Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Parasit Pada Ikan Mas Koki

Sponsors Link

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara karena mitosnya menjadi salah satu pembuka pintu rejeki. Ikan mas koki lebih banyak dipelihara pada kolam terbuka dan diletakkan di depan rumah.

ads

Gerombolan ikan mas koki semakin menarik ketika memiliki corak warna yang cerah dan unik. Dalam proses memelihara ikan mas koki tentu akan ada berbagai macam masalah yang dapat memepengaruhi kondisi kesehatan ikan maupun keindahannya yang salah satunya adalah adanya parasit pada ikan tersebut.

Berikut ini pembahasan mengenai cara menghilangkan parasit pada ikan mas koki secara efektif yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Penyebab Munculnya Parasit Pada Ikan Mas Koki

Adanya parasit pada ikan mas koki sejatinya bukanlah kondisi yang normal terjadi sehingga pastinya ada penyebab yang mendasarinya. DItemukannya parasit baik berupa jamur, cacing, maupun jenis parasit lainnya pada ikan mas koki tentu dapat mengancam kehidupan ikan tersebut. Sebelum menemukan cara menghilangkan parasit pada ikan mas koki yang tepat maka sebaiknya pemilik ikan harus memahami secara baik apa saja yang dapat menjadi penyebab terjadinya kondisi abnormal tersebut. (Baca juga : cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati)

Munculnya parasit pada ikan tentu terjadi akibat adanya kesalahan dalam proses perawatan ikan, air yang tercemar, kebersihana kolam yang tidak terjaga, air yang kurang oksigen dan tidak diganti secara rutin, dan lain sebagainya. Jenis parasit yang dapat terlihat pada ikan mas koki diantaranya seperti cacing lernaea, jamur saprolegniasis, bakteri pseudomonas, dan beberapa jenis lainya. (Baca juga : cara agar ikan mas koki tidak cepat mati)

Cara Menghilangkan Parasit Pada Ikan Mas Koki

Jika kondisi penyebab yang disebutkan diatas sudah diketahui secara baik maka cara yang dipilih untuk menghilangkan parasit pada ikan mas koki. Berikut ini beberapa cara menghilangkan parasit pada ikan mas koki yang dapat berjalan secara efektif diantaranya seperti :

  1. Lakukan isolasi, pemindahan ikan yang memiliki parasit ditubuhnnya perlu dilakukan untuk menghindari ikan lain tertular dan dapat membantu proses penyembuhan ikan berjalan lebih fokus. (Baca juga : tips sukses ternak ikan mas)
  2. Kuras kolam, keluarkan seluruh ikan mas koki baik yang terdampak parasit maupun tidak dan pisahkan pada kolam yang berbeda. Setelah ikan di keluarkan maka langkah selanjutnya adalah menguras kolam yang ada hingga seluruh air habis.
  3. Membersiihkan kolam, salah satu penyebab adanya parasit pada ikan mas koki adalah karena kebersihan kolam yang tidak terjaga. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pemilik ikan dapat membersihkan kolam dengan benar agat berbagai macam jenis parasit tidak dapat tumbuh di dalam kolam. (Baca juga : cara mengatasi ikan koki terbalik)
  4. Bersihkan parasit, parasit yang terlihat secara langsung oleh mata dapat dibersihkan secara manual dengan cara mengambilnya secara langsung. Dalam proses pengambilan secara langsung tersebut usahakan agar tidak sampai melukai kulit ikan mas koki.
  5. Antiparasit, beberapa jenis parasit yang menyerang ikan mas koki dapat dibersihkan dengan cara menggunakan cairan atau obat antiparasit yang pastinya berbeda pada setiap jenis parasit yang menyerang ikan. (Baca juga : cara merawat ikan hias dalam toples)

Itulah beberapa cara menghilankan parasit pada ikan mas koki yang dapat dilakukan oleh para pemilik dan disesuaikan dengan penyebab yang ada. Menjaga kebersihan kolam dan kebersihan ikan menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjangkitnya ikan mas koki oleh parasit kembali.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:29 Oleh :
Kategori : Ikan