Sponsors Link

8 Larangan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele

Budidaya lele telah menjadi ajang bisnis bagi sebagian orang. Hal ini tentu sudah di pikirkan matang oleh mereka, karena budidaya ini cukup menguntungkan. Lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak di konsumsi, dan kandungan protein sangat bagus dan di perlukan oleh tubuh. Banyak sekali yang menjadikan lele sebagai menu harian.

Ikan ini bisa di olah menjadi balado, atau sekedar di goreng. Seperti yang anda ketahui semua, banyak warung lesehan yang menjual menu seperti “Pecel Lele” dengan harga terjangkau. Inilah yang paling disukai banyak orang, karena dengan harga murah tetap bisa merasakan gurihnya ikan dan segala kandungannya.

Kesimpulannya, jadi budidaya lele tidak ada matinya mengingat jumlah permintaan pasar yang terus meningkat. Serta dorongan rumah makan atau restoran, pasokan lele terus meningkat. Disinilah peran anda jika ingin berwirausaha yang tepat yaitu dengan berbudidaya lele. Akan tetapi setiap persoalan tentu menemui resiko, salah satunya pada kasus ini.

Masalah terhadap ikan lele budidaya anda nantinya yang sakit, stress atau bahkan mati adalah rumus umum yang sering muncul. Kemungkinan factor penyebabnya adalah perawatan yang kurang tepat. Untuk menghindari semua itu, anda bukan saja memberikan pakan setiap hari namun juga harus memikirkan beberapa larangan dalam pemberian pakan Ikan Lele. (Baca Juga: Cara Mengatur Kepadatan Saat Pembenihan Lele)

Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut:

Larangan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele

1. Dilarang Memberi Pakan Lele Terlalu Pagi

Untuk larangan pertama yang harus Anda hindari adalah, jangan sampai anda memberikan di pagi-pagi sekali. Mengapa? Hal ini di karenakan insang akan rawan terkena radang apabila anda memberikan pakan terlalu pagi. Hasilnya, semua itu akan mempercepat lele sakit dan berujung mati.

2. Dilarang Memberi Pakan Saat Hujan

Mengapa pembudidaya dilarang memberikan pakan lele ketika hujan? Sudah pasti, karena hal itu guna mencegah terkontaminasinya pakan dengan air hujan. Sebetulnya bukan suatu masalah, namun yang pasti jika saat hujan anda memberikan pakan lele yang ada justru semua ternakan anda tidak fokus dan tidak karuan.

Mengingat juga bahwa lele kurang menyukai suhu ekstrim, jadi ketika anda memberikan pakan saat hujan yang ada justru lele berhenti makan menjadi poin masalah selanjutnya. (Baca Juga: Alasan Harus Sortir Lele Tepat Waktu)

3. Dilarang Meng-obok-obok

Jangan meng-obok-obok kolam ketika lele telah menghabiskan pakannya. Hal ini sangat penting sekali di perhatikan, karena semua itu akan berpengaruh pada lele yang tidak normal. Lele yang stress nantinya akan memuntahkan kembali pakan yang sudah di telan. Padahal itu adalah sumber amoniaknya.

4. Dilarang Memberikan Daging Tikus

Memang tidak wajar jika daging tikus selalu di kaitkan sebagai sumber pangan entah manusia atau hewan sekalipun. Terlebih lagi untuk lele, jangan sekali-kali anda memberikan pakan berupa daging tikus. Pasalnya lele adalah jenis ikan yang doyan semua. Bahkan kotoran manusia lele pun mau, namun semua kembali lagi pada sang pembudidaya.

Jika anda adalah pembudidaya lele yang baik tentunya mengerti hal-hal yang harus di larang. Jangan memberikan daging tikus yang biasanya di campur dengan pellet, karena hal itu akan merusak ternakan anda. Pasalnya cukup banyak jenis tikus yang mengandung racun. Belum lagi sudah pasti daging tikus tersebut haram, meskipun anda memberikannya melalui lele. (Baca Juga: Manfaat Pupuk Urea Untuk Ikan Lele)

5. Dilarang Memberikan Bangkai Ayam

Beberapa orang yang kurang memperhatikan kesehatan lele, cara untuk hemat yakni dengan memanfaatkan apa yang ada. Misalnya yakni bangkai ayam yang di bakar lalu di masukkan ke kolam dengan tujuan agar lele memakannya. Hal ini harus anda hindari, karena sebaik-baiknya lele adalah jenis yang berkualitas bagus dan tak sekedar gemuk saja.

6. Dilarang Sering Memberikan Hijau-Hijauan

Untuk larangan berikutnya adalah memperhatikan jumlah hehijauan yang telah diberikan. Jangan sampai anda berlebihan memberikan pakan lele berupa kangkung, sawi atau segala jenis sayuran hijau. Hal itu sangat tidak bagus, meskipun bagi manusia sayuran itu sangat bagus namun tidak sama persis dengan hewan. Anda tetap bisa memberikan hehijauan dengan takaran wajar saja. (Baca Juga: Manfaat Probiotik Untuk Ikan Lele)

7. Dilarang Memberikan Pakan Mentah

Apabila anda hendak memberikan pakan tambahan pada lele, sebaiknya hindari pemberian makanan mentah seperti keong mas, bekicot, kerang dan sebagainya. Rebuslah terlebih dahulu sebelum memberikannya pada ikan lele. Hal itu bertujuan guna membunuh kuman-kuman yang di indikasikan pada pakan tambahan tersebut.

8. Dilarang Memberikan Pakan yang Over

Memberikan pakan memang harus anda lakukan namun dengan cara yang baik dan benar, jangan sampai saking semangatnya anda budidaya lele agar cepat besar memberikan pakan berlebih dan sering. Hal itu sama saja membuat bobot lele yang terlalu over. Ujung-ujungnya bukan tidak mungkin lele juga mudah mati lantaran terlalu besar sekali dengan bobot yang super besar. (Baca Juga: Cara Membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu)

Itulah 8 larangan dalam pemberian pakan Ikan Lele yang harus di perhatikan. Selamat mencoba dan salam sukses!

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 26th, April 2019 / 16:30 Oleh :
Kategori : Ikan