Sponsors Link

10 Tips Memberi Pakan Burung Beo

Memberi pakan hewan burung beo (nama ilmiah: psittacine) menu pakanan yang tepat sangat penting bagi hewan burung beo untuk bisa panjang umur dan bahagia. Bahkan, hewan burung beo yang mengonsumsi pakanan sehat dan seimbang akan lebih aktif dan cenderung memiliki bulu burung yang lebih bagus daripada hewan burung beo dengan menu pakanan yang tidak sempurna.

Sobat mungkin sudah tahu bahwa hewan burung beo menyukai biji-bijian, tetapi biji-bijian hanyalah salah satu komponen dari menu pakanan hewan burung beo yang baik. Memiliki pemahaman yang baik tentang jenis pakanan yang harus dikonsumsi hewan burung beo akan membantu Sobat membuat keputusan yang baik untuk menjaga kesehatannya. Sebab itu perhatikan 10 Tips Memberi Pakan Burung Beo berikut.

1. Beri pakan hewan burung beo dengan pelet komersial.

Pelet adalah komponen yang penting pada menu pakanan hewan burung beo. Pelet ini dijual dalam berbagai warna, ukuran, dan bahkan rasa. Karena terbuat dari kombinasi buah-buahan, sayuran, gandum, dan biji-bijian, pelet memiliki kadar nutrisi yang tinggi.  Baca juga mengenai : cara melatih burung beo yang agresif

  • Saat memilih pelet di toko peliharaan terdekat, pastikan Sobat membaca label bahan-bahan pada kemasannya. Jangan memilih pelet yang mengandung banyak bahan pengawet.
  • Karena ada banyak jenis pelet, pertimbangkan untuk mendiskusikannya dengan dokter hewan mengenai formula pelet mana yang terbaik bagi hewan burung beo.

2. Sertakan biji-bijian pada menu pakanan hewan burung beo.

Meskipun tidak boleh menjadi bahan pakanan pokok bagi hewan burung beo, biji-bijian menyediakan kadar nutrisi yang baik bagi hewan burung beo. Seperti halnya pelet, ada banyak formula biji-bijian yang bisa Sobat pilih dari toko peliharaan. Sangat ideal untuk membeli sebungkus campuran biji-bijian, tetapi Sobat juga bisa membeli jenis biji-bijian tertentu dan mencampurnya sendiri. Baca juga mengenai : cara membuat burung beo cepat bicara

  • Biji bunga matahari bersifat adiktif untuk hewan burung beo, tetapi sebenarnya itu tidak benar.
  • Sebelum membeli, pastikan biji-bijian tersebut masih segar. Biji-bijian tidak boleh tercium apak atau tengik, dan harus terbebas dari serangga dan jamur. Biji-bijian yang baik juga harus bersinar. Baca juga mengenai : cara memelihara burung beo
  • Hewan burung beo bisa saja lebih memilih biji yang sudah bertunas atau berkecambah. Untuk mengecambahkan biji-bijian, rendamlah biji-bijian sebanyak satu porsi harian dalam air yang bersih dan segar semalaman, baik di suhu ruangan maupun di kulkas. Setelah 12 sampai 24 jam, Sobat akan mulai melihat ada ujung akar keluar dari biji yang menandakan bahwa biji tersebut sudah berkecambah. Dalam fase ini, Sobat bisa memberikan biji tersebut pada hewan burung beo. Baca juga mengenai : manfaat meelihara perkutut putih
  • Biji-bijian bagi hewan burung beo seperti permen untuk manusia. Biji-bijian memang camilan yang enak , tetapi hanya boleh dipakan sesekali. Sobat bisa memberikan biji-bijian sebagai hadiah jika Sobat melatih hewan burung beo. Baca juga mengenai : cara mengobati burung digigit kucing

3. Campurkan buah-buahan dan sayuran segar pada menu pakanan hewan burung beo.

Ada berbagai jenis buah dan sayur yang bisa Sobat berikan, termasuk apel, brokoli, collard greens, dan persik. Apa pun jenis buah dan sayur yang Sobat pilih, pastikan Sobat mencucinya sampai bersih dengan air segar sebelum memberikannya pada hewan burung beo.  Ingatlah bahwa buah-buahan memiliki kandungan gula yang relatif tinggi, sehingga tidak boleh menjadi pakanan utama bagi hewan burung beo.

4. Berikan kacang-kacangan untuk hewan burung beo.

Kacang adalah komponen lain dari menu pakanan sehat hewan burung beo. Kacang mengandung protein serta vitamin dan mineral lain yang tinggi, tetapi kandungan lemaknya pun tinggi. Karena kandungan lemak yang tinggi, Sobat harus memberikannya sesekali. Contohnya, Sobat bisa memberi hewan burung beo kacang-kacangan sebagai hadiah saat melatihnya atau sebagai camilan sesekali.

5. Sertakan legum dan gandum pada menu pakanan hewan burung beo

Legum terdiri dari buncis, kacang polong, dan lentil, dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Contoh legum yang bisa Sobat berikan pada hewan burung beo antara lain kedelai hitam, kacang hijau, dan buncis. Ketahui juga jenis legum lain yang bisa Sobat berikan jika hewan burung beo peliharaan Sobat menyukainya. Legum bisa diberikan dalam keadaan mentah atau masak.

6. Campurkan daging pada menu pakanan hewan burung beo.

Hewan burung beo adalah hewan omnivora,  jadi Sobat dapat menyertakan daging pada menu pakanannya. Daging ayam adalah sumber protein yang sehat bagi hewan burung beo. Pastikan Sobat memasak daging ayam sampai matang sebelum memberikannya pada hewan burung beo.  Terlalu banyak daging dalam menu pakanan hewan burung beo bisa merusak ginjalnya, jadi daging harus diberikan dalam porsi kecil.

7. Pelajarilah pakanan apa yang tidak boleh diberikan pada hewan burung beo

Meskipun hewan burung beo bisa memakan berbagai jenis pakanan manusia, ada beberapa jenis pakanan tertentu yang tidak boleh diberikan pada hewan burung beo. Contohnya, avokad dan cokelat bisa beracun bagi hewan burung beo dan harus dihindari. Alkohol juga bisa beracun bagi hewan burung beo.  Kafeina juga harus dihindari.

8. Sediakan air segar untuk hewan burung beo.

Hewan burung beo harus memiliki persediaan air yang segar setiap saat. Ingatlah bahwa hewan burung beo bisa menjadi pepakan yang jorok, sehingga akan ada remah-remah pakanan di dalam mangkuk airnya. Gantilah mangkuk air dua kali dalam sehari, atau kapan mangkuk air tersebut dipenuhi oleh remah-remah pakanan.

9. Beri pakan hewan burung beo dua kali dalam sehari.

Jumlah pakanan yang tepat yang harus dipakan hewan burung beo tergantung pada beberapa faktor seperti usia, spesies, dan status kesehatan hewan burung beo. Dokter hewan bisa menyediakan panduan tambahan mengenai seberapa banyak komponen pakanan yang harus dikonsumsi hewan burung beo. Di pagi dan malam hari, buanglah pakanan sisa sehingga tidak akan menjadi basi.

10. Awasi gejala obesitas pada hewan burung beo.

Obesitas bisa menjadi masalah besar pada hewan burung beo, terutama jika ia pakan terlalu banyak pakanan berlemak. Hewan burung beo yang menderita obesitas juga bisa mengidap penyakit jantung berlemak yang merupakan kondisi medis yang serius.

Jika Sobat menyadari bahwa hewan burung beo mulai terlihat sedikit tembam, bawalah ia ke dokter hewan. Mengurangi asupan pakanannya akan membantu ia menurunkan berat badan, tetapi pastikan Sobat menjaga agar pakanannya tetap sehat dan seimbang.

Awasilah kekurangan vitamin A pada hewan burung beo. Vitamin A membantu hewan burung beo melawan infeksi. Kekurangan nutrisi ini sangat umum terjadi pada burung dan bisa membuatnya sangat sakit.

Sistem pernapasan hewan burung beo sering kali dipengaruhi oleh kekurangan vitamin A, sehingga hewan burung beo bisa terkena masalah dalam sistem pernapasannya (adanya kotoran hidung, kesulitan bernapas, dan bersin-bersin) jika ia tidak mendapatkan vitamin A yang cukup.

Semoga bermanfaat.. sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 17:51 Oleh :
Kategori : Burung