Sponsors Link

6 Cara Mendapat DOC Ayam Petelur Berkualitas Dan Siap Dibesarkan

Sponsors Link

Proses peternakan ayam petelur masih menjadi salah satu bentuk usaha yang menguntungkan mengingat kebutuhan telur ayam yang masih sangat tinggi di masyarakat. Dalam proses ternaknya, pemilihan DOC ayam petelur menjadi satu langkah yang harus dilakukan dengan tepat dan benar. DOC ayam petelur merupakan bibit ayam unggul yang masih berumur kisaran 1 – 10 hari atau paling lambat 14 hari. DOC sendiri secara kepanjangan merupakan day old chicken atau dalam bahasa Indonesianya ayam berumur satu hari. Berikut beberapa cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas yang dapat membantu proses ternak ayam petelur tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Melakukan proses ternak sendiri

Cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas yang sebenarnya rumit adalah dengan melakukan proses ternak sendiri. Melalui proses peternakan sendiri maka DOC ayam yang akan dihasilkan lebih dapat terkontrol serta terpercaya karena setiap proses krisis dalam ternaknya dilakukan secara baik oleh peternak ayam itu sendiri. DOC dari hasil ternak sendiri memang akan lebih berkualitas dan terkontrol namun memiliki syarat yakni peternaknya harus sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam membuat DOC sendiri. (Baca juga : cara ternak ayam jawa super pola hcs)

  1. Membeli DOC yang sudah siap

Selain melalui proses peternakan sendiri yang lebih terjaga kualitasnya, DOC ayam petelur berkualitas juga bisa diperoleh dengan mudah yakni melalui penjual DOC ayam yang sudah ada. Meskipun mudah dan praktis, pembelian DOC ayam secara langsung pada penyediaannya perlu ketelitian dan pertimbangan agar DOC ynag diperoleh memang benar memiliki kualitas yang baik. (Baca juga : cara beternak ayam joper)

  1. Mempelajari proses pembuatan DOC dari yang berpengalaman

Membeli DOC yang sudah siap memang beresiko dan untuk mereka yang belum bisa membuat DOC sendiri pasti menyusahkan. Oleh karena itu, karena DOC merupakan salah satu bagian penting dalam proses ternak maka peternak harus dalam membuat DOC itu sendiri dengan mempelajarinya dari para peternak lain yang memang sudah berpengalaman. (Baca juga : cara memelihara anak ayam dengan baik)

  1. Membeli dari seller terpercaya

Jika membeli DOC adalah pilihan akhir yang akan dilakukan maka sebaiknya proses pembelian dilakukan dengan pertimbagan yakni hanya membeli DOC dari seller yang terpercaya. Jangan mudah dirayu oleh penyedia DOC baru yang akan memberikan harga lebih murah ketika kualitas DOC yang terlihat kurang baik. (Baca juga : cara ternak anak ayam pejantan sukses)

  1. Membeli atas rekomendari dari komunitas

Diera milenial sekarang ini, informasi dapat diperoleh dari mana saja termasuk dari komunitas termasuk komunitas peternak. Bergabung dengan komunitas lebih cepat membantu meningkatkan kemampuan beternak termasuk bisa memperoleh saran mengenai DOC yang baik dan dimana tempat membelinya. Komunitas tersebut dapat mudah ditemui di media sosial. (Baca juga : cara memelihara ayam petelur)

  1. Rekomendasi dari teman

Memahami DOC yang berkualitas merupakan kunci dari keberhasilan pemilihan DOC bagi para peternak. Dengan pemahaman yang kuat maka DOC yang dibeli pasti berkualitas. Jika kemampuan pemahaman tersebut kurang maka dapat meminta bantuan relasi atau teman yang memang lebih paham mengenai DOC ayam petelur.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas yang perlu diperhatikan agar memiliki ayam petelur yang nantinya mampu menghasilkan telur melimpah serta berkualitas baik. Secara garis besar DOC ayam dapat dibuat sendiri maupun dibeli ke penyediannya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 01:09 Oleh :
Kategori : Ayam