Sponsors Link

Penyebab Murai Batu Kurang Lincah Dan Cara Mengatasinya

Memelihara burung merupakan salah satu bentuk aktivitas hobi yang belakangan ini banyak dimintai di masyarakat dengan munculnya berbagai macam jenis jenis burung yang bisa dipilih dengan bentuk dan karakteristik uniknya masing masing. Salah satu jenis burung yang banyak diminati untuk dipelihara oleh masyarakat adalah burung murai batu yang dikenal sebagai burung kicauan nan lincah. Dalam kondisi tertentu, ada banyak permasalahan yang dapat terjadi pada burung yang perlu dipahami dengan baik oleh setiap pemiliknya yang salah satunya adalah kondisi ketika burung murai batu kurang lincah. Berikut penyebab murai batu kurang lincah dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. (Baca juga : manfaat cacing pada burung murai)

Penyebab Murai Batu Kurang Lincah

Burung murai batu dikenal sebagai salah satu burung kicauan yang cukup agresif dan sangat lincah dalam kondisi normalnya baik di sangkar maupun di alam liarnya. Murai batu yang kurang lincah tentu merupakan permasalahan yang dapat menyebabkan burung tersebut tidak dapat bersaing ketika mengikuti perlombaan. Kurang lincahnya burung murai batu terlihat dari perilaku burung dan suara kicauan yang dihasilkan kurang maksimal. Penyebab kondisi murai batu yang kurang lincah tersebut diantaranya seperti :

  1. Fisik murai batu bermasalah, penyebab pertama adalah karena fisik dari murai batu yang sedang bermasalahan seperti sedang mengalami kondisi sakit ataupun menderita luka tertentu pada tubuhnya. (Baca juga : ramuan tradisional untuk murai agar gacor)
  2. Pakan yang kurang tepat, pakan merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dengan baik jika ingin burung murai batunya memiliki kualitas yang baik. Pemberian pakan yang kurang tepat baik jenis maupun jumlah dan komposisinya dapat menyebabkan murai batu kurang lincah.
  3. Masalah psikis burung, keadaan lain yang juga menjadi salah satu penyebab kenapa burung murai batu menjadi tidak lincah terutama pada saat perlombaan adalah karena adanya permasalahan psikis yang terjadi pada burung. Beberapa permasalahan psikis pada burung tersebut diantaranya seperti burung habis atau pasca mabung, burung tidak memiliki mental yang baik. (Baca juga : penyebab burung murai batu lambat panas)
  4. Burung jarang dilatih, penyebab lainnya yang juga menjadi salah satu masalah kenapa burung murai batu tidak lincah adalah karena kurangnya pelatihan yang diberikan pada burung.
  5. Perawatan yang salah, perawatan yang salah juga menjadi penyebab murai batu kurang lincah yang perlu diperhatikan seperti jarang dijemur, jarang dimandikan, dan tidak pernah diembunkan. (Baca juga : obat untuk burung murai stres)

Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Lincah

Jika melihat kondisi yang dijelaskan diatas, maka permasalahan murai batu yang kurang lincah dapat diatasi dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pecinta burung. Beberapa langkah dalam mengatasi kondisi murai batu kurang lincah diantaranya seperti :

  • Perawatan dan pemberian pakan yang tepat, burung harus selalu diembunkan, dijemur, dan diberi pakan dalam jumlah sesuai terutama pada saat persiapan mengikuti perlombaan.
  • Berikan vitamin dan ekstra food, langkah selanjutnya adalah selalu memberikan ektra food dan vitamin harian yang cukup agar kondisi tubuh burung selalu fit. (Baca juga : jenis vitamin agar murai batu tetap sehat)
  • Jangan paksakan burung berlomba, beberapa kondisi tertentu seperti adanya permasalahan psikis dan fisik serta pasca mabung menjadikan burung memang tidak dapat dipaksakan untuk lincah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab murai batu kurang lincah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik burung dan beberapa cara untuk dapat mengatasinya.

, , ,
Post Date: Monday 10th, June 2019 / 00:52 Oleh :
Kategori : Burung