Sponsors Link

7 Makanan Kelinci Anggora Agar Cepat Besar

Makanan Kelinci

Kelinci, tentu semua orang tahu dan sudah tidak asing dengan hewan yang satu ini tentunya. Tergolong hewan jinak, kelinci merupakan mamalia dari famili Leporidae, yang mana dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Adapun cara berkembangbiak si kelinci adalah dengan cara beranak yang disebut vivipar. Jika melihat dari terdahulunya, kelinci memang menjadi hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Selanjutnya pada perkembangannya, yakni di tahun 1912 kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha.

Saat ini jumlah kelinci terbagi atas hewan peliharaan dan hewan pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai hewan pedaging juga ada yang dijadikan hewan peliharaan, tetapi jarang sekali untuk jenis kelinci peliharaan yang dijadikan sebagai pedaging. Salah satu jenis kelinci yang mempunyai ciri cantik adalah anggora, banyak yang menginginkannya lantaran sebagai jenis ini tentu bulunya cukup tebal dibandingkan yang biasa.

Sebagaimana seekor kucing, melihat dari banyaknya ragam jenis salah satunya adalah kucing anggora seperti yang telah anda ketahui. Kucing anggora mempunyai bulu indah, berbeda dengan kucing kampung biasa. Untuk soal kucing, ada beberapa hal yang bisa anda pelajari yakni Cara Bermain dengan Kucing Dirumah.

Kembali soal kelinci anggora, jika anda mempunyai dirumah tentu akan memelihara dengan sepenuh hati. Salah satunya mungkin dengan mencarikan Makanan Kelinci Anggora agar cepat tumbuh besar. Nah, tentu anda memerlukan referensi dan mungkin Jenis Telur Ikan untuk Makanan bisa anda pelajari. Makanan untuk kelinci anggora dapat anda simak dari beberapa poin berikut ini:

Makanan Kelinci Anggora

1. Rumput

Sebagaimana yang telah anda ketahui jika kelinci merupakan hewan herbivora. Di  habitat aslinya seekor kelinci memakan rumput-rumputan, baik yang sudah dewasa maupun yang masih berusia kecil. Bagi anda yang kurang paham cara untuk mengetahui usia kelinci, sebelumnya sudah disampaikan mengenai Cara Menghitung Umur Kelinci yang bisa anda simak kembali. Mengapa rumput menjadi pakan kelinci? Karena pada habitat aslinya, kelinci hidup liar dan menjadi hewan pemakan tumbuhan sehingga mereka akan memakan rumput untuk bertahan hidup.

Didalam sebuah rumput ini, terdapat kandungan serat baik untuk masa pertumbuhannya. Namun di dalam memilih Makanan Kelinci Anggora agar tumbuh besar anda harus bisa memfilternya. Beberapa jenis rumput yang cocok yakni sintrong, rumput legetan atau rumput bandotan. Ketiga jenis rumput tersebut sering atau banyak dipakai untuk makanan kelinci.

2. Hay (Rumput Kering)

Namanya hay, adalah rumput kering yang menjadi makanan untuk kelinci baik biasa ataupun anggora. Rumput ini mampu menunjang pertumbuhan kelinci anggora dan membuatnya cepat besar. Rumput kering ini tidak mengandung banyak kadar air sehingga anda wajib menyediakan air yang cukup di wadah minum si kelinci. Rumput kering atau hay ini mempunyai banyak khasiat seperti serat dan vitamin yang cukup bagus untuk anak kelinci ataupun kelinci dewasa.

3. Pelet

Makanan Kelinci Anggora selanjutnya, anda bisa memberikan pelet. Biasanya pelet ini banyak di pakai oleh orang-orang yang super sibuk dan tidak sempat mencarikan rumput atau yang berada di kota-kota besar sehingga kesulitan mendapatkan rumput. Jadi, pakan yang biasa di siasati adalah dengan memberikan pelet. Harga yang terjangkau bisa di dapatkan (dibeli) di petshop. Bukan sebagai pakan tambahan, nyatanya pelet juga baik diberikan untuk anggora dan kandungannya sangat berperan penting di dalam tubuh kelinci.

4. Wortel

Untuk jenis pakan selanjutnya anda sudah tidak asing, dan mayoritas kelinci selalu di identikkan dengan pakan wortel. Padahal tidak selalu begitu? Tetapi, wortel menjadi salah satu jenis pakan yang dapat diberikan pada kelinci. Wortel bisa diberikan dengan cara di potong-potong agar tidak menyulitkan kelinci pada saat memakannya. Kandungan gizi serta vitaminnya mampu memberikan kesehatan serta mempercepat kelinci untuk besar.

5. Kangkung

Jenis sayuran lain yang bisa diberikan pada kelinci sebagai pakan penumbuh besarnya adalah kangkung. Sayuran kangkung ini mengandung banyak air, namun jika terlalu banyak diberikan juga tidak bagus dan bisa membahayakan kelinci. Kangkung bisa menjadi pakan tambahan saja, jangan terlalu sering diberikan dan untuk mengimbangi kebutuhan tubuh si kelinci saja. Karena jika terlalu sering maka bisa-bisa kelinci sakit. Jika sudah seperti itu, jadi apa Pertolongan Pertama Pada Kelinci yang Sakit?

6. Daun Ubi

Daun ubi juga bisa anda berikan, dan ini sangat disukai oleh kelinci. Akan tetapi untuk pemberian daun ubi ini sebaiknya dilakukan setelah daun ubi terlihat layu, mengapa? Karena untuk menurunkan kadar air yang ada di dalam daunnya karena jika langsung diberikan takut menyebabkan diare. Tips lain, mungkin anda dapat mencoba memberikan jenis sayuran lain seperti yang dijadikan pakan burung. Ya, Manfaat Brokoli untuk Burung Kenari yang mungkin saja berkhasiat bagi pertumbuhan kelinci pula.

7. Konsentrat

Konsentrat merupakan jenis pakan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan kelinci. Konsentrat ini berfungsi sebagai penambah nafsu makan serta meningkatkan nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh kelinci dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, sehingga mereka mempunyai nafsu makan bertambah.

Demikianlah makanan kelinci anggora yang bisa anda berikan agar cepat besar, semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 15th, August 2019 / 21:51 Oleh :
Kategori : Kelinci