Sponsors Link

10 Manfaat Udang untuk Ikan Hias

Saat ini banyak orang memelihara jenis hewan ikan hias tertentu seperti arwana, cupang, dan beberapa jenis hewan ikan hias predator seperti piranha. Jika memelihara jenis hewan ikan hias ini, anda juga perlu memerhatikan ikan hias pakan. Pakan hewan ikan hias ada bermacam-macam tergantung dengan jenis hewan ikan hias yang anda pelihara, salah satunya hewan udang. Namun, bagaimana cara budidaya hewan udang untuk pakan hewan ikan hias? 

Persiapan budidaya hewan udang pakan hewan ikan hias

Syarat pemilihan lokasi budidaya, yaitu usahakan lokasi mudah dijangkau. Ini bertujuan mempermudah anda dalam melakukan pemeliharaan. Lokasi harus dekat dengan sumber air. Selain itu, pasti hewan ikan hias lokasi jauh dari area perindustrian dan bebas dari limbah rumah tangga.

Jenis hewan udang pakan hewan ikan hias berbeda dengan jenis hewan udang konsumsi. Pilihlah jenis hewan udang dengan ukuran kecil seperti hewan udang rawa. Selain ukurannya yang kecil, hewan udang rawa mudah sekali untuk dibudidayakan.

Siapkan alat pemotong seperti gergaji atau pisau, kawat, dan kayu atau triplek. Anda juga bisa menyiapkan tong ataupun drum bekas yang akan digunakan. Dan, jangan lupa untuk menyediakan pupuk kandang.

Pembuatan media budidaya hewan udang pakan hewan ikan hias

Setelah anda menyiapkan alat dan bahan, saatnya membuat media budidaya. Pertama, letakkan tong dalam posisi tertidur dan lubangi bagian atas tong membentuk persegi panjang berukuran 30 × 15 cm. Untuk mempermudah proses, anda bisa menggunakan pisau terlebih dahulu, lalu menggunakan gergaji kecil.

Bagian penutup tong ada baiknya diberi lubang dan tutup kecil sebagai tempat keluar masuk air nantinya. Setelah itu, cuci bersih tong ataupun drum dengan air bersih dan biarkan hingga kering. Siapkan air bersih bersumber dari sungai ataupun air sumur, hindari pemakaian air pdam karena mengandung kaporit tinggi.

Pemeliharaan udang pakan hewan ikan

Berikan ikan pakan udang berupa pelet ataupun plankton cair setiap hari sebanyak 3 kali sehari. Karena udang cenderung memiliki sifat kanibal, anda tidak boleh telat dalam memberi pakan. Lakukan penggantian air kurang lebih setiap bulan sekali jika perlu.

Awasi selalu kadar ph dan suhu air, untuk ph air pastikan ikan tidak lebih dan kurang dari 6,8—8. Sementara, untuk suhu air tidak boleh di bawah 20°c. Jika ada udang yang terkena hama ataupun penyakit, anda harus melakukan perawatan secara khusus dengan memberinya obat dan vitamin.

Nah, sobat yang sudah budidaya tentu juga penasaran dengan manfaatnya bukan? Berkut 10 Manfaat Udang untuk Ikan Hias

1.  Menghasilkan hewan ikan hias dengan warna yang cantik

Salah satu makanan bagi hewan ikan hias adalah hewan udang. Kandungan bergizi pada hewan udang mampu membuat warna hewan ikan hias menjadi lebih cerah dan menarik. Meskipun tak jarang hewan udang dijadikan ikan hias sebagai makanan pendamping selain pelet dan cacing.

2. Meningkatkan proses pertumbuhan hewan ikan hias

Kualitas hewan ikan hias dapat dilihat dari ukuran tubuh dan jenong di kepalanya, semakin ukuran jenong besar maka kualitas semakin baik dan tentunya harga hewan ikan hias juga akan tinggi. Untuk membentuk kepala hewan ikan hias agar jenong bukan perkara mudah.

Kualitas pakan juga sangat mempengaruhi. Semakin baik kualitas nya maka pertumbuhan dan perkembangan hewan ikan hias juga akan semakin baik.  Protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan proses pertumbuhan hewan ikan hias. Kandungan protein pada hewan udang bisa dibilang lengkap serta proteinnya mudah untuk dicerna.

3. Membantu membentuk jenong di kepala hewan ikan hias louhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jenongnya kepala hewan ikan hias akan meningkatkan harga jualnya, hewan udang merupakan salah satu pakan yang dapat membantu mempercantik dan membentuk jenong pada kepala hewan ikan hias.

4. Memunculkan warna merah cerah pada hewan ikan hias

Hewan udang membantu memunculkan warna merah cerah karena mengandung pigmen astaxanthin. Kandungan bergizi pada hewan udang juga mampu meningkatkan pertumbuhan tubuh yang besar pada hewan ikan hias.  Selain hewan udang pakan yang cocok untuk hewan ikan hias dewasa adalah jangkrik, sedangkan jika ingin memunculkan warna mutiara maka pakan yang diberikan ikan hias adalah kelabang.

5. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hewan ikan hias

Udang merupakan salah satu bentuk pakan yang memiliki nilai nutrisi tinggi bagi hewan ikan hias sehingga dengan memberikan ikan hiasnya pada hewan ikan hias maka akan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh hewan ikan hias untuk dapat hidup dengan normal. Tingginya nilai gizi pada udang memang sudah dipercaya dengan bukti penggunaan udang sebagai pakan hewan ikan hias hampir pada seluruh jenis hewan ikan hias. (baca juga : jenis pakan alami untuk hewan ikan hias)

6. Sebagai pakan alami

Udang merupakan sebutan sederhana dan awam untuk krustacea kecil yang hidup di air. Udang berbeda dengan jenis kutu yang hidup diluar air dan tidak bukan serangga serta tidak hidup sebagai parasit. Udang secara alami berada diperairan dimana tempat hewan ikan hias yang sekarang banyak di pelihara sebagai hewan ikan hias hidup. Manfaat udang untuk pakan hewan ikan hias adalah sebagai salah satu pakan alami untuk hewan ikan hias tersebut. (baca juga : cara menghilangkan parasit pada hewan ikan hias mas koki)

7. Membantu proses perkembangan hewan ikan hias

Udang sebagai pakan alami yang disebutkan diatas memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dengan adanya protein tersebut menjadikan ikan hias udang sebagai salah satu pakan yang membantu dalam proses perkembangan hewan ikan hias. Hewan ikan hias yang berkembang dengan baik tentu menjadi suatu tujuan dalam pemeliharaan hewan ikan hias sehingga hewan ikan hias akan terus hidup hingga lama. (baca juga : cara beternak hewan ikan hias cupang yang baik)

8. Mudah dikembangbiakkan

Udang menjadi salah satu jenis pakan bagi hewan ikan hias yang mudah untuk dikembang biakkan. Kemudahan pengembang biakannya tersebut menjadikan ikan hias pemenuhan kebutuhan pakan bagi hewan ikan hias. Dengan kemudahan tersebut pemilik hewan ikan hias tentu akan lebih mudah memilih jenis pakan alami bagi hewan ikan hiasnya yang dipelihara.

9. Sebagai peluang usaha 

Udang yang mudah untuk dikembang biakan juga menjadi salah satu peluang bagi para penyedia pakan hewan ikan hias karena dengan kemudahan pembiakannya maka stok pakan yang dimiliki tentu akan lebih berlipah dan sulit untuk kehabisan stok. (baca juga : cara membuat pakan hewan ikan hias tanpa mesin)

10. Mengatasi hewan ikan hias yang nafsu makannya berkurang

Udang sebagai salah satu pakan alami bagi hewan ikan hias juga menjadi salah satu pilihan pakan yang sangat membantu dalam mengatasi nafsu makan yang berkurang pada hewan ikan hias. Hewan ikan hias memang akan memiliki resiko mudah mengalami kondisi nafsu makan yang berkurang.

Dengan kondisi pakan udang yang sangat mudah dikonsumsi oleh hewan ikan hias menjadikan ikan hiasnya akan selalu dalam kondisi pemenuhan nutrisi yang baik sehingga dengan nutrisi yang terjaga maka hewan ikan hias juga dapat terhindar dari berbagai macam bentuk permasalahan. (baca juga : tips melakukan kultur jentik untuk pakan hewan ikan hias)

Berbagai manfaat hewan udang sebagai pakan hewan ikan hias di atas dapat sobat jadikan referensi jika sobat memiliki minat untuk memelihara dan membudidayakan hewan ikan hias sebagai usaha atau sekedar hobi yang menyenangkan. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , , ,
Post Date: Friday 17th, May 2019 / 17:44 Oleh :
Kategori : Ikan