Sponsors Link

8 Tips Merawat Burung Jalak Kapas

Sponsors Link

Seringkali muncul berbagai pertanyaan mengenai bagaimana tips merawat Burung Jalak Kapas. Kicau mania semua, tentu anda sudah tidak asing dengan salah satu jenis burung kali ini. Ya, burung jalak yang ternyata memang mempunyai beberapa jenis. Perlu anda ketahui, keluarga burung jalak yang ada di Indonesia ini hampir seluruh jenisnya digemari. Terutama oleh orang-orang yang hendak menjadikannya sebagai burung kicauan atau sekedar sebagai burung peliharaan saja.

ads

Dari banyaknya orang yang menyukai berbagai jenis burung jalak-jalakan ini pada kenyataannya tidak hanya menyasar pada burung jalak yang asli berasal dari Indonesia saja. Akan tetapi melainkan bahwa burung jalak yang berasal migrasi dari negara lain pun tetap banyak juga yang meminati. Sedangkan untuk nama burung jalak yang bukan termasuk burung endemik Indonesia, tetapi dicari oleh orang banyak adalah burung jalak kapas sutra atau biasa di kenal dengan burung jalak kapas.

Burung jalak kapas atau dikenal dengan burung jalak Tiongkok yang memiliki nama latin Sturnus Sturninus termasuk dalam jenis burung jalak yang asalnya dari daratan Himalaya serta dari Tiongkok. Adapun caranya yakni dengan mendatangi daerah – daerah yang tidak mengalami musim dingin, seperti Indonesia termasuk salah satunya. Pada waktu burung jalak jenis ini melakukan bermigrasi ke Indonesia, pada umumnya mereka menghuni beberapa daerah. Seperti halnya menempati wilayah di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, serta beberapa pulau kecil yang ada di sekitaran sunda besar. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Jalak Kapas)

Pada umumnya, burung tersebut datang pada perkiraan bulan Oktober sampai dengan bulan Maret dengan cara berkelompok atau secara beramai-ramai alias ombyokan. Burung jalak kapas dalam istilah asing dinamakan sebagai Purple Backet Starling ataupun Daurian Starling. Burung ini termasuk pada kelompok keluarga sturnidae atau kelompok keluarga jalak-jalakan.

Apabila anda membandingkannya dengan burung jalak jenis yang lain, ukuran ataupun panjang yang dimiliki pada tubuh burung ini terlihat lebih pendek. Sedangakan untuk burung dewasa saja mempunyai panjang yang kurang lebih sekitar 18 cm. Bagi anda yang belum pernah memeliharanya tentu rasa ingin memiliki muncul. Oleh karena itu penting sekali bagi anda mengetahui tips berikut agar mampu berkembang dan tumbuh seperti yang di inginkan.

Namun sebelum itu, ketahuilah akan ciri fisik dari jalak kapas sebelum anda benar-benar memantabkan untuk memeliharanya. Adapun ciri-ciri fisik dari burung jalak kapas ini adalah terdapat perbedaan antara jantan dan betina. Namun, untuk ukuran badannya tidak terdapat perbedaan baik jantan atau betina yang panjangnya hanya sekitar 18 cm saja. Selain itu untuk burung jantan sendiri akan tampak terdapat warna abu-abu pada bagian kepala dan juga bagian dadanya. Disamping itu masih banyak hal lain sebagai ciri dari jalak kapas, yakni pada bagian perutnya berwarna putih terang, dan punggungnya terlihat berwarna hitam mengkilap yang dilengkapi dengan kilauan dari warna ungu. (Baca Juga: Tips Ternak Burung Jalak Suren)

Sedangkan pada bagian sayapnya berwarna hitam sedikit kehijauan. Lalu untuk yang burung betinanya sendiri memang lebih terlihat warna abu-abu gosong pada bagian atas tubuhnya. Pada bagian tengkuknya terdapat bintik-bintik yang berwarna sedikit kecokelatan. Sedangkan untuk warna hitamnya akan ada pada bagian sayap dan juga ekornya. Pada waktu burung ini berada di alam liar biasanya mereka terdapat di daerah pesisir yang memiliki dataran rendah. Sewaktu masa-masa dimana mereka mencari makanan, pada umumnya jalak Tiongkok tersebut akan menyasar ke serangga kecil, biji-bijian, buah-buahan. Lain dari itu adalah cacing bisa menjadi makanan favoritnya.

Tips Merawat Burung Jalak Kapas

1. Pemilihan Kandang Tepat

Salah satu tips untuk merawat burung jalak kapas yang benar adalah dengan menentukan kandang alias sangkarnya. Terlalu sempit kandangnya juga akan berpengaruh buruk bagi kesehatan psikis sang burung. Akan tetapi jika terlalu luas juga memerlukan biaya lebih. Sebaiknya sediakan kandang yang sedang, menyesuaikan ukuran burung tetapi jangan terlalu sempit. (Baca Juga: Cara Merawat Jalak Kebo Biar Jinak)

2. Pemberian Pakan Sehat

Pakan sehat adalah pakan yang mengandung nutrisi. Agar baik untuk sang burung, anda bisa memberikan pakan berupa voer, jangkrik, ulat hongkong sampai dengan buah-buahan segar seperti apel, pepaya atau pisang.

Sponsors Link

3. Pemberian Multivitamin

Bukan saja pakan dan minum yang harus anda berikan setiap harinya. Burung jalak kapas ini tentu memerlukan asupan gizi lain seperti vitamin. Jangan lupa untuk rajin memberikan multivitamin yang pas untuk menunjang kekebalan tubuhnya.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Jangan lupa bahwa Tips Merawat Burung Jalak Kapas juga dengan memperhatikan kebersihan kadangnya. Perlu diketahui bahwa keadaan kandang yang jarang di bersihkan menjadi tempat bersarang bakteri yang akan membawa penyakit. Belum lagi burung juga akan stres dan bahkan parahnya bisa sampai mati. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mental Burung Lovebird)

5. Memandikan

Burung harus rajin di mandikan setiap hari sebanyak dua kali. Adapun waktu yang pas adalah di pagi hari pukul 07.30 dan sore pada pukul 15.00. Cukup dengan menyemprotkan air yang ada di dalam botol spray. Air untuk memandikan harus bersih, bukan air sisa cucian.

6. Penjemuran

Dengan menjemurkan burung di pagi hari maka lebih cepat mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari. Akan tetapi tidak sembarang waktu untuk berjemur, yakni tepatnya di jam 08.00 atau setelah mandi pagi hari dan proses penjemuran selama 30 menit.

7. Pemasteran

Pemasteran adalah bagian dari cara merawat burung. Ini adalah waktu dimana anda memperdengarkan kepada sang burung akan suara kicauan burung lain melalui media elektronik seperti mp3. Cara ini banyak di gunakan sebagai latian agar burung bisa mengikuti dan cepat gacor. (Baca Juga: Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor)

8. Penjodohan

Jika sang burung telah klabakan tidak jelas, kemungkinan telah memerlukan lawannya untuk dijodohkan. Jika seperti ini telah terjadi sebaiknya anda segera memijahkan burung tersebut.

Demikian 8 tips merawat Burung Jalak Kapas untuk Anda semuanya, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, February 2019 / 17:10 Oleh :
Kategori : Burung