Sponsors Link

8 Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

Sponsors Link

Di Indonesia banyak sekali jenis burung yang bisa diketahui, baik yang bernilai mahal sampai dengan yang termurah. Apalagi saat ini dunia kicau makin meluas menjadikan populasi atau keberadaan burung makin di lindungi. Artinya saking banyaknya pecinta burung menjadikan hewan tersebut terlindungi karena kemungkinan di buru untuk di bunuh sangat kecil, dan di cari untuk di pelihara. Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai burung adalah kemampuan berkicaunya. Bagaimana dengan anda sendiri?

ads

Jika anda termasuk dalam daftar pecinta burung, salah satu jenis yang akan di sampaikan kali ini adalah burung jalak kapas. Tidak kalah populer jika dibandingkan dengan sederet burung mahal yang lain, jalak kapas makin gencar di cari lantaran mempunyai bulu indah. Beberapa tips memelihara Burung Jalak Kapas bagi pemula wajib anda pelajari, disana memberikan panduan lengkap bagi anda yang ingin memberikan perawatan tepat dan sesuai.

Pada dasarnya merawat burung tidak sekedar memberi makan atau minum saja tetapi juga harus rajin memandikan, memberikan vitamin dan suplai penunjang gizi bagi pertumbuhannya. Selain itu menjaga kebersihan juga termasuk bagian dari perawatan burung. Seperti inilah tips pemeliharaannya. (Baca Juga: Tips Merawat Burung Jalak Kapas)

Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

1. Mandikan Secara Teratur

Jika anda adalah pemelihara burung jalak kapas yang masih awalan, maka jangan lupa untuk rajin memandikan. Setidaknya dalam sehari harus di mandikan dua kali, tetapi caranya bukan di guyur sebagaimana orang mandi pada umumnya melainkan hanya di semprot dengan air yang ada di dalam botol semprot. Dengan begitu sang burung akan tetap berada di dalam sangkar tanpa anda harus memindahkan atau khawatir burung terbang tinggi dan tidak akan kembali lagi. Waktu yang bagus untuk memandikan burung adalah pagi pukul 07.00 dan untuk sore hari adalah 16.

 2. Gantang Setiap Pagi

Lakukan penggantangan pada burung jalak kapas anda yakni pada setiap pagi setelah di mandikan. Gantang adalah menggantungkan sangkar di sela-sela kayu atas, sehingga burung bisa merasakan udara sejuk dan segar. Selain itu tujuan di gantangnya burung agar tidak mudah membuatnya stres. (Baca Juga: Tips Ternak Burung Jalak Suren)

3. Lakukan Penjemuran

Bukan saja memandikan burung melulu, namun dalam tips pemeliharaan Burung Jalak Kapas kali ini juga harus memperhatikan untuk memberikan vitamin D dari paparan sinar matahari. Di maksudkan adalah anda harus melakukan penjemuran pada burung jalak kapas yakni pada pagi hari jam 08.00 usai di mandikan.

Akan tetapi, jangan terlalu lama anda membiarkan burung terkapar dibawah terik matahari. Penjemuran hanya bisa di lakukan sekitar 20 menit saja atau maksimal 30 menit dengan tetap menyediakan pakan dan minum di sangkar demi menjaga kesehatan daya tahan tubuh burung.

4. Pemberian Pakan yang Tepat   

Berikan makan yang tepat untuk burung jalak kapas anda. Terutama jika anda menginginkan burung jalak kapas cepat gacor, maka berikan makanan terbaik untuknya. Makanan umum burung jalak kapas tidak berbeda jauh dengan burung yang lainnya yakni diberikan voer. Akan tetapi tentu saja anda perlu penunjang lain seperti sayuran atau buah-buahan. Serta guna menambah gizi, anda bisa memberikan pakan berupa hewan kecil seperti serangga. (Baca Juga: Tips Ternak Jalak Nias)

Sponsors Link

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Suasana lingkungan di luar sangkar burung juga harus bersih, usahakan anda meletakkan burung pada tempat yang nyaman dan sejuk. Pastikan burung tidak merasa kepanasan akibat di letakkan tanpa adanya atap. Kebersihan menjadi nilai penting untuk kesehatan sang burung kedepannya.

6. Menjaga Kebersihan Sangkar

Selain membersihkan lingkungan sekitar, anda juga harus rajin membersihkan kandang burung alias sangkar. Setidaknya anda harus rajin mengganti tempat makan dan tempat minum setiap hari dan membuang kotoran burung setiap hari. Hal ini bertujuan agar sang burung bisa terhindar dari serangan penyakit yang datang dari bakteri akibat kotoran yang menetap. (Baca Juga: Cara Merawat Jalak Kebo Biar Jinak)

7. Jauhkan dari Kebisingan

Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula lainnya adalah dengan menghindarkan burung jalak anda pada kebisingan. Mengapa? Karena untuk pertama kali memelihara burung, otomatis burung perlu melakukan adaptasi yang tidak bisa langsung namun berkala. Cara terbaik agar burung tidak stres adalah dengan menjauhkan dari suara keras motor alias tempatkan di pekarangan rumah.

8. Pemberian Air Gula

Burung sangat menyukai air gula, jadi anda bisa memberikannya minimal tiga kali dalam seminggu. Air gula mampu memberikan efek nyaman pada pencernaan burung dan meningkatkan nafsu makan sehingga lebih cepat berkembang dan tumbuh besar. (Baca Juga: Ciri Hewan Ternak yang Sehat)

Dari delapan poin di atas, tidak lupa serta agar cepat melatih burung anda gacor yakni dengan rutin atau membiasakan sang burung mendengarkan mp3 suara burung. Dengan cara inilah maka jalak kapas anda merasa terdorong untuk ikut bersiul. Itulah tips memelihara burung jalak kapas yang bisa anda terapkan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 21:07 Oleh :
Kategori : Burung