Sponsors Link

6 Daun Terbaik Untuk Pakan Kambing Bernutrisi Tinggi

Diantara beberapa protein hewani seperti ayam, sapi, bebek, burung, dan lainnya, kambing termasuk salah satu jenis daging yang banyak dibutuhkan dimasyarakat untuk dijadikan sebagai bahan dasar pengolahan berbagai jenis makanan. Tingginya kebutuhan tersebut menjadikan ternak kambing banyak dilakukan terutama di pedesaan baik dalam skala besar maupun skala kecil rumah. Salah satu proses yang penting dalam ternak kambing adalah pemilihan jenis pakan yang utamanya adalah dedaunan. Berikut beberapa jenis daun terbaik untuk pakan kambing agar dapat tumbuh dengan maksimal dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Daun singkong

Jenis daun terbaik untuk pakan kambing yang pertama datang dari tanaman singkong yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan sayuran. Daun singkong disukai oleh kambing dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan dari kambing yang diternakkan. Manfaat lain daun singkong adalah bersifat sebagai anti cacing dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh cacing terhadap microorganisme yang menginfeksi pencernaan. (Baca juga : cara membuat pakan kambing)

  1. Daun turi

Daun turi juga menjadi jenis daun yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing. Daun turi utamanya baik untuk kambing betina dalam akhir maka kehamilannya dan pasca proses kelahiran anakan kambing. Daun turi memiliki kandungan protein kasar dan serta kasar yang akan sangat membantu menggemukkan kambing lebih cepat. Daun tersebut dapat diberikan dalam bentuk segar atau agar lebih awet diberikan dalam bentuk tepung. (Baca juga : cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4)

  1. Daun kaliandra

Jenis daun lain yang juga baik untuk kambing adalah daun kaliandra. Daun jenis ini merupakan makanan alami yang baik untuk kambing dengan kandungan protein yang tinggi. Karena kandungan taninnya yang juga cukup tinggi sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi kambing maka pemberian daun kaliandra sebaiknya dicampur dengna daun turu atau daun gamal. (Baca juga : bahan pakan ternak ruminansia)

  1. Daun teresede

Daun teresede juga dikenal dengan nama daun gamal yang diketahui memiliki kandungan serta dan protein yang cukup tinggi. Kedua bahan tersebut merupakan nutrisi yang penting untuk dipenuhi oleh kambing agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Teresede perlu dijemur terlebih dahulu hingga layu karena bau daun segarnya yang menyengat menjadikan kambing malas untuk mengkonsumsinya. (Baca juga : jenis pakan hijau untuk kambing)

  1. Daun lamtoro

Daun lamtoro atau daun petai cina merupakan daun dari tanaman yang menghasilkan buah mirip dengan petai namun ukurannya lebih kecil. Daun lamtoro tersebut juga baik digunakan sebagai pakan kambing karena kandungan nutrisinya yang lengkap dapat mendukung kambing agar mudah menjadi gemuk dan tidak mudah terserang penyakit. (Baca juga : budidaya kambing dengan pakan fermentasi)

  1. Daun desmodium

Tanaman desmodium merupakan salah satu jenis tanaman yang dikembangkan sebagai pakan ternak dengan sumber protein dan kaya nutrisi lainnya. Daun tanaman tersebut memiliki kandungan nutrisi berupa kalsium, fosfor, serat kasar, lemak kasar, dan tentunya protein kasar yang sangat baik sebagai pakan kambing ternak sehingga dapat bertumbuh dengan optimal.

Itulah beberapa jenis daun terbaik untuk pakan kambing yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak. Karena kandungan dan nilai atau nutrisi yang tinggi di dalam daun daun tersebut maka untuk menjadikan ternak kambing memiliki bobot yang maksimal dan tidak mudah terserang penyakit, daun yang disebutkan diatas menjadi prioritas pakan dedaunan bagi kambing.

, , ,
Post Date: Wednesday 15th, May 2019 / 00:21 Oleh :
Kategori : Kambing