Sponsors Link

8 Manfaat Air Garam untuk Burung Murai Batu

Memelihara burung sudah bukan hal baru lagi atau hobi yang asing. Bahkan sudah hampir semua orang menyukai unggas yang satu ini. Sementara itu sebagian besar orang juga telah memeliharanya dirumah sebagai peliharaan yang amat di sayangi. Bukan saja mereka kalangan pecinta burung atau di kenal dengan “Kicau Mania”, akan tetapi orang-orang lainnya yang pada dasarnya bukan pecinta burung pun tak kalah ikut memelihara, untuk apa?

Bisnis, karena beternak burung saat ini menjanjikan peluang bagus untuk mendapatkan rupiah. Sehingga bukan sebagai ajang hobi semata namun bagaimana orang bisa menghasilkan rupiah dari hobinya tersebut. Tak heran banyak penjual burung yang seringkali anda jumpai. Dari sekian banyak jenis burung, salah satu yang tak kalah populer adalah murai batu.

Burung Murai Batu atau (Copsychus malabaricus), juga dikenal sebagai Kucica hutan. Jenis ini termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Persebarannya ada di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar juga menganggap ras dari Kalimantan Utara Murai alis putih atau (Copsychus malabaricus stricklandi) sebagai spesies tersendiri. (Baca Juga: Penyebab Murai Batu Susah Jinak)

Pada habitat aslinya, burung murai batu ini akan cenderung memilih hutan alam yang cukup rapat atau hutan sekunder. Apapun dan bagaimanapun, mengarah pada pemeliharaan murai batu ini tentu saja anda di kaitkan dengan perawatan yang tepat dan benar. Salah satu yang akan di sampaikan disini adalah manfaat air garam untuk burung murai batu yang tidak banyak diketahui. Apa saja, simak selengkapnya dibawah berikut:

Manfaat Air Garam untuk Burung Murai Batu

1. Membersihkan Tubuh Murai Batu

Pemakaian air garam pada burung murai batu ini bermanfaat sekali untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran dan semua kuman yang telah menempel. Adapun caranya yakni dengan dijadikan sebagai air mandi. Jadi mandikan burung murai batu anda dengan menggunakan air garam untuk membersihkan tubuhnya. Tentu saja menjaga kebersihan sang burung adalah salah satu perawatan yang tidak boleh di lewatkan.

Hal itu karena kebersihan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan burung peliharaan anda semua serta mempengaruhi kualitas. Air garam yang dijadikan sebagai usaha membersihkan tubuh akan mudah melunturkan kotoran yang menempel. (Baca Juga: Penyebab Murai Batu Kurang Lincah)

2. Menjaga Kesehatan Bulu Burung Murai Batu

Selain di atas, manfaat yang lainnya adalah untuk menjaga kesehatan bulunya. Perlu anda semua tahu bahwa mandi dengan menggunakan air garam dapat membantu lebih serta bisa menjaga kondisi kesehatan bulu burung agar senantiasa terjaga. Kemudian, anda bisa membilasnya dengan air biasa setelah lima menit dan air garam meresap pada tubuhnya.

3. Memberikan Kenyamanan Pada Burung Murai Batu

Ternyata manfaat air garam untuk si murai batu bukan saja dua poin yang sudah disebutkan di atas. Melainkan bahwa air garam bisa membuat atau memberikan kenyamanan sang burung. Mandi dengan menggunakan air garam akan menunda sang burung di kala stres, atau bahkan menghindarkan dari stres. (Baca Juga: Penyebab Burung Murai Batu Lambat Panas)

4. Mampu Mengatasi Rasa Gatal Pada Burung Murai Batu

Pemakaian air garam untuk dijadikan sebagai antiseptik memang telah banyak dipahami oleh sebagian besar orang. Serta hal tersebut juga berlaku untuk burung murai batu atau semua jenis burung yang lainnya. Manfaat mandi dengan menggunakan air garam untuk si murai batu yang lainnya yaitu bisa membantu mengatasi rasa gatal yang ada di bagian kulit dan bulu burung tersebut.

Rasa gatal yang muncul begitu saja pada tubuh burung bisa hilang serta bisa menjadikan burung menjadi lebih nyaman selama berada di dalam kandang. Pemakaian air garam juga bisa untuk menghambat pertumbuhan bakteri ataupun jamur sebagai parasit yang gmenyebabkan kondisi sarang burung atau burung merasakan gatal.

5. Menjaga Fungsi Otot Murai Batu

Otot adalah komponen penting pada tubuh, baik manusia ataupun hewan semuanya sama pentingnya. Begitupun dengan otot si murai batu yang tidak kalah pentingnya, dan ini harus anda perhatikan. Anda bisa membantu sang burung dalam menjaga kesehatan otot dengan menggunakan air garam. Fungsinya untuk melemaskan serta meremajakan otot-otot yang kaku (tegang). Sehingga hal ini akan merelaksasi burung serta menjauhkan dari stress. (Baca Juga: Penyebab Murai Batu Muntah Darah)

6. Memberikan Kekebalan Tubuh

Dan manfaat pemberian air garam untuk burung murai batu selanjutnya yakni sebagai kekebalan tubuhnya. Sehingga burung tidak akan mudah sakit atau terserang segala jenis penyakit.

7. Menambah Nafsu Makan

Berikan air garam untuk minum si murai batu, hal ini secara perlahan akan mendorongnya untuk bisa meningkatkan nafsu makan. Khusunya burung yang sulit sekali untuk makan maka bisa di coba dengan menggunaka air garam tersebut.

8. Membuat Gacor Semakin Lantang

Pastinya bahwa air garam mampu membuat si murai batu makin ngoceh. Air garam bermanfaat untuk meningkatkan suara si burung sehingga suaranya akan makin lantang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bulu Nyisir Pada Murai Batu)

Demikianlah beberapa manfaat air garam untuk burung murai batu yang perlu Anda ketahui demi menambah kesehatan Burung peliharaan Anda. Selamat mencoba.

, , , , , ,
Post Date: Friday 21st, June 2019 / 10:57 Oleh :
Kategori : Burung