Sponsors Link

6 Penyebab Ikan Lele Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak di konsumsi. Oleh karena itu semakin hari kian bertambah pembudidaya lele. Pasalnya ikan lele memang sangat laris di pasaran, sehingga banyak yang melirik bisnis ini. Mungkin anda salah satunya yang menginginkan penghasilan baik. Bisnis lele inilah jawaban yang tepat bagi anda yang mencari peluang rupiah tambahan.

Namun setiap kali melakukan budidaya, tentu saja pemilik selalu menanggung resiko yang pasti ada entah besar atau kecil. Untuk budidaya lele ini, kebanyakan kasus yang terjadi adalah banyaknya yang mati mendadak. Banyak sekali penyebab Ikan Lele mati mendadak dan cara mengatasinya. Hal itu seperti yang akan di sampaikan pada artikel ini.

Lele yang mati bukan tanpa penyebab, hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahui apa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab dari lele anda mati dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Ikan Lele Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

1. Zat Beracun Kolam

Salah satu penyebab dari ikan lele yang mati mendadak adalah akibat adanya zat di dalam kolam yang beracun. Hal ini bahkan bisa membuat banyak lele yang mati, bukan hanya satu atau beberapa saja mengingat pengaruh zat beracun di dalam kolam yang mampu mematikan seketika dalam jumlah besar. Jika seperti ini yang terjadi, bukan tidak mungkin lagi bahwa anda akan mengalami kerugian besar.

Zat beracun pada kolam biasanya disebabkan dari sisa makanan yang mengendap pada kolam. Cara mengatasinya, rajinlah membersihkan kolam lele anda meskipun mungkin berat, mintalah bantuan orang lain untuk membersihkan. Jika tidak telaten membersihkan kolam maka ikan lele akan semakin dalam kondisi buruk. (Baca Juga: Larangan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele)

2. Obat-Obatan

Zat beracun yang ada di kolam lain bukan saja di sebabkan oleh makanan, namun hal itu juga di akibatkan karena adanya pengaruh obat-obatan yang mengandung atau membawa zat kimia seperti pestisida. Ditambah lagi jika sumber air kolam berasal dari sungai atau saluran irigasi yang juga dimanfaatkan oleh para petani. Sehingga secara tidak langsung banyak obat-obatan untuk pupuk padi atau perkebunan yang mengandung pestisida.

Cara mengatasinya adalah dengan membuatkan kolam lele sendiri dengan sumber air kolam sendiri, baik dengan air diesel atau cara lain asalkan tidak saluran air persawahan. Serta perhatikan pula dalam pemberian obat untuk budidaya lele anda, jika setelah memberikan obat bisa melakukan pengurasan air.

3. Perubahan Ph Air yang Mendadak Secara Ekstrem

PH air adalah hal yang sepatutnya anda khawatirkan, pada saat awal pembuatan kolam pH harus serta di kondisikan sedemikian rupa agar mampu memenuhi syarat yang ideal bagi perkembangan dan pertumbuhan ikan lele. Adanya penyebab pH air yang berubah dalam waktu cukup singkat tersebut yakni air hujan pertama yang jatuh pada kolam.

Cara mengatasinya adalah, segera mengganti air kolam yang dapat dilakukan secara sebagian. Akan lebih baik lagi jika anda mengganti air kolam menggunakan mesin diesel. (Baca Juga: Alasan Harus Sortir Lele Tepat Waktu)

4. Suhu Air Kolam yang Terlalu Panas

Penyebab Ikan Lele mati mendadak lain yang perlu Anda ketahui yakni diakibatkan oleh suhu air kolam yang terlalu panas. Pertahankanlah suhu air kolam dalam kisaran cukup ideal yakni mulai 25 – 30 derajat celcius. Hal ini karena benih ikan lele sangatlah sensitive terhadap suhu panas. Sehingga hal itu akan menyebabkan ikan lele mulai stress dan penurunan nafsu makan. Selain pencernaan metabolism tubuh juga tidak akan berfungsi baik, dan ujung-ujungnya hal itu beresiko pada lele yang mati mendadak.

Cara mengatasinya yakni, memasang terpal plastic guna mencegah masuknya sinar matahari secara langsung ke air kolam anda. Cara lain yang bisa di lakukan yakni dengan menggunakan tanaman enceng gondong yang dapat menjadi pelindung untuk sang lele. Bahkan dengan adanya tanaman enceng gondong, fungsi lainnya adalah sebagai inang sejumlah mikroorganisme yang mampu menjadikan sumber pakan alami lele.

5. Kurang Tepat dalam Hal Manajemen

Masalah lain dari penyebab Ikan Lele mati mendadak adalah mengenai pengaturan manajemen yang kurang baik. Mengapa? Karena hal itu sama saja tidak sesuai kaidah atau tata cara yang tepat seperti penerapan kaidah budidaya lele yang tak sesuai. Sehingga demikian akan mengakibatkan pertumbuhan lele yang lambat dan atau bahkan sampai mati.

Cara mengatasinya adalah dengan mempelajari manajemen yang benar dalam budidaya lele. Selain itu, usahakan belajar mengenai ternak lele yang baik. (Baca Juga: Cara Mengatur Kepadatan Saat Pembenihan Ikan Lele)

6. Belum Dilakukan Vaksinasi

Vaksin pada ikan lele sangat penting sekali guna meningkatkan kekebalan tubuh, yang mana tidak akan mudah terserang penyakit. Umumnya vaksin yang diberikan di pasaran adalah jenis Aeromonas. Akan tetapi masih cukup banyak yang belum melakukan vaksin pada ikan lele. Sehingga bukan tidak mungkin jika ikan lele yang tidak di vaksin bisa mati dengan mendadak. Cara Mengatasinya, lakukan vaksinasi pada lele secara teratur.

Itulah 6 penyebab ikan lele mati mendadak dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui agar bisa menjadikan Ternak Lele semakin sukses dikarenakan mampu melakukan pencegahan terhadap mati mendadak terhadap ikan. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Sunday 28th, April 2019 / 12:48 Oleh :
Kategori : Ikan