Sponsors Link

5 Manfaat Jangkrik Untuk Burung Merpati

Jangkrik menjadi salah satu jenis serangga yang banyak sekali dimanfaatkan sebagai salah satu pakan bagi hewan ternak termasuk dalam hal ini adalah makanan untuk burung. Memilih pakan burung seperti jangkrik tentu dilandasi oleh pertimbangan tertentu dari pemilik burung guna mendapatkan manfaat dari jangkrik tersebut termasuk bagi burung merpati. Berikut ini beberapa manfaat jangkrik untuk burung merpati yang dapat diperhatikan dan dipahami sebagai salah satu upaya dalam proses perawatan burung tersebut melalui penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara merawat bulu merpati yang rusak)

  1. Meningkatkan birahi dan emosi burung 

Birahi dan emosi burung merupakan hal yang perlu dijaga dengan baik oleh para pemilik burung. Birahi burung berguna untuk proses reproduksi namun tidak boleh berlebihan juga sehingga harus diperhatikan. Penggunaan jangkrik diperlukan dalam membantu meningkatkan birahi pada burung yang memang difokusnya untuk dapat melakukan proses reproduksi dan menghasilkan anakan burung yang baik. (Baca juga : tips merawat burung merpati aduan)

  1. Nutrisi penting bagi setiap burung 

Jangkrik merupakan salah satu jenis ekstra food atau makanan / pakan tambahan yang sering diberikan kepada berbagai macam jenis burung termasuk pada burung merpati. Manfaat jangkrik untuk burung merpati selanjutnya adalah dapat membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan burung yang memang nutrisi tersebut terkandung di dalam jangkrik terutama protein.

  1. Menjaga kesehatan burung merpati

Burung merpati tepat perlu dijaga kondisi kesehatannya mengingat adanya banyak penyakit disekitar lingkungan burung yang perlu dijega. Manfaat dalam menjaga kesehatan burung tersebut tentu diperoleh dari adanya berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi serta zat zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh burung. Burung yang selalu terjaga daya tahannya sangat penting ketika musim musim penghujan. (Baca juga : cara merawat merpati sebelum lomba)

  1. Menjadikan burung lebih tenang

Manfaat lainnya dari jangkrik yang diberikan kepada burung merpati adalah membantu menjadikan burung memiliki sikap yang lebih tenang. Sikap tenang atau rileks pada burung merpati  tersebut dapat diperoleh karena kondisi staminanya yang terjaga, dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, serta kebutuhan nutrisi yang selalu terpenuhi dengan baik pada saat mengkonsumsi makanan tambahan seperti jangkrik. Kondisi burung yang lebih tenang dapat membantu dalam persiapan lomba agar diperoleh hasil yang maksimal. (Baca juga : cara menggiringkan merpati dengan cepat)

  1. Membuat burung merpati lebih bertenaga

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam jangkrik diantaranya seperti  protein, lemak, karbohidrat, asam amino, protein kolagen, hormon steroid, hormon progesterone, dan hormon estrogen tentu masing masing berguna bagi tubuh. Berbagai macam kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan tenaga yang dimiliki oleh burung merpati sehingga pada saat digunakan untuk mengikuti lomba maka burung dapat terbang lebih cepat. (Baca juga : ciri ciri burung merpati mau bertelur)

Itulah beberapa manfaat jangkrik untuk burung merpati yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para pemilik burung agar dapat digunakan dengan baik, Manfaat yang ada dari jangkrik tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Ketersediaan jangkrik yang terkadang kosong di toko toko burung menjadikan satu permasalahan tersendiri untuk dapat memberikan manfaat bagi burung secara langsung baik untuk burung aduan seperti burung merpati yang dijelaskan diatas maupun burung kicauan seperti burung kacer, dan lain sebagainya

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, January 2019 / 00:42 Oleh :
Kategori : Burung