Sponsors Link

8 Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

Sponsors Link

Berbagai jenis burung yang anda ketahui, mungkin beo salah satunya yang tidak asing. Burung beo di kenal bukan saja cantik bulunya yang cenderung colorful, akan tetapi kecerdasannya dalam menirukan suara manusia patut di acungi jempol. Nyatanya sebagian banyak orang yang memelihara burung beo mengakui kemampuan sang burung untuk lincah gacor dan bicara apa saja.

ads

Jika anda belum mempunyai burung beo dan tertarik untuk memeliharanya, bisa di ketahui beberapa tips sebelum memelihara burung beo yang akan di sampaikan disini. Karena setiap orang pastilah memerlukan persiapan sebelum memulai sesuatu, apalagi dalam hal pemeliharaan hewan ternak. Memelihara burung menjadi suatu hal yang menarik dan banyak di minati. Hal itu mengingat bahwa kicau mania semua kian bertambah.

Burung beo yang berhasil di pelihara dengan cantik dan berkualitas mampu memberikan keuntungan besar bagi anda, misalnya yakni banyak yang tertarik untuk membeli dengan harga tinggi. Jika bicara mengenai burung yang bisa dicara, tentu banyak orang menjawab beo. Bahkan bisa di bilang bahwa burung beo memang berbeda dengan jenis burung yang lainnya. (Baca Juga: Tips Memberi Pakan Burung Beo)

Jika melihat ruang lingkup tinggal burung beo pada habitat aslinya bisa anda ketahui bahwa penyebarannya ada di hutan-hutan basah serta berada pada daerah perbukitan yang tinggi dari permukaan laut. Nah, benar-benar menarik bukan untuk memelihara burung beo ini? Jika anda tertarik, simak tips sebelum melakukan pemeliharaan burung  beo berikut ini.

Tips Sebelum Memelihara Burung Beo

1. Persiapan Niat

Salah satu hal yang perlu anda persiapkan sebelum memelihara burung beo adalah niat. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya tidak mudah seperti yang anda fikirkan selama ini, memelihara hanya cukup dengan memberi pakan dan minum. Banyak hal yang musti di perhatikan sebagai perawatan dan kemungkinan besar tidak semua orang tahu.

Apalagi jika anda sebagai pemula, maka tips pemeliharannya berikut sangat penting sekali untuk Anda simak. Hal pertama yang harus dilakukan yakni memantabkan niat untuk serius memelihara burung beo sebagaimana yang anda inginkan. (Baca Juga: Cara Melatih Burung Beo yang Agresif)

2. Pelajari Cara Perawatan

Selanjutnya yakni dengan mempelajari tata cara perawatan yang benar. Dengan begitu anda akan menguasai dan paham cara memberikan perawatan yang benar sebelum memelihara burung beo. Adapun perawatan yang di maksud yakni seperti memandikan burung, jadi tidak sekedar diberikan makan dan minum saja namun juga di mandikan. Bahkan masih banyak perawatan yang lainnya seperti pemberian vitamin dan pengalokasian yang sesuai guna menghindari burung beo stres.

3. Persiapan Sangkar atau Kandang

Tips berikutnya yakni dengan menyiapkan sangkar atau kandang. Sebelum mempunyai burung beo pastilah anda harus mempunyai sangkar, karena tidak mungkin kebalikannya. Sangkar untuk burung beo umumnya tidak perlu mahal, mewah atau meriah dan bagus sekali. Cukup pilihlah jenis sangkar yang terbuat dari kayu jati atau benar-benar awet sehingga tahan lama di gunakan kedepan. (Baca Juga: Cara Membuat Burung Beo Cepat Bicara)

4. Persiapan Biaya

Karena tidak segratis yang mungkin anda bayangkan, harga burung beo sendiri tidaklah murah. Belum lagi anda harus membeli sangkar sebagaimana yang telah di bahas. Intinya untuk memelihara burung memerlukan modal yang cukup, dan harus menyediakan uang untuk pakan dan nutrisi tambahan lainnya. Bagaimana, apakah anda sudah mempersiapkan budget tersebut?

Sponsors Link

5. Mencari Penjual Terpercaya

Darimanakah anda bisa mendapatkan burung beo jika tidak pada penjualnya? Ya, sudah pasti anda harus mencari penjual burung tersebut. Jangan lupa agar senantiasa memastikan bahwa penjual burung beo sangat terpercaya. Dalam hal ini adalah termasuk memberikan harga sesuai pasaran atau justru lebih murah. Tentunya kondisi burung beo yang diberikan juga harus berkualitas baik secara fisik tidak cacat atau secara psikis tidak stres. Nafsu makan burung juga harus normal sebagai tanda bahwa baik-baik saja, tidak sakit. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Beo)

6. Tentukan Lokasi

Meskipun burung beo nantinya anda letakkan pada sangkar, tetapi tetap saja tidak sembarang tempat bisa anda tumpangi sangkarnya. Butuh lokasi yang strategis dan nyaman hingga aman untuk ketenangan anda sendiri dan ketenangan sang burung. Carikan lokasi di belakang rumah yang pastinya ada pagarnya agar tidak mudah di curi orang. Belakang rumah kebanyakan sejuk lantaran masih berbau dengan alam dan pepohonan. Dengan begitu akan membuat burung merasa nyaman.

7. Pastikan Lokasi Aman

Dimaksudkan untuk tips sebelum memelihara Beo yang ketujuh ini adalah, burung yang anda pelihara benar-benar tenang dan tidak terganggu oleh predator. Jadi, pastikan bahwa tempat tersebut tidak ada hewan lain seperti ular, anjing, atau kucing yang mampu menerka sang burung. (Baca Juga: Tips Memilih Wadah Pakan Burung yang Benar)

8. Siapkan Suplemen

Mengapa tidak menyediakan pakan sebelum memulai memelihara burung? Tentu saja hal itu tanpa harus di siapkan memang menjadi kebutuhan burung dan tanggung jawab anda yang harus di lakukan. Jadi, yang harus di sediakan adalah suplemen sebagai cadangan bilamana burung terlihat tidak atau kurang sehat.

Demikianlah tips sebelum memelihara Burung Beo yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 21st, May 2019 / 16:09 Oleh :
Kategori : Burung