Sponsors Link

5 Manfaat Madu Untuk Burung Jalak Suren

Jalak suren merupakan salah satu jenis burung jalak yang dipelihara di masyarakat. Jalak suren sebenarnya burung yang hidup berkelompok dan dapat dijumpai di daerah pedesaan maupun lingkungan perkotaan di wilayah asia tenggara dan sebagaian india. Dalam proses perawatannya, makanan atau pakan burung menjadi hal yang harus diberikan untuk manfaat tertentu. Dalam artikel ini, arenahewan.com akan menjelaskan mengenai manfaat madu untuk burung jalak suren yang dapat diperhatikan dan dipahami agar bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Menjaga stamina burung

Madu memiliki kandungan tiga jenis gula yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Ketiga jenis madu tersebut sangat diperlukan oleh tubuh burung untuk membantu membentuk energi dan stamina terutama fruktosa yang paling mudah diserap. Dengan adanya ketiga kandungan madu tersebut, tentu akan membantu burung kicauan seperti burung jalak suren tersebut memiliki stamina yang bagus dan berguna untuk mendapatkan kicauan yang gacor. (Baca juga : cara mengatasi burung jalak suren stres)

  1. Menjaga daya tahan tubuh burung

Selain stamina yang terjaga, manfaat madu untuk burung jalak suren lainnya adalah membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh burung jalak suren tersebut. Kandungan nutrisi di dalam madu mampu menjaga kesehatan burung dan menjadikannya tidak mudah mengalami berbagai macam bentuk masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalam madu juga membantu peran peningkatan daya tahan tubuh tersebut. (Baca juga : tips ternak burung jalak suren)

  1. Mengatasi beberapa gejala penyakit

Madu dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang terjadi pada tengorokan dan pada saluran pernafasan. Beberapa gejala yang dapat dibantu dibantu pengatasannya oleh madu tersebut ketika diberikan kepada burung diantaranya seperti sesak nafas, radang akibat alergi, suara burung yang serak, dan lain sebagainya. Efek pengatasan permasalahan tersebut dapat diperoleh dari kandungan nutrisi yang tinggi pada madu dan sifatnya yang mampun menghangatkan tubuh burung jalak tersebut. (Baca juga : cara merawat jalak suren di musim hujan)

  1. Membantu burung dalam proses reporduksi

Kandungan madu yang cukup baik bagi kesehatan juga dapat membantu burung jalak suren dalam proses reproduksinya. Manfaat madu untuk burung jalak suren tersebut yang berkaitan dengan reproduksi adalah meningkatkan produksi telur dan memastikan agar kualitas telur yang dihasilkan cukup baik. Madu juga dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan bagi anakan burung agar selalu mampu tumbuh dengan baik hingga besar. Madu dapat membantu menurunkan resiko kematian piyek atau anakan burung. (Baca juga : cara merawat jalak suren anakan)

  1. Mencegah dan mengatasi penyakit pada kulit

Manfaat lainnya dari madu adalah membantu mencegah dan mengatasi penyakit pada kulit dan tulang burung. Adanya permasalahan penyakit pada tulang dan kulit burung tersebut tentu akan mempengaruhi kualitas secara menyeluruh dari burung serta dapat menimbulkan dampak burung bagi kesehatan burung. Selain manfaat yang disebutkan tersebut, madu juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya seperti sebagai sumber energi yang mudah dicerna, mencegah pertumbuhan yang abnormal, mengatur suhu tubuh, membantu proses pembentukan jaringan epithel, dan dapat membantu proses penyembuhan luka. (Baca juga : cara budidaya burung jalak suren)

Itulah beberapa manfaat madu untuk burung jalak suren yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar oleh setiap pemilik burung sehingga dapat memanfaatkannya dengan baik sesuai dengan kebutuhan setiap burung yang dimiliki tersebut.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, January 2019 / 00:51 Oleh :
Kategori : Burung