Sponsors Link

6 Cara Mengetahui Ternak Ayam Pedaging Berhasil Dengan Hasil Maksimal

Sponsors Link

Protein hewan menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus tersedia dan dikonsumsi oleh manusia setiap hari. Salah satu bentuk protein hewani yang banyak dikonsumsi berasal dari ayam pedaging. Karena tingginya kebutuhan ayam tersebut menjadikannya sebagai salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan. Dalam proses ternak ayam pedaging, keberhasilan untuk menghasilkan ayam berkualitas merupakan tujuan akhirnya. Berikut beberapa cara mengetahui ternak ayam pedaging berhasil dilakukan dalam ulasan di bawah ini.

ads
  1. Hasil ayamnya melimpah

Hal pertama yang dinilai ketika proses ternak dinyatakan berhasil tentunya adalah hasilnya itu sendiri. Ketika jumlah ayam yang dihasilkan dalam proses ternak banyak dan melimpah tentu peternakan ayam pedaging tersebut dapat dikatakan berhasil. Jumlah ayam yang dihasilkan juga harus sesuai dengan jumlah bibitnya atau tidak beda jauh mengingat ayam tidak memperbanyak diri. (Baca juga : jenis penyakit pada ayam pedaging)

  1. Ayam dalam kondisi yang sehat

Cara mengetahui ternak pedaging berhasil lainnya adalah dengan melihat apakah kondisi setiap ayam yang diternakkan memiliki kesehatan yang optimal tanpa adanya keadaan fisik maupun kesehatan yang terganggu. Kondisi ayam yang sehat terlihat dari perilakunya yang normal dan aktif serta tetap memiliki nafsu makan yang terjaga. Cacat fisik pada ayam juga tidak ditemukan sebagai bagian dari syarat ayam dalam kondisi sehat. (Baca juga : cara sukses ternak ayam broiler)

  1. Bobot ayam ideal

Sebagai ayam pedaging tentu salah satu syarat yang menjadikan hasil ternak ayam memiliki kualitas yang baik adalah bobotnya. Dengan bobot yang ideal dan besar maka ayam akan memiliki nilai tawar harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang berbobot kecil dan kerempeng. Ayam yang berbobot ideal dan lebih besar pastinya akan memiliki jumlah daging yang lebih banyak. (Baca juga : jenis penyakit pada ayam broiler)

  1. Keuntungan lebih besar dibandingkan biaya produksinya

Sebagai peternak, keuntungan dari hasil ternak tentu merupakan tujuan akhir yang dapat dicapat melalui perantara hasil ayam yang baik. Cara mengetahui ternak ayam pedaging berhasil lainnya adalah melihat seberapa banyak keuntungan secara materi yang didapatkan dari hasil proses ternak yang sudah dijalani. Jika hasil keuntungan yang diperoleh lebih banyak berkali kali lipat dibandingkan biaya produksinya maka dapat dikatakan proses ternak berhasil. (Baca juga : cara merawat ayam potong dengan baik dan benar)

  1. Membandingkan dengan peternakan lain

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui keberhasilkan proses ternak ayam pedaging adalah dengan membandingkannya. Pembandingan proses ternak dengan peternakan lain dapat mengetahui seberapa efektif proses ternak yang dihasilkan dan berapa hasil yang diperoleh. Ketika proses ternak lebih efektif dan hasilnya lebih maksimal maka aktivitas ternak ayam pedaging tersebut sudah berhasil. (Baca juga : cara mengatasi lumpuh pada ayam broiler)

  1. Proses ternak dapat diulang

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui peternak ayam yang dimanfaatkan dagingnya berhasil atau tidak adalah dengan melakukan proses ternak yang sama lagi. Pengulangan yang berlangsung terus dan mendapatkan hasil ternak yang konsisten maka dapat dikatakan proses ternak yang dilakukan sudah berhasil. Jika kondisi pengulangan menunjukan ayam tidak berkembang dengan baik maka bisa jadi prosesnya perlu diperhatikan lagi. (Baca juga : 

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengetahui ternak ayam pedaging berhasil dalam ulasan yang diberikan diatas. Keberhasilan proses ternak pastinya ditentukan oleh langkah dan pertimbangan yang tepat dari peternak.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 01:21 Oleh :
Kategori : Ayam