Sponsors Link

Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit

kelinci sakit

Kelinci adalah salah satu hewan jinak, mempunyai ciri khas telinga yang panjang dan terlihat cantik. Hewan lucu ini banyak dijadikan sebagai peliharaan dirumah, lantaran mempunyai face menggemaskan tak kalah halnya kucing. Nah, sejauh ini selain kelinci hewan jinak yang tak kalah menjadi piaraan adalah anjing dan kucing. Sebelumnya juga telah disampaikan mengenai cara bermain dengan kucing dirumah mengingat banyaknya yang belum mengerti akan cara mengajak kucing bermain yang benar. Selain itu, juga telah di bahas mengenai cara melatih anjing kampung agar pintar untuk memberikan gambaran mengenai teknik mengajarkan anjing supaya cerdas.

Tidak kalah dengan kedua jenis hewan tersebut, bahwa kelinci juga menjadi incaran bagi pecintanya. Banyak yang merawat kelinci dengan sepenuh hati lantaran terlalu cintanya dengan hewan lucu tersebut. Lalu bagaimana dengan anda, mungkin saja salah satu pecinta kelinci. Sebagai seorang majikan, tentunya anda harus segera melakukan sesuatu ketika melihat kelinci anda sedang sakit. Seperti apakah Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit tersebut? Berikut ini adalah beberapa langkah sebagai pertolongan pertama ketika mendapati kelinci yang sedang sakit.

Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit

1. Pindah Pada Tempat yang Lebih Layak

Kebanyakan orang, meskipun sesayang-sayangnya pada kelinci tetap saja sebuah hewan, dan tidak mungkin diberikan tempat tidur layaknya manusia. Itu sebabnya kelinci selalu menempati kandang, dan karena hewan selalu membuang kotoran (besar atau kecil) tidak seperti manusia, ternyata kencing kelinci memang lebih menyengat dibandingkan kucing.

Dengan demikian, apabila anda tidak rajin membersihkan akan menjadi kumuh, dan menyebabkan sarang penyakit. Salah satu yang harus anda lakukan ketika melihat kelinci yang sakit adalah dengan menempatkan pada tempat yang lebih layak. Misalnya yakni kandang yang sudah dibersihkan, dan usahakan menambah alas untuk tidurnya.

2. Memandikan Kelinci

Jangan lupa, untuk menangani kelinci yang sedang sakit anda harus membersihkan badannya terlebih juga disamping hal-hal yang lain. Jangan menggunakan air dingin, gunakan air hangat asalkan tidak terlalu panas dan gunakan sabun tangan untuk mencuci badannya. Tujuan ini untuk membersihkan badannya dari kotoran dan debu yang memungkinkan penyakit bisa semakin bertambah.

Setelah itu, bersihkan dengan handuk khusus kelinci yang bersih karena jika tidak, maka akan sama saja kotoran tetap kembali lagi menempel. Jadi usahakan handuk yang diberikan adalah yang bersih. Dan ketika kelinci sedang hamil, jangan lupa untuk menerapkan tips merawat kelinci hamil berikut dengan benar.

3. Jemur

Lakukan penjemuran pada kelinci, bukan disiang hari saat matahari panas-panasnya. Akan tetapi yang paling tepat melakukan penjemuran pada kelinci adalah pagi hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 09.00 menjadi jam-jam yang tepat. Sementara itu untuk durasi penjemurannya sendiri, yakni kurang lebih 20 menit dan jangan sampai lebih.

Sinar matahari di pagi hari tersebut memberikan efek baik untuk tubuh kelinci, memberikan vitamin D alami dan membunuh semua bakteri jahat. Lalu, apakah cara ini tidak hanya untuk seekor burung? Tidak selalu bahwa menjemur itu hanya dilakukan untuk burung, tetapi kelinci pun juga bisa dijemur ketika sedang sakit. Nah, untuk tips memelihara burung sebelumnya sudah dibagikan tips sebelum memelihara burung beo, tips memelihara burung jalak kapas bagi pemula, hingga cara menjaga warna burung kenari agar tetap bagus yang mana langkah ini juga ada tahap penjemuran.

4. Lakukan Vaksin

Jika kelinci anda sedang sakit, langkah pertama sebagai pertolongan yakni dengan segera melakukan vaksinasi. Langkah ini harus dilakukan oleh dokter hewan, sehingga tugas anda adalah membawanya ke dokter dan sampaikan keluhan anda mengenai kelinci kesayangan. Vaksin diberikan untuk membunuh semua penyakit yang sudah terlanjur masuk pada tubuh kelinci hingga membuatnya sakit.

5. Berikan Obat

Resep obat untuk mengatasi kelinci yang sedang sakit bisa anda beli pada petshop terpercaya, dan jangan lupa konsultasikan dosis atau takaran yang tepat. Ini termasuk salah satu Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit, atau mungkin manfaat air kelapa untuk burung kenari yang mungkin juga cocok diberikan pada kelinci dalam membuang racun didalam tubuhnya. Ya, karena sifat air kelapa adalah untuk membunuh semua racun yang telah merasuk di dalam tubuh.

6. Berikan Vitamin

Tips selanjutnya untuk menangani kelinci yang sedang sakit adalah dengan memberikan vitamin, sama halnya obat bahwa vitamin ini dapat anda beli di petshop. Harganya terjangkau, anda bisa menanyakan pada pemilik petshop mengenai vitamin yang pas dan cocok lantaran jenis vitamin yang tentunya lebih dari satu. Vitamin tidak melulu instan, bahwa buatan pun bisa karena lebih alami. Manfaat kencur untuk murai batu, mungkin dapat anda simak dan mencoba menerapkan untuk si kelinci.

7. Suplai Makanan Bergizi

Jangan pernah lupa bahwa makanan adalah hal pokok yang harus ada dan harus diberikan pada kelinci. Biasanya penyakit datang bukan saja dari hal lain tetapi juga dari faktor pakan yang diberikan, mungkin saja kebersihan kurang atau gizi yang tidak bisa di penuhi oleh tubuh si kelinci.

Betapa amat disayangkan jika anda memelihara kelinci tidak serta merta memberikan gizi yang seimbang dan dibutuhkan tubuhnya. Oleh karena itu Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit adalah dengan memberikan pakan-pakan bergizi sebagai suplainya.

Demikianlah yang dapat disampaikan terkait pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika Kelinci sedang sakit. Namun kalau berkelanjutan sebaiknya dibawa saja ke Dokter. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 14th, August 2019 / 20:30 Oleh :
Kategori : Kelinci