Sponsors Link

10 Tips Memilih Wadah Pakan Burung yang Benar

10 Tips Memilih Wadah Pakan Burung yang Benar

1. Pilih dari bahan yang berat

Pada saat memakan pakan yang telah sobat sediakan sering kali hewan burung nangkring ditempat pakan, jika wadah pakan yang sobat sediakan wadah pakan dari bahan yang ringan maka pakan tersebut akan tumpah oleh karena itu sobat bisa pilih wadah pakan dari bahan yang berat agar tidak mudah tumpah dengan demikian maka akan mengurangi pemborosan pakan serta mengotori kandang. Baca juga mengenai : jenis wadah budidaya dalam perikanan

2. Pilih dari gerabah

Untuk pemilihan wadah pakan yang bisa sobat pilih diantaranya adalah wadah yang terbuat dari gerabah yang diatasnya ada bibir gerabah yang masuk ke dalam hal ini berguna agar merpati yang makan sambil makanannya di lempar-lemparkan/ dikorek-korek makanan tetap tidak bisa lepas  keluar. Baca juga mengenai : syarat wadah untuk pembenihan ikan belut

3. Wadah dari botol plastik bekas yang otomatis

Terkadang ketika sobat terlalu sibuk dengan pekerjaan, seringkali lupa untuk memberi makan hewan burung kesayangan. Tak jarang peternak burung pun akan membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan perawatan tersebut. Sebagai alternatif perawatan, sobat bisa membuat sendiri tempat pakan otomatis yang tidak mudah habis dalam beberapa hari. Berikut cara membuat tempat pakan dari botol plastik bekas. Baca juga mengenai : tips memberi pakan burung beo

Walaupun di pasaran kini banyak dijual tempat pakan otomatis / bird feeder namun alangkah bangganya jika sobat bisa membuat sendiri tempat pakan tersebut dan melihatnya digunakan oleh hewan burung piaraan. Selain mudah didapat, cara tersebut pun tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Baca juga mengenai : mengenal urban farming lebih dekat

4. Membuat wadah pakan secara manual

Berikut cara membuat tempat pakan dari botol plastik bekas. 

Bahan yang dibutuhkan : 

Cara membuat: 

  • Potong botol plastik tersebut menjadi dua bagian: 
  • Ambil potongan bagian bawah lalu buatlah lubang dengan menggunakan cuter atau gunting yang dipanasi.
  • Siapkan potongan botol yang lain (bagian atas), kemudian masukkan dalam posisi terbalik ke dalam potongan botol bagian bawah yang tadi telah dilubangi. Adapun untuk penutupnya sobat bisa memanfaatkan botol lain yang dipotong bagian bawahnya. 

5. Wadah pakan otomatis

Tempat pakan otomatis / bird feeder umumnya diletakkan di luar ruangan, misalnya halaman rumah, untuk menarik hewan burung-hewan burung liar agar datang berkunjung. Namun karena cukup bermanfaat, tempat pakan seperti itu kemudian digunakan kalangan untuk menjaga ketersediaan pakan bagi hewan burung-hewan burung yang diternak.

6. Memilih ukuran yang tepat

Lumayan kalau ada botol minuman bekas yang tidak terpakai bisa dibuat wadah pakan dan minuman burung. kalau beli wadah pakan atau minuman di toko hewan burung harganya satu wadah 4000 sampai 5000 saja. Tergantung ukuran juga. Pastikan ukuran sesuai dengan besar kandang.

7. Untuk kandang koloni

Kalau membuat kandang koloni enaknya sobat membuat wadah pakan sendiri. Seperti milet dari baskom bekas yang telah bocor. Kemudian wadah minumannya dengan membeli wadah minuman untuk burung yang ukurannya kecil. Jadi sobat tidak perlu repot-repot sering bolak-balik kandang untuk mengganti pakan dan minumannya.

8. Wadah minum

Setidaknya kalau wadahnya yang besar air minumnya bisa diganti tiga hari sekali. Nah kalau penulis menganjurkan untuk mengganti minumanya tiap hari sekali karena tidak memiliki kandang ternak koloni.

Hasilnya pun memuaskan, almamdulillah indukan tetap sehat semua bebas dari penyakit. Jangan lupa untuk menyisakan beberapa persen dari hasil penjualan anakan burung sobat dengan tujuan rezeki ternaknya makin barokah dan bertambah banyak tentunya.

9. Memodifikasi wadah

Model tempat air minum yang di modifikasi menjadi tempat pakan ini, biasanya ditemukan dari upgrade atau pergantian tempat minum menjadi nipple dan alhasil tempat minum tidak terpakai dan mencullah ide untuk memanfaatkannya menjadi tempat pakan, di beberapa daerah laiinya ada yang membuat ember, yaitu ember dibolongi di bagian bawahnya hanya tersisa untuk masuk kepala anak burung yang mirip seperti baby.

10. Super feeder

Super Feeder memliki lebih banyak kelebihan, diantaranya bisa di gunakan dari masa awal DOC sampai burung panen, harga di lapangan ini bias di temukan dengan harga berikisar 20-25 rb/itemnya. Tetapi perlu di ingat di masa awal jangan memberikan pakan burung sampai full, tetap harus sesering mungkin memberinya untuk membantu nafsu makan burung di usia kecil dan tentukan jika di beri full mau sampai berapa hari baru habis dan menurunkan kualitas pakan itu sendiri.

Kardus DOC masih sering di gunakan di masa awal DOC sekaligus untuk menambah tempat pakan, Hal ini tidak menjadi masalah di karenakan masih cukup efisien, dengan syarat jangan sampai berhari-hari. Cukup 2-3 hari paling lama Box DOC harus sudah di angkat dan di buang.

Tempat pakan atau minum tabung jumbo 500 ml untuk hewan burung kesayangan sobat dengan tempat pakan minum hewan burung ini Sobat tidak khawatir lagi hewan burung kesayangan Sobat kehabisan pakan dan minum karena daya tampung yang cukup besar menjadikan pakan dan minum lebih awet hingga beberapa hari. Buat dengan design tabung ini air dan pakan tidak mudah tercemari oleh kotoran hewan burung. Isi 500ml design Luar Sangkar

Tempat Pakan Hewan burung yang ada di pasaran 

Toko hewan ternak memproduksi berbagai jenis tempat pakan hewan burung yang terbuat dari bahan zinc alloy maupun aluminium alloy. Adapun model, design, ukuran produk disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Tempat pakan hewan burung yang terbuat dari bahan zinc alloy atau aluminium alloy ini diproduksi secara massal melalui proses zinc casting atau aluminium casting dengan menggunakan mesin die casting otomatis yang berteknologi Taiwan dan Jepang sehingga kualitas produk sangat maksimal. Dalam proses produksi zinc casting dan aluminium casting ini didukung oleh molding, bahan baku zinc maupun aluminium, technical support yang handal dan mesin die casting yang berkualitas.   

Umumnya tempat pakan hewan burung yang terbuat dari bahan zinc alloy dan aluminium alloy ini akan diproses selanjutnya dengan berbagai warna / tampilan plating pilihan diantaranya; gold plating, nikel plating, nikel chrome plating, bronze plating, cooper plating, antique brass, antique cooper dan lain lain. Kualitas produk dan harga yang bersaing adalah prioritas utama yang Toko hewan ternak tawarkan kepada customer.

Nah, selamat memilih ya.. semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 17:56 Oleh :
Kategori : Burung