Sponsors Link

3 Alasan Lebah Menghasilkan Madu Yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Lebah merupakan salah satu hewan yang sebenarnya dibenci karena dapat menyengat namun juga disukai hasil madunya. Madu lebah merupakan salah satu bahan yang dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai hal terutama membantu menjaga kondisi kesehatan dan dijadikan olahan berbagai makanan maupun minuman. Meskipun sudah memanfaatkannya bahan membudidayakan lebah untuk menghasilkan madu, terkadang alasan lebah secara biologis menghasilkan madu mungkin belum banyak diketahui. Berikut penjelasan mengenai alasan lebah menghasilkan madu dalam ulasan di bawah ini.

ads
  1. Makanan lebah itu sendiri

Alasan pertama lebah menghasilkan madu adalah karena madu adalah makanan bagi lebah itu sendiri. Lebah memang mengkonsumsi madu yang dihasilkannya sehingga itulah yang menjadi salah satu alasan besar kenapa madu perlu dihasilkan oleh lebah. Dengan adanya madu maka kelangsungan hidup koloni tetap terjaga. (Baca juga : cara budidaya lebah madu liar)

  1. Sebagai persediaan makanan

Alasan lebah menghasilkan madu yang selanjutnya adalah sebagai persediaan bahan makanan untuk koloni lebah itu sendiri. Pada kondisi tertentu lebah memang akan kesulitan untuk mendapatkan makanan terutama ketika bunga bunga mulai tidak tumbuh sehingga membutuhkan adanya cadangan makanan untuk manghadapi hal tersebut. Lebah mendapatkan madu dari nektar bunga yang disimpan di dalam sarang lebah sehingga kapanpun makanan dibutuhkan selalu tersedia.

Komposisi yang menyusun madu juga sangat luar biasa dimana di dalamnya terdapat senyawa yang menjadikan madu tidak mudah ditumbuhi bakteri sehingga menjadikan madu awet secara alami. (Baca juga : cara budidaya lebah madu hutan)

  1. Berjaga jaga dari ancaman predator

Alasan kedua kenapa lebah menghasilkan madu adalah untuk berjaga jaga dari adanya ancaman predator dari dalam kawanan atau koloni lebah. Ancaman predator yang membahayakan dapat diatasi dengan masuknya lebah ke dalam sarangnnya. Lebah bisa tetap berada di dalam sarangnya tanpa takut mati akibat kelaparan karena adanya madu di dalam sarang lebah. (Baca juga : proses budidaya lebah madu)

Apakah Madu Yang Dipanen Peternak Membahayakan Koloni Lebah ?

Terkait alasan lebah memproduksi madu yang disebutkan diatas, seringkali muncul pertanyaan, apakah madu yang dipanen atau diambil dari dalam sarah lebah akan menyebabkan bahaya bagi koloni lebah. Jawaban dari pertanyaan tersebut memang bisa iya dan bisa tidak. Iya ketika jumlah madu yang diambil dari dalam sarang adalah keseluruhannya terutama hal ini dilakukan pada sarang lebah liar untuk mendapatkan madu alam. Namun pada peternakan lebah, kondisi tersebut dapat dihindari.

Petani lebah tentu tetap menginginkan agar lebah lebahnya terus menghasilkan madu tanpa terpengaruh oleh kondisi yang lain sehingga ketika melakukan panen terhadap madunya maka jumlah yang dapat dipanen sudah diperhitungkan dengan baik. Dengan tidak mengambil seluruh madu yang diproduksi oleh lebah maka koloni lebah tetap dapat hidup dengan normal dan akan terus memproduksi madu. Lebah sendiri secara alam juga akan memproduksi madu lebih banyak dari total kebutuhan koloni lebah yang digunakan untuk mencegah adanya kondisi yang tidak diinginkan. (Baca juga : cara ternak lebah madu bagi pemula)

Itulah beberapa penjelasan mengenai alasan lebah menghasilkan madu yang perlu diperhatikan mengingat madu yang selama ini dimanfaatkan oleh manusia dengan rasa dan manfaat yang luar biasa ternyata memang dibutuhkan oleh lebah itu sendiri sebagai bagian dari makanannya. (Baca juga : cara budidaya lebah madu bagi pemula)

 

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 01:03 Oleh :
Kategori : Lebah