Sponsors Link

6 Jenis Vitamin Agar Murai Batu Tetap Sehat

Sponsors Link

Dalam proses memelihara burung murai sebagai salah satu jenis burung yang saat ini banyak dipelihara, ada beberapa langkah dan upaya yang harus dilakukan oleh setiap pemilik burung demi menjaga kondisi kesehatan burung tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan tersebut adalah dengan memberikan vitamin yang memang dikhususnya untuk burung. Berikut ini beberapa jenis vitamin agar murai batu tetap sehat dan selalu terhindar dari berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Probiotik

Probiotik merupakan salah satu jenis multivitamin yang baik untuk kesehatan tubuh burung. Probiotik banyak digunakan sebagai suplemen atau tambahan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh burung selama menghadapi musim hujan dengan kondisi cuaca dan keadaan lingkungan yang tidak menentu.  Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan pada burung dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cocok menjadi salah satu jenis vitamin untuk burung di musim hujan termasuk bagi burung murai batu agar selalu dalam kondisi yang sehat. (Baca juga : cara membuat vitamin untuk ikan hias)

  1. Vitamin C

Sama halnya dengan manusia, vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin agar murai batu tetap sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam jenis penyakit tertentu. Vitamin C untuk burung murai batu tersedia dalam berbagai macam bentuk kemasan dan merk yang berbeda beda namun secara fungsi dan pemanfaatannya sama yakni dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas burung murai batu dari dalam. (Baca juga : cara membaut vitamin untuk lovebird)

  1. Ekor Cicak

Ekor cicak menjadi salah satu jenis makanan yang sudah banyak dikenal oleh pemilik dan pecinta burung sebagai peningkat daya tahan tubuh. Ekor cicak juga sering digunakan sebagai bahan pangan untuk membantu menghangatkan tubuh pada saat musim hujan sehingga tidak menyebabkan terjadinya masalah kesehatan tertentu. Penggunaan ekor cicak banyak diberikan pada burung lovebird namun tidak menutup kemungkinan juga bermanfaat bagi murai batu. (Baca juga : vitamin untuk kucing sakit)

  1. Ramuan herbal

Pemilik burung murai batu selain dapat menggunakan berbagai macam jenis produk perawatan burung agar selalu terjaga kesehatannya juga dapat membuat ramuan herbal yang secara alami lebih rendah efek sampingnya. Salah satu bahan ramuan herbal yang banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan burung murai batu adalah jahe. (Baca juga : vitamin untuk burung di musim hujan)

  1. Vitamin B kompleks

Jenis vitamin agar murai batu tetap sehat selanjutnya adalah vitamin B kompleks. B kompleks sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme dan aktivitas kimiawi yang terjadi di dalam tubuh burung murai batu sehingga dapat menjaga kondisi kesehatan burung  dengan baik meskipun pada saat musim hujan. Vitamin C dan vitamin B kompleks dapat diberikan ke burung dalam satu sediaan yang banyak beredar dalam berbagai macam merk vitamin burung yang dapat dibeli di toko toko hewan. (Baca juga : manfaat vitamin B untuk anjing)

  1. Minyak ikan

Jenis vitamin terakhir yang juga dapat membantu menjaga agar kondisi kesehatan burung murai batu selalu dalam keadaan yang sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam bentuk permasalahan adalah minyak ikan. Minyak ikan dapat diperoleh di apotek yang memang peruntukannya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Itulah beberapa jenis vitamin agar murat batu tetap sehat yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh setiap pemilik burung dalam proses perawatan serta pemeliharaannya.

 

 

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 18th, February 2019 / 00:38 Oleh :
Kategori : Burung