Sponsors Link

8 Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Sponsors Link

Sebagian besar orang, khususnya pria memang menghabiskan hobi mereka pada satu hal yakni pada dunia kicau. Adapun yang di maksud dunia kicau yakni ternak burung atau memelihara burung. Saat ini sudah banyak penghobi atau pecinta burung, bukan saja di kalangan pria tetapi wanita pun banyak yang suka. Pasalnya burung sendiri mempunyai banyak spesies serta per spesies tersebut mengandung banyak jenis. Belum lagi kecantikan corak tubuhnya yang menggoda.

ads

Akan tetapi pada kenyataannya bukan saja soal warna bulu yang di cari, akan tetapi kelincahan dalam bersuara alias gacor. Anda tentu sudah mengerti bukan, bahwa burung saat ini banyak di pelihara untuk di lombakan atau mengikuti kompetisi kicau. Pada ajang seperti inilah sang burung akan menuai pujian serta penghargaan jika suaranya paling bagus. Sedangkan tidak lupa ada hadiah uang tunai, tergantung setiap penyelenggaraan.

Lalu apa saja burung yang paling sering anda jumpai? Pastinya sangat banyak sekali, mulai dari burung murai batu, burung beo, burung nuri, burung cucak rowo dan masih banyak lagi serta tidak lupa akan jalak suren. Nah, untuk burung jalak suren inilah yang umum di dapatkan karena memang harganya terjangkau serta mampu menghasilkan suara indah jika di latih. Lantas seperti apa tips merawat Burung Jalak Suren supaya Gacor? Tidak perlu bingung, dalam kesempatan ini akan di bagikan mengenai 8 tips untuk membuat burung jalak suren milik anda mampu gacor lantang. Namun sebelumnya, akan lebih baik jika anda juga memahami terlebih dahulu akan burung ini. (Baca Juga: Manfaat Memelihara Burung Jalak Suren)

Buat anda pencinta burung memang sudah bukan hal baru lagi menyebut nama jalak suren. Burung ini berasal dari famili Sturnidae yang memang mempunyai banyak penggemar. Hal ini dikarenakan kicauan burung jalak suren sendiri yang ternyata bervariasi sehingga banyak yang suka. Hal yang paling di tunggu pada jalak suren ini bagi pecinta burung semua adalah ketika berkicau, memang pada dasarnya suaranya cukup khas. Penting bagi anda semua memperlakukan hewan selayaknya, salah satunya dengan memberikan perawatan terbaik agar mudah gacor.

Tips Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

1. Pemberian Pakan yang Bernutrisi

Memelihara hewan memang memerlukan waktu, tenaga, serta biaya, termasuk merawat burung jalak suren. Karena inilah, apabila anda ingin memelihara burung ini maka perlu merawat dan memperhatikannya dengan baik. Perawatan yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari pemberian pakan hingga memberikan nutrisi supaya burung tetap sehat dan ceria. Salah satu tips terbaiknya yakni dengan memberikan pakan dengan kandungan nutrisi yang tetap terjaga.

Anda bisa memberikan pakan pada jalak suren berupa voer yang mengandung protein tinggi, seperti voer ayam, voer hijau, ataupun voer lele. Selain voer dengan kandungan protein tinggi, anda juga bisa menambah dengan memberikan buah-buahan, seperti pisang kepok dan juga apel. (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren)

2. Pemberian Pakan Tambahan

Jangan hanya itu dan itu saja, selain bosan nutrisi burung juga tidak akan stabil. Tips lainnya agar jalak suren anda gacor adalah dengan memberikan asupan pakan tambahan. Adapun pakan tambahan yang bisa anda berikan yakni seperti ulat kandang, jangkrik sampai dengan kroto. Demikian tiga jenis pakan tambahan tersebut bisa anda berikan tetapi dengan catatan bahwa anda tidak bisa memberikan pakan tambahan ini secara sembarangan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan si burung agar tidak ngawur.

Pada waktu pagi harinya anda bisa memberikan tiga ekor jangkrik, dan lima ekor jangkrik untuk makanan di sore hari. Akan tetapi apabila anda memilih untuk memberikan ulat kandang, sebaiknya pilihlah waktu di pagi hari saja. Untuk pakan tambahan jenis kroto, anda disarankan hanya memberikan satu sendok teh saja sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, jangan sampai lebih.

3. Pemberian Multivitamin

Disamping dua hal yang telah di sebutkan, jangan lupa untuk memberikan multivitamin demi menunjang aktivitas si burung, mengingat sifatnya yang sangat aktif serta banyak bergerak. (Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stres)

Sponsors Link

4. Memandikan

Perawatan lain sang burung tak lepas dari memandikannya. Lakukan ini sebagai rutinitas anda merawat jalak suren agar mudah gacor. Mandikan minimal dua kali sehari yakni setiap pagi jam 07.30 dan sore pukul 15.00.

5. Penjemuran

Selain memandikan burung jalak suren, anda juga harus telaten untuk menjemurnya. Adapun waktu terbaik menjemur sang burung yakni pukul 08.00 atau seusai mandi di pagi hari dengan lamanya 30 menit dan tidak lepas air yang terus ada di dalam kandang. Tujuan ini agar burung mendapatkan vitamin D. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Jalak Suren)

6. Pemasteran

Pemasteran adalah salah satu tips paling cepat. Cara ini dapat dilakukan atau tidak tergantung sesuai kebutuhan sang burung. Hal ini dikarenakan tanpa master pun, jalak suren sebenarnya sudah memiliki suara yang menarik. Akan tetapi, apabila anda sendiri merasa butuh untuk melakukan pemasteran, maka jalak suren peliharaan anda akan lebih sering berkicau.

7. Sangkar

Cara lain jangan lupa untuk terus memperhatikan kebersihan kandang. Dengan kondisi yang bersih, burung pun merasa nyaman dan mampu merasa senang hingga mengeluarkan suara tanpa beban. (Baca Juga: Tips Ternak Burung Jalak Suren)

8. Jauhkan dari Predator

Menjauhkan dari predator sama berarti anda telah menggalang stress sang burung. Karena jika dibiarkan, burung akan stres dan sulit gacor.

Demikianlah 8 tips merawat Burung Jalak Suren supaya Gacor yang dapat Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, February 2019 / 17:00 Oleh :
Kategori : Burung