Sponsors Link

8 Manfaat Keong Mas untuk Pakan Ternak

Sponsors Link

Pemanfaatan keong mas sebagai pakan ternak kini telah menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan pakan yang alternatif dan berkualitas guna mendorong peningkatan produksi usaha ternak. Daging keong mas sendiri ternyata dapat diberikan kepada ternak dalam keadaan mentah (segar) maupun dalam bentuk olahan. Umumnya dan kebanyakan, keong mas dijadikan pakan pada ternakan seperti sapi, kambing, ayam dan itik. Tentunya hal itu sudah mempertimbangkan manfaat Keong Mas untuk pakan ternak, tidak sembarangan.

ads

Keong mas adalah jenis hewan yang mempunyai sumber protein murah. Artinya hewan ini banyak sekali kandungan protein yang bisa anda berikan pada ternakan. Selain itu keong mas juga kaya akan kalsium yang bagus sekali untuk pembentukan tulang sang hewan ternakan anda. Sebelum di olah menjadi pakan, Keong Mas di buat menjadi tepung terlebih dahulu. Jadi, hewan ini harus di olah agar menjadi tepung daging keong mas, tepung cangkang atau bahkan silase keong mas.

Anda bisa membelinya atau membuat sendiri dengan cara mudah, yakni tidak memberikan pakan keong mas selama dua hari. Kemudian pisahkanlah daging dari cangkangnya tersebut. Lalu irislah tipis-tipis daging keong mas dan jemur dibawah terik matahari sampai mengering. Setelah itu baru bisa melakukan oven 60 derajat celcius. Tujuan pelaksanaan oven ini agar kadar air pada daging keong berkurang. Tahap berikutnya yakni dengan menggiling daging tersebut agar menjadi tepung yang bisa diberikan pada ternakan anda. (Baca Juga: Cara Menyusun Pakan Ternak dari Limbah Pertanian)

Manfaat Keong Mas untuk Pakan Ternak

1. Mempercepat Pertumbuhan Ternak

Salah satu manfaat dari pakan keong mas untuk ternakan adalah untuk mempercepat masa pertumbuhan hewan ternakan anda. Hal itu sebagaimana yang sudah di sampaikan bahwa keong mas kaya akan kandungan protein berkisar 10.88% – 14.54%.

2. Menjaga Perbaikan Tulang

Kandungan di dalam keong mas bukan saja protein namun juga kalsium, yang mana kalsium inilah yang berperan penting untuk tulang. Manfaat untuk ternak yakni memperbaiki tulang pada hewan, sehingga tidak mudah rapuh dan semakin kokoh. Hewan ternak tidak akan mudah terserang sakit, khususnya jenis ternakan besar seperti sapi, kerbau atau kambing yang tidak akan mengalami sakit persendian. (Baca Juga: Larangan Dalam Pemberian Pakan Ikan Lele)

3. Memudahkan Proses Pencernaan

Tahukah anda bahwa manfaat pembuatan tepung keong untuk ternak bukan saja mengawetkan daging keong untuk pakan tersebut agar tidak mudah basi tetapi juga membantu hewan ternak cepat dalam mencerna makanan. Selain itu pakan keong untuk hewan ternak bermanfaat juga untuk mempersingkat penyerapan nutrisi.

4. Mengurangi Input Pakan Pabrik

Manfaat lain jika anda memberikan pakan ternak berupa daging keong atau yang sudah di tepungkan adalah menghemat budget. Hal itu karena dengan memberikan pakan silase keong mas maka input pemberian pakan pabrikan sudah pasti berkurang. (Baca Juga: Jenis Makanan Alternatif Untuk Ikan Gabus)

5. Meningkatkan Telur Ternak

Keong mas yang diberikan pada hewan ternak secara teratur mampu membantu meningkatkan telur hewan ternak. Khususnya disini adalah ayam, karena kandungan gizi yang ada di dalam daging keong sangat berlimpah. Sedangkan untuk hewan besar yakni meningkatkan peranakan. Karena mampu membantu birahi setiap pasangan dan menyuburkan.

Sponsors Link

6. Sebagai Sumber Energi

Tepung keong mas atau pakan keong mas mampu sebagai pengganti kebutuhan jagung kuning untuk ternakan atau jenis pakan yang biasa anda berikan. Maka hal itu tentu saja mampu sebagai sumber energi tanpa harus mempengaruhi penampilan seperti bobot hidup, kenaikan bobot hidup konsumsi pakan dan konversi pakan. Selain itu juga tidak mengurangi persentase karkas dan bagian-bagian karkas, bobot organ dalam seperti rampela, hati, jantung dan lemak abdominal. (Baca Juga: Bahan Pakan Ternak Protein Tinggi)

7. Sebagai Sumber Nutrisi

Adapun manfaat lain dari pemberian pakan keong mas pada hewan ternakan adalah untuk memberikan asupan nutrisi. Artinya dengan memberikan pakan silase keong mas maka kebutuhan nutrisi untuk semua ternakan anda sudah terpenuhi dengan cukup. Hal itu harus anda lakukan dengan rutin dan teratur.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat Keong Mas untuk pakan ternak yang kedelapan ini yaitu mampu memperbaiki nafsu makan. Aroma khas dari daging keong tentu sangat berbeda dengan semua jenis pakan tumbuhan atau sejenis dedak, atau jagung yang biasa anda berikan. Daging keong mas mempunyai aroma tajam yang sangat mudah di cium oleh hewan. Hasilnya semua ternakan tentu akan makan dengan lahap, dan nafsu makan berangsur baik secara bertahap. (Baca Juga: Cara Membuat Pakan Lele Murah)

Bahwa sebenarnya tidak semua pakan yang merupakan hasil produksi pabrik dimana bisa awet dan tahan lama, serta pendapatannya yang mudah ini sangat baik jika terus menerus di berikan dan setiap hari, hal itu dikarenakan ada beberapa bahan kimia pengawet atau zat lainnya yang tidak cukup baik untuk hewan. Oleh karena itu perlu adanya tambahan pakan alami lain, salah satunya seperti keong mas ini. Hewan bercangkang tersebut dapat anda berikan secara langsung mentah atau sudah melalui pengolahan menjadi tepung. Namun yang pasti jika di olah menjadi tepung maka bisa disimpan hingga berhari-hari. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 02nd, May 2019 / 16:19 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak