Sponsors Link

5 Manfaat Daun Pepaya Untuk Burung Merpati

Burung merpati menjadi salah satu jenis burung yang sudah dipelihara sudah sejak lama terutama di daerah pedesaan. Dalam proses perawatan burung tersebut, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan agar burung selalu sehat dan memiliki kondisi yang diinginkan oleh pemiliknya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah mengenai makanan atau pakan burung yang diberikan. Berbagai macam jenis pakan burung tertentu tentunya akan memiliki manfaat yang tertentu juga dan salah satunya adalah daun pepaya. Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya untuk burung merpati yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik burung tersebut dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara merawat bulu merpati yang rusak)

  1. Menambah nafsu makan burung

Manfaat daun pepaya untuk burung merpati yang pertama adalah dapat membantu dalam menambah nafsu makan burung. Manfaat peningkat nafsu makan tersebut sudah banyak dilakukan oleh para pemilik burung yang burung merpatinya tidak atau sulit untuk makan. Cara pemberian daun pepaya dalam meningkatkan nafsu makan bukan langsung diberikan utuh dalam bentuk daun namun harus dilumat dan diambil sarinya yang kemudian diberikan atau dicekokan kepada burung. Efek peningkatan nafsu makan tersebut baru akan muncul jika digunakan secara konsisten.

  1.  Salah satu komposisi jamu untuk merpati

Daun pepaya dengan berbagai macam kandungan nutrisi lainnya sering digunakan dalam campuran untuk jamu bagi burung merpati. Jamu tersebut digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan burung merpati agar selalu terjaga dengan baik dan pastinya dan pastinya tidak akan mudah mengalami berbagai macam masalah kesehatan yang dapat terjadi pada burung merpati. (Baca juga : ciri ciri burung merpati mau bertelur)

  1. Meningkatkan stamina burung merpati

Manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari pemberian daun pepaya untuk burung merpati adalah membantu meningkatkan stamina pada burung tersebut. Peningkatan stamina burung tersebut sangat penting terutama agar burung dapat terbang dengan cepat. Pemberian daun pepaya biasanya dilakukan dengan cara memerasnya terlebih dahulu hingga keluar sari daun pepaya yang kemudian di cekokkan kepada burung karena tidak semua burung mau untuk makan daun pepaya secara langsung. (Baca juga : cara merawat merpati sebelum lomba)

  1. Memperlancar pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk burung merpati lainnya adalah membantu dalam memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatannya. Kondisi pencernaan yang lancar akan mampu menjadikan berbagai macam nutrisi dalam makanan atau pakan burung yang dikonsusmi oleh burung merpati tersebut dapat terserap dengan baik. Penyerapan yang baik dari nutrisi tersebut tentu sangat berguna bagi aktivitas tubuh dan tumbuh kembang burung merpati. (Baca juga : cara menggiringkan merpati dengan cepat)

  1. Menjaga berat badan burung

Sama halnya dengan manusia, kondisi berat badan burung merpati terutama untuk yang ingin diadu dalam perlombaan harus benar benar terjadi dengan baik. Berat badan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah akan membantu burung memiliki kemampuan terbang yang lebih baik dengan cara memberikan ramuan daun pepaya.  (Baca juga : tips merawat burung merpati aduan)

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk burung merpati yang dapat diperhatikan dan digunakan oleh pemilik burung demi tujuan tertentu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Pemberian daun pepaya biasanya dilakukan dalam bentuk jamu ekstrak daun pepaya dan bukan dengan memberikan secara langsung daun pepaya kepada burung karena mungkin tidak akan dikonsumsi oleh burung tersebut.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, January 2019 / 00:37 Oleh :
Kategori : Burung