Sponsors Link

8 Manfaat Kencur untuk Murai Batu

Burung murai batu adalah salah satu jenis yang cukup populer, kicau mania semua tentu tidak asing lagi. Dari sekian banyak jenis burung yang ada di dunia, murai batu adalah yang sering di jumpai. Sekarang ini telah banyak yang memelihara burung rumahan, baik sebagai hobi atau memang untuk berbisnis. Dengan melihat perkembangan burung saat ini yang tengah ramai, peluang menarik tepat di depan mata anda yakni bisnis dengan beternak burung murai batu.

Salah satu yang terpenting dalam beternak atau memelihara burung adalah mengerti dan memperhatikan perawatan yang benar dan tepat. Untuk sebagian besar orang mungkin memang tidak atau kurang telaten. Tetapi tidak sedikit yang mengusahakan untuk telaten merawat murai batu. Karena pada dasarnya perawatan burung tidak mudah dan tidak sulit juga. Namun murai batu yang telah dirawat dengan sebaik mungkin akan menjadi indukan berkualitas.

Bentuk perawatan murai batu ini adalah dengan memberikan nutrisi alami dari herbal seperti kencur. Tahukah anda apa itu kencur? Ya, salah satu jenis tanaman herbal yang banyak di jadikan minuman atau ramuan tradisional. Ternyata kencur sangat baik diberikan pada murai batu karena lebih alami dan menyehatkan. Ini adalah nutrisi yang cocok anda berikan pada burung murai batu peliharaan. Kendati demikian, tahukah anda apa saja manfaat kencur untuk murai batu tersebut? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Manfaat Kencur untuk Murai Batu

1. Menghilangkan Lendir atau Dahak

Salah satu manfaat dari kencur ini untuk burung murai batu yakni guna menghilangkan lendir atau dahak. Sama halnya manusia, burung pun bisa mengalami batu atau penyakit yang membuat tenggorokannya berlendir atau yang anda kenal sebagai dahak. Nah, kencur inilah khasiat yang pas diberikan pada murai batu yang dalam kondisi tersebut. (Baca Juga:  Manfaat Air Garam Untuk Burung Murai Batu)

2. Membantu Menguatkan Pernapasan

Penting sekali, manfaat kencur yang lainnya adalah untuk menguatkan pernapasan sang burung. Banyak kasus yang di alami burung sering mengalami sesak nafas. Baik hal ini pengaruh cuaca atau memang dari suatu penyakit. Namun jika sudah seperti itu, jika di biarkan terus menerus burung akan cepat mati.

Untuk mengatasi hal itu, berikan kencur secara rutin dan teratur untuk murai batu guna mencegah sesak nafas karena manfaatnya adalah untuk menguatkan nafas. Tetapi pemberian kencur yang terlalu banyak juga tidak di sarankan.

3. Menguatkan Pita Suara

Manfaat yang lainnya adalah untuk menguatkan pita suara sang burung. Jadi kencur ini sangat baik sekali untuk burung kicau kedepan. Pita suara lambat laun bisa saja mengecil, dan akhirnya hilang atau pecah oleh sesuatu hal (meskipun tidak semuanya). Namun akan sangat baik jika anda memperhatikan kondisinya saat ini dengan rajin memberikan kencur pada murai batu untuk menguatkan pita suaranya. (Baca Juga: Cara Penangkaran Murai Batu Medan)

4. Mempercepat Gacor

Bukan saja mampu menguatkan pita suara, tetapi kencur sangat manjur bagi semua burung kicauan agar cepat gacor. Terutama bagi anda yang sudah tidak sabar ingin melihat sang peliharaan berkicau maka berikan kencur sebagai alternatif aman dan ampuh.

5. Membentuk Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh tidak di miliki oleh semua burung, kecuali yang pada dasarnya memang mendapatkan perawatan lebih. Bagi anda yang mempunyai burung murai batu, manfaat diberikan kencur ini adalah untuk membentuk kekebalan tubuhnya. Sehingga burung tidak akan mudah terserang penyakit, alias senantiasa sehat. Lemahnya kekebalan tubuh akan mempermudah jalannya bakteri masuk atau virus-virus yang membawa penyakit.

6. Menyehatkan

Seperti yang sudah di sebutkan bahwa kencur adalah salah satu jenis tanaman herbal yang pastinya berguna sekali bagi kesehatan. Manfaat yang akan didapatkan oleh sang Murai Batu adalah menyehatkan tubuhnya, sehingga burung akan selalu terlihat lincah bergaya. (Baca Juga: Cara Merawat Murai Batu Mabung)

7. Mengobati Radang Tenggorokan

Kencur ini berguna untuk mengobati radang tenggorokan yang di alami murai batu. Banyak yang terjadi bahwa burung juga sering mengalami sakit pada tenggorokannya, dan tanaman herbal tersebut sangat cocok diberikan sebagai obat atau ramuan alami dan aman.

8. Menghangatkan

Kencur juga berperan penting di dalam tubuh burung murai batu yakni sebagai penghangat. Dengan memberikan kencur pada burung, maka kondisi tubuhnya akan tenang dan merasa hangat.

Pentingnya anda harus mengerti seperti apa manfaat dari tanaman kencur ini untuk burung murai batu adalah agar anda mampu memberikan yang terbaik. Karena burung adalah salah satu jenis hewan unggas yang gampang-gampang susah untuk di perlakukan. Jika anda sembarangan memberikan perawatan maka dengan cepat dan mudah burung akan mengalami sakit bahkan mati lantaran stres juga. Namun untuk memberikan perawatan seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin di atas, maka hanya ketelatenan yang bisa mewujudkan murai batu dengan kualitas terbaik. (Baca Juga: Ramuan Tradisional Untuk Murai Agar Gacor)

Demikian yang bisa di sampaikan mengenai manfaat kencur untuk murai batu yang ternyata tidak hanya menyehatkan bagi tubuhnya, melainkan juga berpengaruh terhadap kualitas suara sang Murai. Selamat mencoba.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 22nd, June 2019 / 13:00 Oleh :
Kategori : Burung