara di atas, maka akan baik bagi kondisi burung serta kandangnya sendiri juga akan terbebas dari bau tidak sedap. Memelihara burung memang harus tlaten membersihkan baik kandang, burung sampai dengan kotorannya sekalipun. Demikianlah cara menghilangkan bau pada Burung Hantu yang bisa Anda terapkan sendiri pada burung peliharaan masing-masing, jika bulunya indah namun baunya tidak sedap percuma saja bukan? Semoga artikel ini sangat membantu dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 28th, December 2018 / 12:20 Oleh :
Kategori : Burung