Sponsors Link

6 Manfaat Silase Untuk Pakan Sapi Potong Yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sapi merupakan salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak di ternakkan oleh para peternak di daerah karena besarnya kebutuhan yang ada terkait daging sapi maupun susunya. Sapi potong dalam proses ternaknya tentu ditujukan untuk memiliki jumlah daging yang melimpah. Untuk mendapatkan keadaan ideal tersebut maka salah satu proses ternak yang perlu diperhatikan adalah pemilihan pakan sapi. Dalam pembahasan terkait pakan sapi kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat silase untuk pakan sapi potong dalam ulasan di bawah ini.

ads
  1. Untuk mengawetkan pakan ternak sapi potong

Manfaat silase untuk pakan sapi potong yang pertama adalah untuk mengawetkan pakan bagi sapi yang diternakkan. SIlase merupakan proses pengawetan pakan sapi yang menjadikan pakan tersebut lebih awet dan tahan lama untuk diberikan kepada sapi. Meskipun dapat mengawetkan pakan sapi, silase yang diproses melalui fermentasi juga memiliki kelemahan dimana akan terdapat beberapa nutrisi dalam pakan sapi potong yang berkurang dibandingkan kondisi segarnya. (Baca juga : bahan pakan ternak ruminansia)

  1. Menjaga ketersediaan pakan

Proses silase pada pakan ternak yang dapat mengawetkannya lebih lama memiliki manfaat lain yakni menjaga ketersediaan pakan untuk jangka waktu yang lebih lama terutama ketersediaan pakan hijauan. Pakan hijauan pada sapi memang akan mengalami penurunan ketersediaan untuk kondisi segarnya terutama saat memasuki musim panas atau musim dingin dinegara yang mengenalnya. Dengan adanya pengawetan dan penggunaan yang lebih panjang tersebut maka ketersediaan pakan sapi hijauaan akan tetap terpenuhi. (Baca juga : cara membuat pakan ternak domba fermentasi)

  1. Pakan silase lebih disukai ternak

Meskipun ada proses yang harus dilakukan oleh peternak dalam menyiapkan pakan silase untuk sapi potongnya, pakan silase memiliki satu keunggulan yakni lebih disukai oleh sapi dibandingkan pakan segarnya. Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sapi yang sedang mengalami penurunan nafsu makan. (Baca juga : manfaat keong mas untuk pakan ternak)

  1. Menampung jumlah pakan yang melimpah

Di musim penghujan, jumlah pakan hijauan tentu akan mengalami peningkatan seiring kesuburan tanah dan tanaman penghasil pakan sapi potong yang meningkat. Adanya kelebihan pakan tersebut bagi peternak jaman dulu seringkali menimbulkan tumpukan pakan sisa yang akan terbuang karena busuk dan tidak dapat dimanfaatkan. Manfaat silase untuk pakan sapi potong yang dapat mengawetkan pakan segar menjadikannya dapat tertampung lebih banyak dan bisa dimanfaatkan kemudian hari. (Baca juga : cara membuat pakan ternak sapi fermentasi)

  1. Memiliki nutrisi tinggi

Beberapa peternak sedikit ragu dengan kandungan nutrisi pada proses silase yang akan lebih rendah dibandingkan pakan segarnya. Namun ternyata, dengan adanya proses fermentasi dalam tahapan silase tersebut menjadikan pakan memiliki nilai nutrisi yang lebih tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada sapi potong. (Baca juga : cara membuat pakan kambing)

  1. Mengolah limbah pertanian

Disaat musim pakan sedang dalam kondisi yang melimpah, limbah hasil pertanian yang berpotensi menjadi pakan hijauan ternak terkadang tidak termanfaatkan dengan baik sehingga lebih banyak dibuang. Dengan adanya proses silase maka limbah pertanian dapat tetap dimanfaatkan dengan terlebih dahulu diawetkan melalui fermentasi yang kemudaian akan diberikan kepada sapi potong ketika jumlah pakan sedang kurang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat silase untuk pakan sapi potong yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak karena banyaknya dampak yang positif dari proses silase tersebut.

Sponsors Link
,




Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 00:33 Oleh :
Kategori : Sapi