Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Telinga Kucing Bagi Pemula Yang Benar

Kucing menjadi salah satu jenis hewan yang merupakan favorit untuk dipelihara karena bentuknya yang lucu dengan tingkah polah mengemaskan banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. Dalam proses memelihara kucing tentu ada beberapa hal terkait perawatannya yang harus diperhatikan dengan baik sehingga kondisi kesehatan kucing akan selalu terjaga. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah mengenai proses pembersihan telinga kucing. Berikut beberapa cara membersihkan telinga kucing bagi pemula yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan dengan benar dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Pegang kucing dengan benar

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam cara membersihkan telinga kucing bagi pemula adalah dengan memegang kucing secara benar. Bagian telinga yang bisa dipegang adalah bagian atasnya. Memegang kucing dengan benar perlu dilakukan agar kucing dapat dibersihkan telinganya. Jika kucing berontak ketika akan diperiksa bagian telinganya sebelum dibersihkan maka tenangkan kucing dulu atau lakukan pembersihan pada saat kucing memang dalam kondisi yang sudah tenang. (Baca juga : penyakit pada telinga kucing)

  1. Periksa bagian telinga

Sebelum pembersihan dilakukan maka telinga kucing harus diperiksa terlebih dahulu apakah kotor atau memang masih cukup bersih. Memegang telinga dengan benar diatas merupakan bagian dari proses pemeriskaan kotoran pada telinga kucing. Lihat secara fisik apakah ada kotoran yang terdapat di dalam telinga kucing dan adakah perilaku memberontak ketika kucing dipegang kupingnya sebagai bentuk tanda adanya permasalahan pada telinga kucing. (Baca juga : penyakit kulit pada kucing)

  1. Tetesi dengan cairan pembersih

Proses pembersihan tahap awal pada telinga yang sudah dipastikan kotor adalah dengan menggunakan cairan pembersih telinga yang bisa diperoleh di toko hewan. Cara penggunaannya cukup mudah yakni hanya dengan meneteskan cairan pembersihan telinga tersebut ke dalam telinga baik kanan maupun kiri dengan jumlah yang tidak berlebihan. Cairan pembersih tersebut akan mengeluarkan kotoran yang terdapat didalam telinga kucing. (Baca juga : cara menghilangkan belatung pada kucing)

  1. Pijat bagian telinga kucing

Setelah cairan pembersih diteteskan dalam telinga kucing maka berikan pijatan lembut di bagian telinga dan kepala kucing. Proses pemijatan tersebut dilakukan agar secara alami kucing dapat mengeluarkan dengan sendirinya cairan pembersih beserta kotoran dari telinga. Siapkan tisu untuk menampung kotoran yang dikeluarkan oleh kucing. Secara alami, adanya cairan di dalam telinga kucing akan menjadikannya mengelengkan kepala untuk mengeluarkan kotoran dan cairan tersebut. Gelengan kepala ini tidak hanya akan terjadi sekali namun beberapa kali sehingga berikan kesempatan kucing mengeluarkan kotorannya sendiri. (Baca juga : cara mencegah scabies pada kucing)

  1. Bersihkan dengan cotton bud

Setelah kucing tidak lagi menggelengkan kepalanya dan sudah merasa nyaman maka untuk memastikan dan membersihkan telinga kucing hingga tuntas dapat dibantu menggunakan cotton bud yan biasa dipakai untuk membersihkan telinga manusia. Lakukan proses pembersihan telinga kucing secara perlahan menggunakan cotton bud dan pastikan kucing tetap merasakan kondisi yang nyaman saat pembersihan dilakukan serta jangan terlalu dalam memasukan bagian cotton bud karena bisa jadi melukai bagian dalam telinga kucing. (Baca juga : cara menghilangkan jamur pada kucing)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membersihkan telinga kucing bagi pemula yang perlu diperhatikan dengan baik mengingat proses pembersihan telinga kucing akan membantu dalam menjaga kebesihan maupun kesehatan kucing secara tidak langsung.

,
Post Date: Thursday 23rd, May 2019 / 05:49 Oleh :
Kategori : Kucing